Taman Cantik Terbaru di Boyolali, Sitinggil Garden

Kabupaten Boyolali merupakan salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) di Jawa Tengah yang memiliki letak sangat strategis. Sitinggil Garden merupakan salah destinasi wisata yang dimiliki kabupaten ini. tempat wisata ini masih baru, dibuka pada tahun 2019 ini, tepatnya pada bulan April dan baru diresmikan pada bulan Agustus.

Sitinggil Garden merupakan destinasi wisata yang memiliki konsep taman bunga. Anda bisa menemukan berbagai macam jenis bunga yang pasti akan membuat mata terpesona, selain itu Setinggi Garden juga menyajikan pemandangan alam dataran tinggi Boyolali yang indah.

Wisata yang satu bisa menjadi alternatif untuk Anda kunjungi, karena lokasinya berada di tengah – tengah desa di lereng Gunung Merapi. Wisata ini merupakan salah satu wujud dari suksesnya kelembagaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Kembangkuning.

Sitinggil Garden boyolali, Photo : Google

Sejak dibukanya tempat wisata ini, jumlah pengunjung sudah membludak, bahkan tidak hanya masyarakat setempat, beberapa pengunjung juga berasal dari lain. Pada hari Minggu, jumlah pengunjung yang datang bisa mencapai 500 orang, untung taman ini sangat luas, sehingga setiap pengunjung bisa tetap menikmati keindahan alam tanpa berdesak-desakan.

Sebagai salah satu tempat wisata yang baru diresmikan pastinya masih tidak terlalu banyak masyarakat yang mengetahuinya dan pasti penasaran. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa informasi tentang wisata Sitinggil Garden di Boyolali.

Lokasi Taman Sitinggil Garden

Informasi pertama yang mungkin perlu Anda ketahui adalah dimana sih lokasi tepatnya. Jadi, taman ini berlokasi di Desa Kembangkuning, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali. Wisata ini berjarak kurang lebih 13 kilometer dari Kota Boyolali dengan melalui rute Jalan Solo – Semarang atau juga bisa melalui Solo – Selo – Borobudur (SSB).

Baca Juga  Aneka Destinasi dan Tempat Wisata di Semarang Untuk Liburan Kamu

Jika Anda berasal dari luar Kabupaten Boyolali dan masih bingung dengan jalan untuk bisa sampai disana, Anda bisa langsung saja meminta bantuan pada Google Map, dan pasti nanti akan diarahkan langsung ke tempat wisata Sitinggil Garden.

Arti Nama “Sitinggil Garden”

Penamaan yang diberikan ini tentunya tidak diberikan secara asal-asalan. Nama Setinggi diambil dari kata “Siti” dan “InggiL”. Kata siti memiliki arti tanah, sementara Inggil memiliki arti tinggi. Sehingga jika dalam Bahasa Indonesia, nama Sitinggil memiliki arti tanah tinggi. Hal tersebut memang sesuai dengan kondisi geografis daerah Sitinggil yang terletak di dataran tinggi.

Harga Tiket Masuk

Untuk bisa menikmati keindahan taman bunga Sitinggil Garden, Anda hanya perlu menyiapkan uang 5.000 Rupiah saja. Siapapun bisa masuk ke taman ini, tidak terkecuali. Dengan harga tiket masuk yang sangat murah ini membuat objek wisata ini dengan cepat memiliki banyak pengunjung.

Taman Bunga Terluas

Percaya atau tidak, faktanya taman Sitinggil Garden memiliki luas areal 2,5 hektar. Sebelum disulap menjadi taman bunga, lokasi ini masih berupa areal pertanian sayur. Jadi Anda harus benar – benar memiliki energy yang prima agar dapat berkeliling ke seluruh sudut taman. Di pintu masuk, pengunjung akan disajikan dengan anak tangga yang cantik, dan setelah Anda menaikinya maka akan tersaji dengan indah hamparan taman bunga.

Sitinggil Garden boyolali, Photo : Google

Dari sana, mata Anda akan terus dimanjakan oleh keindahan alam Boyolali. Jangan sampai lupa untuk mengabadikan momen berharga pada spot ini. Di kejauhan Anda akan melihat anak tangga pelangi dengan beratap lampion warna-warni. Tangga ini disebut pelangi karena setiap anak tangganya memiliki warna yang berbeda.

Baca Juga  Tempat Wisata di Semarang Selain Lawang Sewu yang Wajib Dikunjungi

Tangga pelangi tersebut akan membawa Anda ke embung yang berada di atas taman. Wisata Sitinggil Garden berada di kawasan pegunungan dan karena lahan sebelumnya adalah lahan pertanian maka tidak kaget jika lokasinya memiliki kontur tanah yang berundak. Di kawasan paling atas terdapat embung seluas 2.000 meter persegi yang sebenarnya telah dibangun pada tahun 2015.

Oh ya, sebelumnya embung merupakan suatu cekungan yang berfungsi untuk menampung air hujan. Embung tersebut memiliki peranan yang sangat penting yaitu salah satunya sebagai sumber pengairan untuk mengairi bunga – bunga yang tanam di taman Sitinggil Garden. Dari embung tersebut, para wisatawan akan melihat hamparan taman bunga bermacam-macam warna dari ketinggian.

Selain hamparan bunga cantik, taman ini juga memiliki taman payung yang berada pada sisi kanan taman, atau di sebelah barat pintu masuk. Payung-payung tersebut ditata sebagaimana rupa dengan berbagai warna sehingga menyajikan kombinasi yang apik.

Ribuan Bunga Cantik

Sitinggil Garden boyolali, Photo : Google

Disebut taman bunga karena taman ini memiliki banyak sekali tanaman bunga yang ditata pada seluruh hamparan lahan. Anda akan menemukan berbagai macam jenis bunga disana. Seperti bunga matahari, Sabrina, Akalipa, Celosa dan masih banyak lagi.

Dengan penataan yang sungguh luar biasa, sehingga bisa membentuk mata angin dan lingkaran. Banyaknya jenis bunga yang berada di sana membuat taman ini juga bisa menjadi taman edukasi untuk anak – anak. Belajar sambil berjalan-jalan tentunya akan sangat mudah diterima oleh anak, itung – itung sambil menyelam minum air, sambil berwisata kita juga bisa mempelajari berbagai jenis macam bunga.

Fasilitas yang Lengkap

Hal yang tidak boleh terlewatkan pada sebuah tempat wisata adalah fasilitas harus lengkap. Jangan khawatir, wisata taman Sitinggil Garden memiliki fasilitas yang lengkap. Seperti area parkir yang luas, sehingga bisa menampung ratusan motor dan mobil.

Sitinggil Garden boyolali, Photo : Google

Di dalam tanam, juga terdapat beberapa Gazebo di setiap sudut taman, Gazebo ini sangat penting sekali, karena sebagaimana yang telah disebutkan di awal, taman ini sangat luas, sehingga pasti para pengunjung membutuhkan tempat untuk istirahat. Tidak ketinggalan dengan tempat sampah yang juga terdapat di sepanjang jalan taman, hal ini untuk mengantisipasi pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan.

Baca Juga  Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Bukti Kehadiran Laksamana Cheng Ho

Salah satu fasilitas yang menarik lainnya adalah taman ini memiliki kolam renang, sehingga bagi pengunjung yang ingin merasakan kesegaran air pegunungan Boyolali bisa langsung mencobanya. Beberapa rumah adat juga dibangun di tempat wisata ini. Dengan semua fasilitas yang dimiliki taman Sitinggil Garden ini pasti akan membuat pengunjung merasa nyaman. Hampir ketinggalan, taman ini tentunya juga menyediakan toilet bagi para pengunjung dan juga tempat ibadah.

Jadi, itulah tadi beberapa informasi yang bisa disajikan tentang wisata terbaru di Boyolali, yaitu taman Sitinggil Garden. Jika Anda sedang ingin mencari tempat wisata, mungkin Kabupaten Boyolali bisa menjadi salah satu rekomendasi daerah dengan berbagai tempat wisata keren yang dimilikinya, salah satunya yang tidak boleh ketinggalan adalah Sitinggil Garden.

Anda bisa mengajak seluruh anggota keluarga, atau mengajak rekan kerja, atau juga bisa mengajak pasangan tercinta untuk mengunjungi Sitinggil Garden. Dipastikan Anda tidak akan menyesal setelah datang kesana, karena tiket yang sangat murah, lokasi indah, dan fasilitas yang lengkap. Anda juga bisa melakukan banyak hal disana, tidak hanya jalan-jalan melihat bunga, Anda juga bisa berenang dan jika Anda memiliki anak, Anda bisa sekaligus mengenalkan kepada mereka tentang nama-nama bunga.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya