Relaksasi Diri di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Yogyakarta tak habis-habisnya memiliki keindahan pesona mulai dari budaya hingga pemandangan alam yang dihadirkan. Bantul sebagai salah satu kabupaten yang masuk dalam provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta juga tak kalah dalam merajuk para wisatawan untuk berkunjung kesini. Salah satu tempat wisata populer di Bantul sendiri adalah Kebun Buah Mangunan.

Berlokasi di Desa Dlingo, Kabupaten Bantul, kebun buah ini berlokasi dekat dengan banyak kawasan wisata lain seperti hutan Pinus, wisata alam seribu batu Songgo Langit, dan lain sebagainya. Bagi pengunjung yang mencari ketenangan dari hiruk pikuk perkotaan dan membutuhkan asupan oksigen segar yang cukup, dapat datang ke kawasan kebun buah Mangunan ini. Ada banyak wahana yang dihadirkan disini, sehingga tempat ini sangat cocok terutama bagi wisata keluarga.

Santai di kebun buah. photo : int

Kegiatan piknik menjadi andalan dan favorit para pengunjung saat datang ke kebun Buah Mangunan. Mereka dapat menggelar tikar atau sekedar duduk-duduk di pinggir bukit dan menikmati pemandangan alam indah dari ketinggian berupa hamparan hijau pepohonan dan hutan di bawahnya, serta perbukitan lain di seberang. Berfoto tentu menjadi hal wajib dan tidak boleh dilewatkan saat berada disini, karena pemandangan indah dan sejuknya akan memuaskan semua mata yang memandang dan melupakan semua rasa penat yang anda dapatkan saat berada di perkotaan ataupun di kantor.

Selain piknik, para pengunjung juga dapat melihat perkebunan buah yang dikembangkan di kawasan ini mulai dari pohon durian, rambutan, jambu air jeruk, mangga, dan masih banyak jenis tanaman buah lainnya. Pada musim rambutan tiba, para pengunjung diperbolehkan makan sepuasnya buah rambutan langsung dari pohonnya. Namun dengan syarat bahwa buah-buah tersebut tidak dibawa pulang, karena bila pengunjung ingin membungkus buah untuk dibawa pulang, maka petugas akan menghitung buah perkilonya dan memberikan harga untuk dibayar.

Baca Juga  Pantai Wediombo Gunung Kidul, Kolam Renang Alami Ala Yogyakarta

Pesona keindahan kebun buah Mangunan akan sangat indah dinikmati di pagi hari sebelum matahari berada di tengah-tengah. Terutama bila pengunjung datang lebih awal, pemandangan kabut putih layaknya awan akan dapat disaksikan dari pinggir bukit, dan berfoto dengan latar belakang tersebut akan memberikan sensasi seakan sedang berada di negeri di atas awan. Disamping itu, melihat banyak tanaman hijau sambil menghirup udara segar dinilai mampu mengurangi kekurangan penglihatan pada mata, serta mampu menghilangkan rasa penat dan stress.

Untuk menuju kebun buah Mangunan, pengunjung dapat berangkat ke arah Bantul dari Jogja melalui Jalan Imogiri Timur atau tepatnya dari terminal Giwangan kea rah Selatan. Selama di perjalanan, pengunjung akan mendapatkan petunjuk arah menuju ke Desa Dlingo dan juga Kebun Buah Mangunan yang dimaksud. Jalan menuju kebun buah ini lumayan curam sehingga pengunjung perlu hati-hati dalam berkendara. Puas berfoto dan berpiknik di kebun buah, pengunjung dapat melanjutkan perjalanan ke kawasan wisata selanjutnya di sekitar Dlingo seperti hutan Pinus, dan lain sebagainya.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya