Menikmati Pisang Epe di Pantai Losari Makassar

Pantai Losari Makassar dan jajanan khasnya yaitu pisang epe merupakan 2 hal yang tidak dapat terpisahkan. Pantai yang terletak di sebelah barat kota Makassar ini merupakan daerah favorit warga untuk menikmati sunset di sore hari sambil memanjakan lidah dengan aneka kuliner khas Makassar yang terkenal dengan sensasi gurihnya.

Losari yang dikenal karena sunsetnya yang indah ini juga dijuluki sebagai pantai dengan meja makan dan warung terpanjang di dunia. Julukan ini disematkan karena tempat ini memang terdapat begitu banyak warung yang hanya buka di malam hari menjajakan aneka kuliner dan jajanan khas makassar. Saking banyanknya penjual makanan di Pantai Losari, tenda-tenda para penjaja kuliner panjangnya bisa mencapai lebih dari 1 KM.

Keunikan Wisata Pantai Losari Makassar

 

Tidak seperti pantai-pantai lainnya dimana anda bisa menikmati berjalan diatas hamparan pasir putih dan menikmati dorongan ombak laut, Pantai Losari Makassar tampil dengan konsep berbeda yaitu tidak berpasir. Sepanjang bibir pantai ini dipasang tanggul beton sehingga tidak memungkinkan kita untuk bermain air ataupun pasir. Hal ini dikarenakan ombak di pantai ini cukup kuat dan dapat menarik anda sampai ke tengah laut. Sebagai gantinya telah disediakan berbagai wahana seperti Banana Boat, Sepeda Air dan juga perahu.

T

Pantai Losari Makasar. Photo : daradaeng.com

ak cukup sampai disitu, jika anda senang berolahraga seperti jogging Losari merupakan tempat yang pas karena memang dirancang dengan trotoar yang super lebar aga pengunjung bisa bergerak dengan leluasa. Jogging sore sambil menikmati matahari terbenam dijamin akan memberikan kesan tersendiri dan pastinya dapat menghindarkan rasa bosan. Tetapi jika anda ingin menikmati kesejukan pantai, maka sangat disarankan untuk jogging pagi sambil menyambut sejuknya angin laut di pantai Losari.

Baca Juga  Berwisata ke Selatan Makassar: Daya Tarik Pantai Galesong Utara

Pantai Losari juga merupakan tempat wisata favorit di Makassar bagi kaum muda-mudi. Biasanya mereka berkumpul mulai jam 3 sore untuk menantikan matahari terbenam. Keramaian pantai akan semakin bertambah hingga jam 9 malam terlebih di akhir pekan dan mencapai puncaknya saat malam minggu tiba. Untuk menghindari rasa bosan anda dapat memanfaatkan fasilitas Wi-fi gratis yang tersedia di pantai ini.

Jangan Ke Pantai Losari Tanpa Menikmati Manisnya Pisang Epe

Sebenarnya ada banyak makanan khas makassar tersedia di Pantai Losari mulai dari aneka hidangan laut hingga Coto Makassar yang terkenal hingga ke Tanah Jawa. Akan tetapi yang menjadi pantangan untuk dilewatkan adalah Pisang Epe.

Menikmati pisang epe di pantai losari

Pisang Epe sendiri merupakan kuliner berbahan dasar pisang yang dibakar dan sedikit dijepit (di epe) hingga tekstur pisang tersebut menjadi sedikit melebar. Setalah pisang di bakar lalu di tambahkan pasta gula merah khas sulawesi (Gula merah dari hasil olahan nira/ aren) yang memiliki rasa masis tersendiri. Saat ini terdapat Pisang Epe dengan berbagai rasa seperti durian, keju, dan coklat. Tetapi sebelum menikmati varian rasa yang lain, sangat disarankan untuk mencoba Pisang Epe Original dengan pasta gula merah.

Waktu Terbaik Berlibur Ke Pantai Losari

Untuk dapat menikmati segala yang tersaji di Pantai Losari sebaiknya anda berkunjung di luar musim penghujan dikarenakan Makassar merupakan kota dengan curah hujan yang cukup tinggi. Bisa dibayangkan jika musim penghujan tiba, kota Makassar bisa saja diguyur hujan 3 hari 3 malam nonstop. Oleh karena itu diperlukan perhitungan waktu yang tepat agar liburanmu ke Pantai Losari Makassar Sulawesi Selatan tidak sia-sia.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya