Menilik Eksotisme Pantai Wonogoro Di Malang Jawa Timur

Pantai merupakan salah satu destinasi wisata yang banyak dikunjungi di Malang. Pemerintah Malang sedang membuat inovasi baru agar tempat wisata khususnya pantai yang berada di malang banyak dikunjungi wisatawan, salah satunya adalah Pantai Wonogoro. Pantai Wonogoro merupakan pantai yang masih sepi wisatawan dan masih sangat asri. Belum banyak orang yang mengetahui pantai Wonogoro membuat pantai ini nyaman dikunjungi.

Hamparan pasir putih yang sangat luas, berdampingan dengan birunya air laut membuat daya tarik dari pantai Wonogoro. Bagi anda yang suka Explore Pantai Indonesia, anda perlu mengexplore pantai Wonogoro karena tempatnya yang masih sangat alami dan belum banyak pengunjung yang datang kesini.

 

GAMBARAN UMUM PANTAI WONOGORO

Pantai Wonogoro

Pantai Wonogoro malang. Photo : Instagram/@primasont

Wisata Pantai Wonogoro Malang Selatan tidak berbeda jauh dengan pantai lainnya. Pantai ini memiliki hamparan pasir pantai berwarna putih yang luasnya sekitar 2 kilometer. Ombak di pantai ini cukup besar seperti pantai pantai lainnya yang berada di selatan pulau jawa. Untuk itu wisatawan dihimbau untuk tidak berenang di sekitar pantai. Selain itu, tidak ada tim penyelamat seperti basarnas yang berjaga di pantai sehingga anda harus menjaga keselamatan diri sendiri.  Pasir pantai Wonogoro becampur dengan kandungan besi. Sehingga, tidak jauh dari pantai ini terdapat perusahaan tambang besi. Perusahaan tambang tersebut sangat ditentang oleh warga sekitar karena dianggap akan merusak pantai di sekitar tambang, salah satunya adalah Pantai Wonogoro.

Perjalanan ke Pantai Wonogoro harus dilakukan dengan kendaraan pribadi. Hal tersebut dikarenakan, jalur untuk angkutan umum yang menuju pantai masih belum tersedia. Wisatawan diharuskan menggunakan kendaraan pribadi berupa motor maupun mobil. Jalan Ke Pantai Wonogoro sudah diaspal dengan halus dan cukup lebar. Akan tetapi, sebelum mencapai pantai, sekitar 3 kilometer anda harus melewati jalan yang cukup rusak tetapi masih aman untuk dilalui menuju pintu masuk pantai.

Baca Juga  Pantai Balekambang Malang, Tanah Lot di Jawa Timur

 

LOKASI DAN RUTE MENUJU PANTAI WONOGORO MALANG

Lokasi Pantai Wonogoro Malang berada di dusun Sukorejo Desa Tulungrejo, Kecamatan Gedangan, Kabupaten Malang. Pantai yang tidak kalah indah untuk dikunjungi adalah Pantai Taman Ayu yang berada berdekatan dengan Pantai Wonogoro. Pemandangan yang disuguhkan dari pantai Taman Ayu tidak kalah indah. Letak Pantai Wonogoro Malang sebenarnya dekat dengan Pantai Ngantep yang sudah sangat terkenal. Bila anda mengunjungi Pantai Ngantep, tidak ada salahnya berkunjung ke Pantai Wonogoro. Anda akan merasakan pemandangan dan keasrian yang berbeda dari pantai Ngantep.

Rute ke Pantai Wonogoro bila anda dari Kota Malang, anda harus mengikuti petunjuk jalan yang mengarah ke Pantai Balekambang yang berada di Pantai Selatan. Jalur yang akan dilewati yaitu, Buluwalang, Krebet dan juga Gondanglegi. Bila anda sudah mencapai Gondanglegi  dan tetap mengikuti petunjuk ke Pantai Balekambang, anda akan menemukan perempatan jalur lintas selatan. Bila anda belok ke kanan anda akan menuju pantai Balekambang, anda belok kiri untuk menuju pantai Ngantep. Letak Pantai Wonogoro berada di sebelah barat dari Pantai Ngantep.

Pantai Wonogoro yang bersebelahan dengan pantai Ngandep yang sudah sangat terkenal tetapi tetap tidak banyak wisatawan yang mengetahuinya. Hal itu karena, Pantai Wonogoro berada di bukit dan hutan yang cukup rimbun. Anda akan merasakan sensasi memiliki pantai sendiri karena sedikit sekali wisatawan yang berkunjung kesini.

 

FASILITAS PANTAI WONOGORO MALANG

Pantai Wonogoro Kecamatan Gedangan memiliki fasilitas yang masih sangat minim. Akan tetapi, keindahan alam yang disuguhkan sangatlah indah. Pantai yang memiliki hamparan pasir putih diantara hutan yang masih asri dan pantai yang masih begitu jernih membuat eksotisme pantai Wonogoro sangat menawan. Keindahan alam pantai Wonogoro harus terusik dengan adanya perusahaan tambang yang berlokasi tidak jauh dari lokasi pantai. Penambangan yang dilakukan dikhawatirkan akan merusak ekosistem yang ada di sekitar pantai dan tidak memberikan dampak ekonomis bagi warga sekitar pantai. Untuk itu, warga setempat banyak yang menolak penambangan yang dilakukan. Area pertambangan pasir besi ditutup dengan pagar bambu sampai garis tepi pantai. Ada papan pengumuman yang dibuat yang bertuliskan larangan untuk memasuki area penambangan.

Baca Juga  Menjelajahi 5 Destinasi Wisata Bersejarah di Surabaya

Lokasi Pantai Wonogoro yang berada dekat dengan pantai Ngantep memiliki sungai kecil yang berada di sebelah timur pantai. Sungai tersebut bermuara di sebelah timur pantai Wonogoro. Banyak orang atau komunitas yang datang kesini untuk memancing karena ikan yang ada di sini cukup beragam. Pantai Wonogoro tidak memiliki fasilitas pendukung seperti pantai lainnya antara lain kamar mandi, warung makan, ataupun penginapan sehingga anda harus membawa bekal lebih. Dengan minimnya fasilitas yang ada, pantai ini terasa lebih alami. Anda bisa memanfaatkannya dengan berkemah disini agar lebih bisa menikmati alam.

Akses pantai Wonogoro di Malang mempunyai kontur jalan yang cukup menantang. Dengan jalan kurang lebih sekitar 3 kilometer naik turun dan kondisi yang rusak membuat wisatawan harus berhati hati. Pada musim hujan, jalan tersebut akan lebih licin dan berlumpur. Tetapi jangan khawatir, jalan yang rusak tersebut hanya terdapat sebelum pintu masuk pantai saja. Belum ada pengelolaan secara resmi oleh pemerintah setempat. Hanya ada warga setempat yang menjaga parkir. Setiap kendaraan yang parkir dikenakan tarif sebesar lima ribu rupiah.

 

DAYA TARIK PANTAI WONOGORO MALANG

Letak Pantai Wonogoro yang masih tersembunyi membuat tempat wisata ini masih sangat alami, wisatawan bisa lebih menikmati suasana pantai yang asri. Pantai ini berada tidak jauh dari pusat kota malang, anda cukup berkendara kurang lebih selama 2 jam perjalanan.

Jalur Pantai Wonogoro yang sangat mudah, jalur tersebut melintasi jalan lintas selatan yang baru saja di aspal dan diperlebar. Bila anda melewati jalan lintas selatan, anda bisa mengunjungi pantai Wonogoro . keindahan pantai ini dari pagi hari hingga petang hari berbeda beda yang menarik perhatian wisatawan. Pantai ini sedang mendapat perhatian khusus oleh pemerintah daerah kabupaten Malang agar kedepannya pantai ini bisa menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan. Banyak spot foto yang sangat indah yang berada di pantai Wonogoro. Mulai dari pemandangan laut biru yang sangat indah, hamparan pasir putih dan campuran butiran pasir besi yang berkilauan dan juga anda bisa berfoto dengan background rimbunnya hutan yang terdapat sebelum sampai di pantai Wonogoro.

Baca Juga  Ini dia 25 Destinasi Wisata Pantai Di Pacitan

Pantai Wonogoro merupakan salah satu pantai tersembunyi dan belum dikenal banyak orang yang berada di Malang. Yang perlu diperhatikan bila anda berkunjung ketempat wisata yang masih belum banyak dikunjungi atau belum terlalu terkenal adalah tidak membuang sampah sembarangan dan tetap menjaga kealamian dan keasrian tempat yang dikunjungi. Anda cukup menikmati dan sebisa mungkin untuk menjaga tempat tersebut. Jangan hanya karena tingkah laku anda, tempat yang sangat indah menjadi kotor dan rusak. Kepedulian wisatawan menjadi modal yang bagus untuk memajukan wisata Indonesia.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya