Pengetahuan Dasar Mendaki Gunung Bagi Pemula

Mendaki gunung, melewati lembah dan sungai serta berkemping merupakan sebuah rangkaian dari kegiatan pendakian. Kegiatan yang satu ini memang sedang digemari oleh anak muda zaman sekarang meski kegiatan pendakian telah dilakukan beribu-ribu tahun lalu oleh nenek moyang kita. Dalam pendakian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan, mulai dari tujuan pendakian, rutenya, barang bawaan dan lain-lain. Selain itu, tidak semua orang dapat melakukan pendakian. Jika kita masih amatir, ada baiknya bila ditemani oleh seorang yang telah profesional dalam pendakian agar lebih aman. Ada beberapa manfaat dari kegiatan pendakian ini dan juga hal penting dalam pendakian yang harus diketahui terlebih dahulu sebelum memulainya.

Manfaat pertama dari kegiatan pendakian ini yakni manfaat kesehatan. Dengan mendaki gunung, kita akan memperkuat otot-otot tubuh dan metabolisme tubuh. Bagaimana bisa? Tentu saja bisa, karena kegiatan mendaki merupakan salah satu olahraga juga. Tanpa disadari ketika mendaki gunung, kaki kita akan menjadi lebih kuat, tubuh terasa lebih ringan, nafas lebih teratur dan kerja jantung akan lebih prima. Nah, manfaat berikutnya adalah manfaat dari segi sosial. Maksudnya dengan mendaki gunung, maka kita dapat mempererat tali persaudaraan para pendaki lainnya. Hal ini sangat penting sekali dalam pendakian. Jika kita tidak dapat menjaganya, maka dijamin kita tidak akan pernah keluar lagi dari gunung yang didaki tersebut.

4 Hal Dasar yang Perlu Kamu Pahami Sebelum Mendaki Gunung

Selain manfaat mendaki gunung yang telah dibicarakan tadi, ada beberapa teknik dasar mendaki gunung bagi para pemula yang harus diperhatikan. Hal penting tersebut yaitu teknik dalam mendaki gunung. Teknik-teknik dalam pendakian tersebut meliputi:

 

1. Manajemen perjalanan

Manajemen Waktu

Yang dimaksud dengan manajemen perjalanan adalah bagaimana cara kita mengatur pendakian tersebut agar berjalan lancar sesuai jadwal dan rute yang telah disusun sehingga tidak tersesat.

Baca Juga  10 Gunung Paling Berbahaya di Dunia Untuk Didaki

 

2. Peralatan mendaki

Janga lupakan peralatan mendaki

Ini juga hal penting dalam mendaki yang harus dipertimbangkan dengan baik. Biasanya peralatan mendaki itu berupa tali, tas, tenda, palu, tang, obeng dan lainnya yang benar-benar diperlukan saat mendaki. Kelihatannya memang banyak tapi jangan sampai melebihi beban bawaan agar tidak susah mendaki nanti.

 

3. Cara mendaki

Cari tahu cara mendaki yang aman

Tentu saja anda tidak bisa sembarang mendaki. Dalam ilmu pendakian, ada beberapa cara mendaki yang dapat diterapkan. Bisanya cara mendaki tersebut disesuaikan dengan medan yang ada, apakah medan pendakian itu berbatu, curam, landai atau lainnya. Jika salah mendaki, maka bukan kaki atau tubuh yang sehat didapat tapi kram atau patah yang akan dihasilkan.

4. Mengenal puncak dan basecamp

Mengenal puncak dan basecamp

Teknik dasar mendaki gunung yang satu ini penting untuk diketahui sebab tidak semua orang mengetahui dimana puncak gunung yang didaki dan dimana basecamp yang cocok serta aman untuk ditempati sementara. Oleh karena itu, wawasan mengenai gunung sangatlah diperlukan dalam menentukan puncak dan dimana harus membangun basecamp.

Teknik dasar mendaki gunung di atas jangan sampai tidak diketahui sama sekali ketika anda sudah memutuskan untuk menjadi seorang pendaki. Jika kita tidak mengetahuinya, maka ada baiknya bila kita menanyakan pada orang-orang yang telah sering mendaki. Janganlah sesekali mendaki gunung tanpa perbekalan yang cukup, baik itu perbekalan fisik maupun non fisik. Kalimat ini sering kali dilontarkan oleh para pendaki profesional sebab bahaya yang mengancam di gunung akan selalu ada. Itulah sebabnya, kewaspadaan dalam mendaki gunung juga merupakan poin penting. Gunung memang indah, tapi hendaknya kita selalu menjaga kelestarian dan keindahannya dengan tidak melakukan hal-hal yang bisa merusak alam.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya