Tergoda Smartphone Kamera Terbaik dan Spesifikasi Oppo F11 Pro

Berbicara tentang smartphone kamera terbaik tentunya ada 1000 alasan yang melandasinya. Begitu pula saya yang baru – baru ini bisa menggenggam dan merasakan langsung spesifikasi OPPO F11 Pro. Smartphone seri F terbaru dari OPPO. Yah walaupun saya lebih sering membahas seputar pengalaman traveling, tetapi tentang gadget saya juga suka.

Tak bisa dipungkiri jika mungkin selama ini saya sendiri dan teman – teman mungkin lebih mengenal Seri F smartphone ini dengan tag “Selfie Expert” nya, kali ini seri F besutan OPPO ini menampilkan sisi yang berbeda. Dengan lebih mengedepankan skill dari kamera utama. Dan itu terbukti dan bukan kaleng – kaleng, dengan hasil foto yang berkualitas dan oke di berbagai macam situasi cahaya, baik saat minim cahaya ataupun saat cahaya sedang terang terangnya. F11 Pro “Briliant Portrait in Low Light”.

 

Fitur Smartphone Kamera Terbaik dan Spesifikasi OPPO F11 Pro

Jika saya bandingkan dengan seri sebelumnya, perubahan dan perkembangan ke F11 Pro nyata ada banyak. Mulai dari perangkat yang tertanam pada kamera depan dan belakang, juga dari fitur – fiturnya. Didukung pula dengan dapur pacu, ColorOS, gradasi warna, dan berbagai fitur lain yang tak kalah bagusnya. Oh iya ada fitur AI (Artificial Intelligence) yang bisa mempelajari dan juga memahami kebiasaan penggunanya.

 

Ada kamera ganda di kamera utama yang menangkap gambar sekelas profesional

Sekelas profesional ? Iya profesional, sama halnya ketika saat saya menggunakan kamera utamanya untuk pertama kali. Dengan kamera utama ganda yang memiliki resolusi sebesar 48MP+5MP dan memiliki lensa 6P didukung bukaan lensa f/1.79. Lengkap dengan phase-detection autofocus dan single-LED flash. Kamera ini menawarkan hasil foto berkualitas 48MP yang tentunya sangat jernih. Semuanya dipadukan pula dengan pemprosesan gambar AI.

smartphone kamera terbaikDari spesifikasi OPPO F11 Pro, saya tidak tau pasti apakah smartphone ini menerapkan sensor Sony IMX586 atau ISOCELL GM1 yang memiliki resolusi maksimum sebesar 48 megapixel. Tetapi yang jelas, dengan sensor gambar 80% lebih besar serta bukaan kamera yang lebih luas memungkinkan makin banyak cahaya yang masuk pada lensa. Hasilnya adalah gambar yang lebih dalam dan mendetail. Jelas smartphone terbaru seri F ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan foto low light yang lebih tajam dan terang.

Ketika membuka fitur kamera, dalam pengaturan standar kamera utama atau belakang ini diatur ke 16MP dengan dukungan AI Image Processing, seperti AI Scene Recognition dan Beautification. Juga berbagai fitur lain seperti optical zoom 2x, dazzle color mode, filter effect dan HDR. Nah, jika ingin mengambil foto dengan resolusi 48MP full, kita harus mengubahnya di bagian pengaturan kamera.

Jika kita menggunakan 16MP kita dapat menggunakan semua fitur seperti AI Image Processing dkk, sebaliknya jika kita menggunakan 48MP kita tidak bisa menggunakan fitur fitur dukungan tadi. Perbedaan fotonya pun tidak terlalu kelihatan jika melihat langsung pada smartphone. Tetapi jika kita memindahkannya ke layar yang lebih lebar seperti di tablet, ataupun layar PC, baru terlihat perbedaan. Pada resolusi 48MP ukuran gambar dan besar file lebih besar, tetapi kualitasnya lebih baik dan lebih detail saat melakukan cropping gambar dibandingkan yang 16MP. nah ini contoh perbandingan menggunakan 16MP dan 48MP.

smartphone camera terbaik oppo f11 pro

Dengan rasio 4:3 biasa (16MP)

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Dengan rasio 4:3 Ultra (48MP)

Melihat langsung dari layar smartphone, sulit menemukan apa beda dari 2 foto yang saya upload ini. Tetapi saat saya memindahkan ke PC dan melihat di layar PC, hasil gambar 48MP memang tampak sedikit lebih detail dari 16MP. Tetapi buat saya yang sehari – hari menggunakan smartphone dan share gambar ke sosial media, sudah cukup menggunakan pilihan penggunaan 16MP sehingga juga bisa menghemat space penyimpanan. Oh iya, kamera AI yang telah ditingkatkan mampu mengenali 23 jenis pemandangan dan menghasilkan foto yang berkualitas.

Baca Juga  Advan S50 4G Unlimited, Smartphone Unlimited Tanpa Syarat

 

Ada fitur Portrait

Saat saya menggunakannya, jelas sekali perbedaannya portrait dari seri F sebelumnya, terlihat dari mode bokehnya yang lebih baik dari seri F9. Foto yang dihasilkan OPPO F11 Pro dengan mode Portrait terlihat apik dan menarik. Kualitas bokehnya pun pas, walaupun kadang ada miss sedikit, tergantung dari jarak subyek ke background dan juga warna sekitar. Sebagai contoh foto portrait yang saya ambil saat adik saya menikah.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Fitur portrait pada smartphone OPPO F11 Pro

Terlihat sangat cantik dan menawan, ditambah pula dengan adik saya yang memang cantik. Efek blur pada background yang dihasilkan jernih dan kelihatan lebih natural. Yang jelas, penggunaan yang pas dengan memperhatikan dan memastikan subyek atau model ada di sisi paling depan sehingga efek blur atau bokeh bisa lebih terlihat detail.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Kamera pada opsi Auto

Lalu bagaimana saat memotret model dengan menggunakan mode atau fitur auto ? tentunya bisa menjadi opsi jika teman – teman tak ingin memiliki hasil foto dengan efek blur terlalu banyak. Dan tidak usah khawatir, karena diafragma pada lensa OPPO F11 Pro cukup besar (f/1,79) juga mampu menghasilkan DOF (Depth of Field) atau bagian bokeh di background yang cukup oke.

 

Ada fitur Ultra Night Mode

Kalau kamu suka dengan memotret pada malam hari, menggunakan fitur ini bisa jadi andalan. Dengan memanfaatkan teknologi AI dan pengurangan noise, kebutuhan pemotretan di situasi low light menjadi lebih baik. Fitur malam hari ini akan menghbungkan beberapa gambar dalam exposure berbeda untuk menaikkan tingkatan dynamic range pada gambar disaat minim cahaya.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

fitur ultra night mode oppo f11 pro

Fitur ini sendiri akan bekerja saat kondisi cahaya minim. Sedangkan jika kondisi cahaya terang maka fitur ini tidak akan bekerja dengan maksimal. Yang jelas fitur ini akan mendeteksi apakah situasi dan kondisi cahaya gelap ataupun sangat terang.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

fitur ultra night mode oppo f11 pro

Gambar yang dihasilkan dari fitur ultra night mode cukup berkualitas. Dilihat secara detail, noise yang ada pada foto tergolong rendah itupun dengan dynamic range yang naik. Detail pada area bayangan dan seimbangnya exposure naik dan lebih baik dari pada mode auto.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Fitur Ultra Night Mode oppo f11 pro di Jam Gadang Bukittinggi

Untuk hasil yang berkualitas juga perlu stabilisasi pada gengaman, karena untuk bisa mendapatkan satu foto dalam fitur ultra night mode membutuhkan waktu lebih kurang 4 detik untuk memroses hasil gambar. Ingat ya teman teman, jasil foto yang tajam tergantung pada kestabilan tangan teman – teman.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Fitur Ultra Night Mode oppo f11 pro di Jam Gadang Bukittinggi

Sayangnya di kota saya gedung – gedung tinggi masih kurang, sehingga saya sedikit sulit mendapatkan foto city scape yang menarik.

Baca Juga  Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Hasil Foto yang Baik

 

Ada Color Mapping

Fitur kamera pada smartphone OPPO F11 Pro ini juga didukung dengan Color Mapping. Fitur ini akan memetakan warna pada setiap gambar yang diambil dah menghasilkan portrait yang lebih berkualitas. Dengan memanfaatkan AI, Color Mapping dengan cakapnya melakukan perbaikan warna secara jitu berdasarkan sketsa foto yang berbeda-beda. Fitur ini mampu meningkatkan warna sehingga terlihat lebih menjadi hidup.

 

Kamera depan bisa hilang timbul.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Kamera depan bisa hilang timbul

Iya hilang timbul, tidak seperti kamera pada smartphone umumnya. Bukan tanpa alasan, agar smartphone ini tampil dengan layar full tanpa poni, OPPO F11 Pro dibekali dengan kamera depan yang bisa hilang timbul. Kamera depan dengan sebutan Rising Camera ini menghadirkan modul kamera dengan mekanisme motoris yang terangkat keluar otomatis dari fisik bagian atas ketika mengambil foto selfie atau membuka kunci layar dengan wajah. Dan jika sudah selesai, modul ini akan kembali masuk ke tempatnya di awal.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Mencoba selfie

Dengan letak kamera ini mampu membuat hasil swafoto pemakai atau pengguna akan tampak lebih natural. Posisi Rising Camera pada bagian tengah juga sejajar dengan posisi kamera utama sehingga menghasilkan desain yang nampak terlihat lebih simteris dan indah. Kamera depan hp ini dengan desain yang terinspirasi dari batu permata, menampilkan sisi terbaik dari teknologi dan gaya.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Selfie dengan blur

Rising camera pada OPPO F11 Pro ini bisa mengambil swafoto sebesar 16MP dengan diafragma F/2.0. Kendati sudah tidak menggunakan tagline Selfie Expert, buktinya skill dari foto selfie kamera depan Hp ini masih yahud. Walaupun tak memiliki fitur Portrait Lighting seperti pada OPPO F9, namun fitur HDR pada kamera depan smartphone ini lebih baik.

smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Rising camera pada OPPO F11 Pro

Sama halnya dengan kamera utama, pada kamera depan juga didukung fitur AI Scene recognition yang bisa mengidentifikasi ratusan titik pengenalan pada wajah. Tentunya ini menjadi nilai plus, karena dapat menghasilkan identifikasi yang lebih baik dan akurat pada wajah. Tersedia jutaan solusi untuk tingkatkan penampilan dan menjadikan ponsel ini menjadi smartphone kamera terbaik.

 

Spesifikasi OPPO F11 Pro

  • Layar penuh tanpa poni.
smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

layar penuh tanpa poni

Karena sudah menggunakan Rising Camera, OPPO F11 Pro tampil dengan layar panorama penuh yang memiliki dimensi 6.53-inci, rasio aspek 19.5:9, resolusi FHD+, serta rasio layar-ke-badan sebesar 90.9%. Mampu menampilkan desain layar yang benar-benar penuh tanpa poni. Sedangkan tampilan grafik pada layar juga didukung dengan optimasi RAM yang mengurangi konsumsi daya agar lebih efisien.

Baca Juga  Cocokkan Tempat Wisata Sesuai Kepribadian Kamu Agar Liburan Tidak Membosankan

 

  • Desain dengan warna baru.
smartphone kamera terbaik oppo f11 pro

Desain dengan warna baru

Desain belakang dari smartphone ini memiliki warna yang enak dipandang. Desain gradasi tiga-warna (merah, biru, dan hitam) terbaru yang memberikan pengalaman berbeda lewat tampilan warna yang lebih nyata. Hadir dalam dua pilihan warna: Thunder Black dan Aurora Green.

 

  • Isi daya cepat dengan VOOC Flash Charge 3.0.
smartphone kamera terbaik opp f11 pro

Isi daya cepat dengan VOOC Flash Charge 3.0

Selain hadir dengan daya tampung baterai sebesar 4.000 mAh, konsumsi daya lebih rendah, dan daya tahan baterai yang lebih lama, HP ini juga didukung teknologi VOOC Flash Charge 3.0. Dengan teknologi ini, mengisi daya hingga penuh hanya membutuhkan waktu 20 menit lebih cepat dari pada VOOC Flash Charge, berkat kecepatan tingginya saat mengisi kembali. Teknologi flash charging pada VOOC 3.0 Flash Charge menjadikan durasi pengisian daya lebih singkat.

 

  • Kencangnya prosesor baru.

Pada bagian performa, smartphone ini memiliki dapur pacu generasi baru. Dengan MediaTek Helio P70 octa-core yang mampu menopang berbagai kebutuhan termasuk main games sekalipun. Perpaduan perangkat lunak dan perangkat keras, membuat ponsel ini terbebas dari perlambatan proses, panas berlebih, atau pun jaringan yang lemah yang sering mengganggu performa permainan. Tentunya ini bisa memberikanmu pengalaman penggunaan yang lebih baik. selain itu, prosesor ini ditemani dengan RAM sebesar 6 GB dan dukungan fitur Hyperboost untuk mendongkrak performa secara instan. Mememainkan video dengan resolusi HD atau game berkapasitas besar no problem.

 

  • Dengan ColorOS 6.0

Pada bagian sistem operasi, ponsel ini menggunakan ColorOS 6.0 berbasis Android 9.0 Pie. tampilan user interface pada versi terbaru ini menampilkan desain baru yang fresh dengan dengan navigasi gerakan Android P terbaru, mode mengemudi, optimasi bilah notifikasi, serta berbagai fitur lainnya yang bisa membantu kamu sehari – hari.

 

  • Ada fitur Hyperboost.

Ada fitur Hyper Boost yang sudah dikembangkan oleh OPPO, untuk meningkatkan performa perangkat. Sistem atau fitur ini berfungsi untuk meningkatkan kepuasan pengguna selama mengoperasikan OPPO F11 Pro. Pada penggunaan sehari – hari, Hyper Boost meningkatkan performa pada ponsel ini agar lebih cepat dan responsive. Contohnya kecepatan pada saat membuka aplikasi yang meningkat hingga 31%. Selain itu, Hyper Boost juga memiliki sistem yang meningkatkan performa game popular, memungkinkan pemain atau pengguna untuk merasakan pengalaman bermain yang terbaik dengan ponsel seri F terbaru ini.

Full Specifications.

SpecificationsOPPO F11 Pro
Screen6.53-inch 2340*1080,TFT, 19.5:9, Panoramic Screen
ColorThunder Black(Triple-color Gradient),

Aurora Green(Double-color Gradient)

Waterfall Gray

Rear Dual Camera48MP+5MP

Ultra Night Mode,

Color Mapping,

AI Scenes Recognition

Front Camera16MP, f/2.0

Sensor-HDR

Custom beautification

Rising Camera

Core HardwareCPU: MTK P70

RAM: 4GB/6GB
ROM: 64GB/128GB
BAT: 4000mAh(type)

Networks(Depending on markets)
4G/4G+: TD-LTE, LTE FDD;
3G: WCDMA,TD-SCDMA,CDMA2000
2G: GSM,CDMA
ConnectionWLAN 802.11a/b/g/n/ac
Bluetooth 5.0, NFC
OSColorOS 6 (Android P)
ChargeVOOC 3.0
OthersFingerprint Unlock(back)
Sensors: magnetic sensor, light sensor, distance sensor, gyroscope, gravity
Micro USB, Crescent Bay
Dual Nano-SIM cards

Tentunya dari semua spesifikasi OPPO F11 Pro dan berbagai macam fiturnya, Ultra Night Mode dan Portrait Mode menjadi fitur berkualitas pada kamera OPPO F11 Pro. Dengan bermacam fitur dan spesifikasi terbaru, OPPO F11 Pro merupakan smartphone OPPO F-Series yang menjadi smartphone kamera terbaik hingga saat saya membuat artikel ini. Tertarik membeli ? Cukup dengan dana IDR 4.999.999 saja, gan.

4 Comments

  1. athrikasih July 7, 2019
    • Hai July 7, 2019
  2. Cicajoli July 7, 2019
    • Hai July 7, 2019

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya