5 Tempat Wisata Di Kuningan yang Wajib Anda Kunjungi

5 Tempat Wisata Terindah Di Kuningan,  Kuningan merupakan  kabupaten di Provinsi Jawa Barat yang kaya akan potensi wisata. Udaranya yang bersih dan segar, alamnya yang indah, dan potensi air terjun dan potensi air panasnya menjadikan kuningan sebagai tempat wisata yang sangat direkomendasikan untuk anda pencari tempat wisata yang masih fresh dan natural. Kabupaten Kuningan mempunyai  361 Desa yang tersebar di 32 Kecamatan.

Kuningan mempunyai  tempat wisata yang berkaitan erat dengan perjalanan sejarah kemerdekaan Republik Indonesia yaitu museum Linggarjati yang dijadikan tempat perjanjian bersejarah yaitu perjanjian Linggarjati. Tempat ini sudah sangat terkenal. Adapun tempat-tempat wisata di Kuningan atau Lokasi Danau dan Curug di Kuningan yang lainnya yang sebenarnya mempunyai  keindahan yang luarbiasa, masih belum begitu terekspos dengan baik. Oleh sebab itu disini kami akan mencoba menyampaikannya pada anda semua tempat wisata di Kuningan yang sangat indah yang kami rangkum dalam artikel Top 10 Tempat Wisata Kuningan Terindah.

 

  1. Tempat Wisata Waduk Darma

Tempat Wisata Di Kuningan

Waduk Darma. Flickr/Joerendy

Tempat  Wisata Waduk Darma terkenal dengan keindahannya dan ceritanya. Waduk Darma ini terletak di sebelah barat daya dari kota Kuningan, tepatnya di desa Jagara- Kecamatan Darma dan pada lintasan jalan raya Cirebon-Kuningan-Ciamis.  Waduk Darma menempati areal seluas ± 425 ha, dikelilingi oleh bukit dan lembah serta pemandangan yang indah dengan udara yang sejuk dan segar. Sanggup  menampung air maksimal ± 39.000.000 m3. Jarak Tempat  wisata ini kurang lebih 12 km dari kota Kuningan dan 37 km dari kota Cirebon. Menurut kisah masyarakat asli daerah waduk Darma, air yang di pakai untuk mengairi waduk tersebut berasal dari mata air Cihanyir yang berlokasi  tepat di tengah Waduk Darma dan dari hulu sungai Cisanggarung. Tempat Wisata Kuningan Di kawasan Waduk Darma terdapat tempat pertemuan dan beberapa bangunan villa untuk tinggal sementara. Kapasitas ruang pertemuan sekitar 100 orang, Tak hanya  itu ada juga berbagai macam fasilitas bermain anak seperti:

  • Kereta Motor
  • Kereta Naga (Minitrain)
  • Kolam Renang Anak
  • Lapang Bola
  • Outbond (Flying Fox)
  • Panggung Serbaguna
  • Perahu Wisata
  1. Tempat Wisata Curug Putri

Tempat wisata Curug Kuningan. Photo : Wikimedia

Air Terjun Curug Putri berlokasi  tak jauh dari pintu utama masuk ke dalam kawasan TNGC (Taman Nasional Gunung Ciremai), Palutungan dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki selama lima menit. Kawasan air terjun yang satu ini tak terlalu besar, untuk masuknya juga tak dikenakan biaya lagi. Gemericik suara air terjun sering mengundang pengunjung untuk berenang. Kawasan ini sangat diminati remaja. Ada sensasi tersendiri saat menikmati sejuknya air terjun yang turun langsung dari ketinggian hampir 12 meter ini. Setelahnya jangan lupa mampir ke warung-warung kecil disekitar untuk menikmati segelas kopi panas ataupun mi rebus yang dijajakan oleh penduduk sekitar. Udara sejuk memang menjadi salah satu alasan wisatawan untuk datang ke Kuningan, untuk itu obyek wisata alam di Kuningan ramai pada akhir pekan. Mereka datang bersama keluarga ataupun teman.

Baca Juga  9 Tempat Wisata di Sukabumi yang Indah dan Unik

 

  1. Tempat Wisata Talaga Remis

Talaga Reumis. Instagram/ranipermataa_

Telaga Remis merupakan salah satu tempat wisata yang berlokasi dikuningan yang memiliki  Alam yang sejuk, indah dan masih hijau, dan permukaan airnya juga bening. Tempat Wisata alam Telaga Remis mempunyai luas area kurang lebih 13 Ha. Sedangkan luas danau 3,25 Ha. Telaga Remis menyimpan berbagai macam jenis fauna  dan flora, terdapat kurang lebih 160 jenis tumbuhan dan salah satu daya tariknya merupakan  tumbuhan langka yaitu pohon Pisang Hyang.

Disini juga menawarkan wisata petualangan bagi para penggemar tracking dan off road, pengunjung yang membawa perlengkapan outdoor seperti tenda juga bisa melakukan kegiatan kemah di dekat teaga Nilam. Telaga Nilam sendiri masih berlokasi  di area Telaga Remis. Airnya yang bening dan berwarna agak kehijauan menyihir pengunjung untuk bermain air. Disana juga terdapat batu batu raksasa dan cukup menarik untuk spot berfoto ria. Untuk pasangan yang hendak menikah, wisata alam talaga Reumis juga cocok untuk pre-wedding.

Fasilitas pendukung disediakan di tempat ini untuk memanjakan para wisatawan yang berkunjung, seperti aneka permainan wahana air diantaranya, sepeda air dan perahu motor yang siap menghantar pengunjung berlayar mengarungi luasnya danau, saung, pos jaga, tempat sampah, pondok kerja, papan petunjuk, bangku, shelter, instalasi air bersih, MCK dan mushola. Untuk akomodasi sudah mendukung seperti telaga remis park and resort. Tak hanya sampai di situs tempat  wisata Telaga Reumis menawarkan keindahan lainnya di sekitarnya, di kawassan telaga Reumis masih ada 8 telaga yang juga tak kalah indahnya yang bisa di nikmati pengunjung yaitu telaga deuleug lalu telaga tespong, situ ayu salintang, telaga leutik, telaga leat, sumur jalatunda, telaga buruy dan telaga Nilem.

Baca Juga  Panduan Lengkap Wisata ke Trans Studio Bandung

 

  1. Tempat Wisata Balong Cigugur

Balong Cigugur. Instagram/danupratama92

Kolam Cigugur atau masyarakat setempat biasa menyebutnya dengan Balong Keramat Cigugur merupakan salah satu tempat  wisata yang ada di Kabupaten Kuningan. Tempat  wisata yang kini dikelola oleh PDAU Kabupaten Kuningan tersebut dikenal sebagai habitat ikan langka yang disebut Kancra Bodas/IkanDewa(Labaebarbus Dournensis)yang mana ikan ini jarang dijumpai di daerah lain.

Masyarakat Kabupaten Kuningan mempunyai  mitos ikan dewa yang terdapat di Balong Keramat di Cigugur, Darmaloka, Desa Ragawacana Kecamatan Kramatmulya, Desa Sidamulya dan Manis Kidul Kecamatan Jalaksana serta di Kecamatan Pasawahan. Oleh sebab itu masyarakat sekitar ikan ini tak pernah diganggu apalagi dipancing untuk dikonsumsi.

 

  1. Tempat Wisata Cibulan

Kolam Cibulan Kuningan. flickr/didisadili

Tempat  wisata Cibulan memang hanya menyajikan fasilitas berenang dan ini sajian utama di tempat wisata ini. Ada 2 kolam besar yang berbentuk persegi panjang yaitu yang berukuran 35×15 meter persegi (kedalaman 2 meter) dan kolam 45×15 meter persegi disampingnya. Di kolam kedua ini dibagi menjadi 2 bagian dengan kedalaman masing-masing 60 cm dan 120 cm. Di kolam ini dilengkapi dengan fasilitas lain yaitu kamar-kamar kecil,  tempat ganti pakaian, dan kamar mandi untuk tempat bilas. Ikan spesies tor douronensis ini ukurannya besar-besar. Ikan dewa ini dikeramatkan oleh penduduk sekitar wilayah Desa Manis Kidul. Dipercaya, ikan-ikan tersebut mempunyai keistimewaan tertentu.

Demikian artikel yang dapat kami sampaikan tentang 5 Tempat Wisata Di Kuningan yang Wajib  Anda Kunjungi yang bisa anda jadikan referensi untuk tujuan destinasi wisata anda dan juga menambah wawasan anda. Terima kasih telah membaca dan berkunjung.

Incoming search terms:

  • gambar perkembangan jalur transportasi dan perdagangan internasional di indonesia sebagai upaya menuju negara poros maritim dunia

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya