Ranu Kumbolo, Danau Termahsyur di Tanah Semeru

Danau Ranu Kumbolo merupakan sebuah keajaiban tak ternilai yang bernaung diatas Gunung Semeru yang begitu legendaris bagi setiap mereka individu dengan status sebagai pendaki gunung.

Danau Ranu Kumbolo Gunung Semeru

Indahnya Ranu Kumbolo

Pernahkah anda mendengar Danau Ranu Kumbolo? Ini merupakan salah satu tempat yang termahsyur dan di ibaratkan sebagai sebuah surga daerah Jawa Timur. Tempat untuk menenangkan pikiran yang berupa danau ini mempunyai sejuta karisma yang akan membuat anda terpesona ketika melihatnya. Danau ini bisa anda temukan pada saat melakukan pendakian ke gunung semeru menuju puncak Mahameru. Seperti yang kita ketahui, Mahameru merupakan puncak gunung tertinggi di pulau Jawa yang harus ditempuh dengan perjalanan yang cukup panjang. Namun, perjalanan tersebut tentunya akan terobati saat melihat pesona danau termahsyur yang namanya sudah terkenal hingga mancanegara tersebut. Hal ini pun yang menjadi alasan Kamu harus mendaki sampai puncak Gunung Semeru setidaknya sekali seumur hidup.

Sebagai informasi, Ranu Kumbolo menjadi tempat transit bagi para pendaki gunung yang akan menuju puncak Mahameru. Tempatnya ramai dan banyak orang yang tentu menyukainya. Danau dengan luas 15 hektar tersebut berisi air tawar yang jernih dan segar. Banyak pendaki gunung yang melakukan camping di sekitar danau ini untuk beristirahat sejenak untuk kemudian melanjutkan perjalanan. Airnya yang cukup bisa digunakan untuk sekedar mencuci muka ataupun yang lain. Pemandangan yang menakjubkan sepanjang anda berada di danau tersebut tidak hanya terjadi pada pagi hari ketika matahari terbit saja, tapi jugasaat malam hari dengan keindahannya yang tak akan terlupakan.

Keindahan yang Akan Kamu Temukan di Danau Ranu Kumbolo

Dua bukit yang berada di Ranu Kumbolo nampak hijau dan segar ketika pagi hari yang menjadi inspirasi pembuatan film 5 cm. Terlebih lagi ketika matahari terbit diantara keduanya. Siapapun orang yang berada di sekitarnya pasti tidak akan berpaling untuk menikmati keindahannya. Hijaunya bukit, jernihnya air, alam yang sejuk dan damai di ketinggian gunung Semeru akan membuat anda tersihir. Ketika malam hari tiba, tak terbayangkan apa yang akan anda lihat. Anda bisa menyaksikan berjuta-juta bintang di angkasa dan juga galaksi Bima sakti. Galaksi ini beserta ribuan bintang akan terlihat jelas dengan suasana yang tenang di sana. Ini tidak mungkin bisa anda dapatkan ketika berada di keramaian kota besar yang sudah terkena polusi dan penuh dengan kemacetan.

Menikmati Ranu Kumbolo. Photo : berangan.com

Anda juga akan menemukan sebuah bukit yang terkenal dengan nama bukit cinta yang berada di sekitar Ranu Kumbolo. Konon, kabar mengatakan jika anda mengharapkan cinta disana, maka akan terkabul dengan syarat tidak menoleh ke belakang ketika melakukan pendakian di bukit cinta tersebut. Namun, godaan keindahan danau beserta alam di sekitarnya yang akan nampak semakin indah jika anda melihatnya di tempat yang lebih tinggi menyebabkan banyak orang tidak tahan untuk menoleh ke belakang untuk menyaksikan keindahan alam yang seperti surga. Di sekitar danau tersebut juga terdapat prasasti yang merupakan peninggalan Majapahit dan juga beberapa tugu yang dibangun untuk memperingati pendaki yang gugur ketika melakukan pendakian ke puncak Mahameru.

Baca Juga  Tips Memilih Sepatu Gunung Yang Benar

Mengintip Sunrise di Ranu Kumbolo

Mendapati sunrise atau fenomena terbitnya matahari di puncak Gunung Semeru merupakan hal yang paing banyak di buru oleh kalangan pendaki. Di Gunung Semeru sendiri Anda akan diberikan pilihan yang sangat sulit terlebih ketika anda mengunjungi tempat ini hanya dalam waktu sehari saja. Apakah anda akan menikmati sunrise dari puncak Mahameru atau dari Danau Ranu Kumbolo.

Sensasi sunrise di Ranu Kumbolo memang berbeda dengan tempat-tempat lainnya di muka bumi kita yang begitu indah ini. Di waktu pagi, sang surya akan mengintip Anda melalui 2 buah bukit yang berdiri berhimpitan. Matahari yang muncul dari celah sempit bukit ini seakan menjadikan jernihnya air danau layaknya sebuah cermin untuk memancarkan cahaya kemerahannya dan membiaskan bayangan gunung yang menghimpitnya. Tak heran jika sunrise di danau termahsyur di Tanah Semeru ini menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Persiapan Sebelum Menuju ke Ranu Kumbolo

Melakukan pendakian ke puncak Mahameru tentu memerlukan persiapan yang sebaik-baiknya. Mengapa demikian? Ini karena puncak Mahameru yang berada di ketinggian 2.400 mdpl bisa mencapai suhu minus 5 derajat. Maka, persiapan kesehatan, obat dan juga baju hangat sangat diperhatikan. Anda juga harus membawa kaos kaki tebal, penutup telinga, dan keperluan lain yang mungkin dibutuhkan. Ketika semua persiapan telah selesai, anda bisa camping di wilayah taman nasional Bromo Tengger Semeru. Selanjutnya, karisma Ranu Kumboloakan anda temukan dalam perjalanan menuju puncak tertinggi di Jawa. Jika anda memang pendaki gunung sejati, jangan pernah melewatkan kesempatan untuk menikmati keindahan alam dalam negeri di Semeru. Salam ransel Duniabackpacker.net…

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya