Jawa Barat

Pantai Batu Karas Pangandaran Menyimpan Destinasi Indah yang Mengagumkan

Wisata Pantai Batu Karas merupakan destinasi andalan Pangandaran, Jawa Barat. Sehingga tak heran, jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berdatangan.

Pantai ini juga sering digunakan untuk surfing para peselancar. Tak hanya itu, pantai ini juga memiliki fasilitas yang sangat lengkap untuk para wisatawannya.

Lokasi dari Pantai Batu Karas ini juga sangat strategis. Karena selain dekat dengan Pantai Pangandaran, wisata ini juga dekat dengan Bandara Nusawiru Pangandaran.

Wisata Pantai Batu Karas Menyimpan Destinasi Indah di Dekatnya

Bagi wisatawan yang suka terhadap wahana permainan, bisa mencoba banana boat atau permainan loncat ke sebuah balon besar. Bahkan tersedia penyewaan papan selancar sekaligus dengan guide.

Wisatawan tak hanya bisa menikmati keindahan Pantai Batu Karas Pangandaran saja. Terdapat berbagai destinasi-destinasi kecil yang berada dekat dengan wisata Pantai Batu Karas ini. Hal ini berupa tiga blok pantai, hutan mangrove, dan wisata religi.

Blok Pantai Legok Pari

Banyak sekali aktivitas wisata yang ada di pantai yang terletak di Dusun Batu Karas, Desa Batukaras ini. Seperti, berselancar, berenang, menaiki banana boat, boogie board, foto selfie, bahkan camping sekalipun.

Selain itu, bisa juga menyewa perahu yang memiliki kapasitas 4 orang atau lebih besar lagi. Wisatawan bisa memancing dengan didampingi nelayan pemilik perahu, harganya pun masih bisa nego.

Tempat ini termasuk spot mancing paling favorit. Tak heran jika banyak yang berdatangan ke tempat ini hanya untuk sekadar memancing.

Blok Pantai Batununggul

Memiliki lokasi yang sama dengan Pantai Legok Pari. Lokasinya pun tak jauh dari wisata Pantai Batu Karas tersebut.

Sayangnya, di pantai ini para wisatawan tidak bisa berenang. Para wisatawan hanya bisa melakukan camping, berfoto selfie, atau sekadar menikmati keindahan yang tak kalah dengan pantai lainnya.

Namun jangan salah, para peselancar profesional sering melakukan surfing karena ombaknya cukup liar. Sehingga pantai ini tidak cocok untuk para peselancar yang masih pemula.

Blok Pantai Sanghyangkalang

Lokasi berbeda dengan kedua pantai sebelumnya, yaitu berada di Dusun Sanghyangkalang, Desa Batukaras. Berbeda juga dengan Pantai Batununggul, pantai ini bisa untuk berenang.

Tak hanya itu, wisatawan juga bisa surfing, mengabadikan momen dengan berfoto, melakukan camping, atau hanya sekadar melihat aktivitas nelayan. Wisatawan juga bisa membeli ikan-ikan hasil tangkapan para nelayan.

Wisatawan tak perlu merasa khawatir jika sewaktu-waktu merasa lapar atau haus. Sebab tersedia juga beberapa warung dan rumah makan.

Hutan Mangrove Batu Karas

Lokasi selanjutnya yang dekat dengan wisata Pantai Batu Karas adalah Hutan Mangrove ini. Wisatawan bisa menggunakan akses darat atau melalui sungai dengan perahu untuk menuju ke tempat wisata satu ini.

Wisatawan harus berjalan menyusuri jembatan kayu dengan panjang sekitar 250 meter. Selain berfoto-foto, wisatawan juga bisa ikut menanam pohon mangrove. Hanya dengan memesan benih ke pengelola, lalu benih dan kapling akan disiapkan.

Pohon mangrove memiliki berbagai jenis seperti Avicenia Marina, Rhizophoraceae, Rhizophora Apiculata dan Nipah Palm. Pada lingkungan hutan bakau dan daerah pasang surut dekat tepi laut, Mangrove Nipah Palm akan tumbuh.

Makam Sembah Agung

Tempat ini menyimpan berbagai makam keramat seperti Makam Sembah Agung, Makam Sembah Manggala, dan Makam Sembah Tafsirudin. Semua tokoh tersebut merupakan ulama besar yang berjasa dalam penyebaran agama Islam di selatan Jawa.

Saat bulan-bulan tertentu, banyak sekali peziarah dari berbagai kota yang mengunjungi tempat ini. Warga sekitar mengkeramatkan tempat ini karena ketokohannya dalam syiar Islam.

Jika ingin mengetahui lebih lengkap tentang pantai ini, bisa kunjungi laman https://www.harapanrakyat.com/. Ketika mengunjungi wisata Pantai Batu Karas ini, tidak ada salahnya jika datang ke berbagai destinasi di dekatnya.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya