Ini Dia Daftar Terlengkap Obyek Wisata Di Magelang 2019

Magelang merupakan sebuah wilayah di Propinsi Jawa Tengah yang tidak begitu luas. Meskipun begitu, letaknya sangat strategis diantara jalur utama Jogja-Semarang. Magelang menyimpan banyak sekali potensi wisata yang saat ini sudah mulai tereksplore. Wilayah Magelang berbatasan langsung dengan Kabupaten Temanggung, Kabupaten Purworejo, dan juga Kabupaten Boyolali, serta Propinsi DIY. Maka dari itu, agenda berkunjung ke Magelang milik anda bisa ditambah dengan mengunjungi beberapa wisata Temanggung dan tempat wisata Boyolali yang letaknya saling berdekatan.

Pada artikel ini, kami akan memberikan daftar terlengkap mengenai tempat wisata di Magelang mulai dari wisata alam sampai dengan wisata sejarah yang harus anda kunjungi saat mempunyai waktu luang. Yuk disimak!

  1. GEREJA AYAM

Gereja Ayam di Magelang

Jika anda sedang mencari tempat wisata di Magelang Jawa Tengah, maka Gereja Ayam yang terletak di Bukit Rhema, Dusun Gombong, Kembang Limus, Kecamatan Borobudurlah jawabannya. Tempat ini menjadi booming setelah dijadikan salah satu lokasi syuting film AADC yang legendaris.

 

  1. TOP SELFIE PINUSAN KRAGILAN
Ini Dia Daftar Terlengkap Obyek Wisata Di Magelang 2019

Top Selfie Pinusan Kragilan. Photo : instagram/@fandhyhsb

Wisata Magelang Kragilan merupakan salah satu destinasi wisata yang harus anda kunjungi. Alamatnya berada di Dusun Kaponan, Kecamatan Pakis arah menuju basecamp pendakian Gunung Andong via Ngablak, Jawa Tengah. Tempat ini menyediakan spot berfoto yang unik dan instagramable.

 

  1. TAMAN KYAI LANGGENG
Ini Dia Daftar Terlengkap Obyek Wisata Di Magelang 2019

instagram/@pbuditama

Wisata Kyai Langgeng Magelang sangatlah terkenal dikalangan wisatawan. lokasinya berada sekitar 1 km dari pusat Kota Magelang atau Alun Alun Magelang. Anda bisa dengan mudah menjangkau tempat ini karena sudah banyak plang petunjuk arah menuju tempat wisata Kyai Langgeng begitu anda masuk ke wilayah Magelang.

 

  1. ALUN ALUN KOTA MAGELANG

Alun Alun Kota Magelang bisa menjadi alternatif wisata malam Magelang yang anda kunjungi. Di tempat ini terdapat ikon water torn peninggalan Pemerintah Belanda yang sampai saat ini masih berfungsi baik. Di sekitar alun alun ini juga terdapat tempat peribadatan dari beberapa agama yang diakui di Indonesia yang berdiri berdekatan menunjukkan adanya toleransi yang tinggi.

 

  1. TAMAN BADAAN

Wisata Kota Magelang yang satu ini berada di antara Jalan Ade Irma Suryani dan Jalan Pahlawan dekat dengan Museum Diponegoro. Tempat ini menyediakan berbagai permainan anak dan juga patung patung binatang yang menarik. Jangan lupa cicipi kuliner khas Magelang bakso krikil yang penjualnya berada di trotoar sekitar Taman Badaan.

 

  1. BUKIT TIDAR

Terletak di Magelang Utara dan berada dalam kompleks AKMIL, bukit ini disebut sebut sebagai pakunya tanah jawa. Terdapat petilasan makam leluhur warga masyarakat Magelang di bukit ini dan juga makam Syekh Subakir serta Kyai Sepanjang yang merupakan salah satu tokoh yang berperan dalam penyebaran agama Islam. Bukit Tidar memang tidak terlalu tinggi, namun dipenuhi dengan pepohonan yang rimbun dan menjadi paru paru Kota Magelang.

 

  1. KAWASAN BELANJA PECINAN MAGELANG

Kawasan Pecinan yang berada di Jalan Pemuda Kota Magelang merupakan satu dari sekian banyak wisata sekitar Magelang yang bisa anda datangi. Di Pecinan ini terdapat banyak sekali pedagang yang menjual berbagai macam barang mulai dari perhiasan, gadget, pakaian, aksesoris, dan lain lain.

 

  1. CANDI BOROBUDUR & BUKIT DAGI

Siapa yang tidak kenal tempat wisata Magelang Jawa Tengah paling terkenal ini? Namanya memang sudah mendunia dan pernah masuk dalam 7 keajaiban dunia. Terletak di Kabupaten Magelang, Candi Borobudur tidak pernah sepi pengunjung baik di hari biasa ataupun di hari libur. Di kawasan Candi Borobudur, terdapat Bukit Dagi yang bisa anda daki. Begitu sampai puncak, anda akan disajikan sebuah panorama indah wilayah Candi Borobudur yang dilihat dari ketinggian.

 

  1. CANDI PAWON

Candi Pawon merupakan tempat wisata di Magelang selain Borobudur yang sarat akan sejarah. Lokasinya sangat dekat dengan Borobudur dan juga Candi Mendut yang sering dijadikan tempat penyelenggaran upacara Waisyak. Candi Pawon, Candi Borobudur, dan Candi Mendut mempunyai hubungan yang sejarah yang sangat erat karena berada dalam 1 garis lurus.

 

  1. CANDI MENDUT

Tempat wisata di Magelang dekat Borobudur yang satu ini berada di sisi paling timur dari 3 deretan candi di Magelang yang berada dalam satu garis lurus. Relief di candi ini masih terlihat dengan jelas dan arcanya masih utuh. Tempat ini dikelola dengan sangat baik sehingga banyak wisatawan yang senang mengunjungi tempat wisata ini.

 

  1. CANDI NGAWEN

Objek wisata Magelang Muntilan yang satu ini lokasinya berdekatan dengan Pasar Muntilan yang saat ini sedang dalam proses renovasi. Bangunannya terdiri dari 5 buah candi, namun tinggal 1 candi yang masih utuh. Lokasinya memang agak masuk ke perkampungan sehingga terasa jauh bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan candi tersebut.

 

  1. CANDI CANGGAL

Candi Canggal atau disebut juga sebagai Candi Wukir berlokasi di Dusun Canggal, Kadiluwih, Salam, Magelang. Candi ini terletak diatas bukit Wukir yang merupakan perbatasan antara Jawa Tengah dan DIY. Candi ini termasuk peninggalan Umat Hindu yang ditemukan sekitar tahun 732 M silam.

 

  1. CANDI SELOGRIYO

Candi Selogriyo berlokasi di Dusun Campurejo, Kembangkuning, Windusari, Kabupaten Magelang. Candi ini mempunyai arti sebuah rumah dari batu. Letaknya tepat berada di Lereng 3 bukit, yaitu bukit Condong, Bukit Giyanti, dan juga Bukit Malang dengan ketinggian sekitar 648 mdpl.

 

  1. CANDI GUNUNG SARI

Wisata Magelang Muntilan berikutnya bisa anda temukan di Dusun Gulon, Salam. Begitu sampai di wilayah Gulon, Salam yang berada di sekitaran Jalan Jogja-Magelang km 24, maka anda akan dengan mudah menemukan plang penunjuk arah ke candi ini. letaknya berada di atas bukit, sehingga untuk melihatnya anda harus mendaki bukit terlebih dulu.

Baca Juga  Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Bukti Kehadiran Laksamana Cheng Ho

 

  1. CANDI LUMBUNG

Candi ini pernah dipindahkan dari lokasi asalnya karena ancaman banjir lahar dingin. Letak candi ini berada di Dusun Tlatar, Krogowanan, Sawangan dekat dengan Candi Asu dan Candi Pendem. Candi Lumbung merupakan candi hindu yang telah berdiri sejak abad ke-8.

 

  1. CANDI PENDEM

Wisata Kabupaten Magelang Candi Pendem merupakan candi hindu yang lokasinya berada di Candi Pos, Desa Sengi, Dukun, Kabupaten Magelang. Akses ke candi ini hanya bisa ditempuh dengan jalan kaki karena letaknya cukup tersembunyi di tengah sawah pertanian milik warga.

 

  1. CANDI ASU SENGI

Berkunjung ke Candi Lumbung dan Candi Pendem kurang lengkap jika anda tidak mampir ke Candi Asu. Jaraknya cukup dekat, sekitar 150 m dari Candi Pendem. Sejak ditemukan, candi ini sudah tidak beratap. Konon katanya nama asli dari candi ini adalah Candi Aso berasal dari kata Ngaso yang artinya istirahat dimana dulunya candi ini dijadikan tempat untuk beristirahat.

 

  1. PEMANDIAN KALI BENING

Magelang wisata memang tidak ada habisnya. Salah satunya adalah Pemandian Kali Bening yang terletak di Desa Payaman, Kecamatan Secang ini. Pemandian ini sempat digadang gadang menjadi waterboom terbesar di Magelang dan sekitarnya. Sayangnya proyek pembangunan pemandian ini mangkrak karena adanya kasus dan tidak dilanjutkan hingga artikel ini ditulis.

 

  1. PEMANDIAN AIR HANGAT CANDI UMBUL

Tempat wisata di Magelang selain candi sangat banyak, salah satunya adalah pemandian air hangat Candi Umbul ini. kolam pemandian ini berair tawar dan terletak di daerah Grabag, Magelang. Tempat ini menjadi favorit wisatawan karena airnya berasal dari sumber mata air segar yang hangat.

 

  1. KETEP PASS

Destinasi wisata Magelang Ketep Pass sudah terkenal bahkan sampai ke mancanegara. Terletak di Desa Ketep, Kecamatan Sawangan, Ketep Pass menawarkan sebuah wisata alam yang menyuguhkan panorama Gunung Merapi dan Gunung Merbabu secara dekat.

 

  1. AIR TERJUN KEDUNG KAYANG

Tempat wisata alam di Magelang berikutnya berupa air terjun yang juga masuk dalam wilayah Kabupaten Boyolali. Obyek wisata ini terletak di antara alur sungai Pabelan yang berhulu dari dua buah gunung yang ada di Magelang yaitu Gunung Merapi dan Merbabu.

 

  1. GARDU PANDANG BABADAN

Dekat dengan tempat wisata di Magelang Ketep Pass, Gardu Pandang Babadan menawarkan panorama pegunungan lengkap dengan sawah dan kebun yang ada di sekitarnya. Jaraknya sangat dekat dengan Gunung Merapi, sekitar 4 km saja. Tempat ini menjadi lokasi untuk mengamati aktivitas Gunung Merapi yang dilakukan oleh instansi terkait.

 

  1. AIR TERJUN SEKAR LANGIT

Tempat wisata di Magelang yang murah ini lokasinya berada di Desa Tlogorejo, Grabag, Magelang. Ketinggiannya sekitar 30 meter dengan akses yang menantang. Untuk dapat mencapai air terjunnya, anda masih harus berjalan melalui jalan setapak dan juga jembatan yang dikelilingi hutan pinus sejauh 500 meter.

 

  1. CURUG SILAWE

Wisata air Magelang yang berlokasi di Dusun Kopeng Kulon, Sutopati, Kajoran, Magelang ini letaknya cukup jauh jika dijangkau dari pusat Kota Magelang. Akses jalannya juga masih sulit dan letaknya tersembunyi. Meskipun begitu, keindahannya membuat wisatawan penasaran dan selalu ada setiap harinya wisatawan yang menyempatkan datang ke Curug Silawe ini.

 

  1. RAFTING KALI ELO DAN KALI PROGO

Di Magelang juga ada olahraga air berupa rafting yang sudah terkenal di kalangan para wisatawan. rafting di Magelang biasanya dilakukan di Sungai Elo maupun Sungai Progo. Anda bisa menyewa jasa pemandu rafting di Magelang dengan berbagai paket pilihan.

 

  1. PUNTHUK SETUMBU NIRWANA SUNRISE

Puntuk Setumbu bisa anda jadikan tempat wisata Magelang malam hari dimana anda bisa camping dengan mendirikan tenda dan menunggu sunrise tiba. Meskipun bukitnya tidak terlalu tinggi namun saat cuaca sangat cerah, tempat ini menawarkan keindahan panorama sunrise dan hamparan wilayah sekitarnya yang sangat cantik.

 

  1. PUNTHUK SUKMOJOYO

Tempat wisata daerah Magelang yang satu ini lokasinya tidak terlalu jauh dari Puntuk Setumbu. Obyek wisata ini juga menyediakan spot untuk berburu sunrise di pagi hari.

 

  1. PUNTHUK GUPAKAN BOROBUDUR

Puntuk Gupakan berada di Desa wisata Candirejo Magelang yang juga menawarkan sebuah spot untuk selfie dengan latar belakang panorama alam Borobudur dari ketinggian.

 

  1. SUNRISE POS MATI BOROBUDUR

Sunrise Pos Mati mungkin menjadi tempat wisata di Magelang yang romantis karena di tempat ini anda bisa menyaksikan keindahan sunrise di pagi hari bersama dengan pasangan. Sama halnya dengan wisata Punthuk di Magelang, tempat ini juga menawarkan panorama keindahan alam Borobudur yang dilihat dari ketinggian.

 

  1. GUNUNG ANDONG

Wisata Magelang yang bagus Gunung Andong berada di ketinggian 1726 mdpl. Lokasinya pas jika dijadikan tempat mendaki bagi para pemula. Gunung ini bertipe perisau dan terletak di Dua Kecamatan, yaitu Kecamatan Ngablak dan Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang.

 

  1. RUMAH KAMERA

Bagi anda yang doyan selfie, tentunya wisata Borobudur Magelang Rumah Kamera ini merupakan spot yang tepat. Berlokasi di Majaksingi, Borobudur, rumah ini memang cukup unik berbentuk kamera dan didalamnya terdapat koleksi lukisan milik Bapak Tanggol Angien Jatie Kusumo. Selain itu, di samping Rumah Kamera juga terdapat cafe dan museum 3D yang juga bisa anda jadikan alternatif untuk berwisata ketika berada di Magelang.

Baca Juga  Tempat Wisata di Semarang Selain Lawang Sewu yang Wajib Dikunjungi

 

  1. DESA WISATA CANDIREJO

Desa Wisata Candirejo merupakan tempat wisata di Magelang selain Borobudur yang harus anda kunjungi. Di tempat ini ada banyak sekali kegiatan yang bisa anda lakukan, seperti mengenal tradisi budaya warga Candirejo, memantau aktifitas sungai sembari menangkap ikan, melihat keindahan panorama kebun tanaman obat dan sistem pertanian tradisional sekaligus belajar menanam secara tradisional, dan juga melakukan pembelajaran mengenai alam.

 

  1. TELAGA BLEDER

Tempat wisata di Magelang yang sejuk ini berlokasi di daerah Ngasinan, Grabag. Udaranya sangat sejuk karena jauh dari perkotaan. Telaga Bleder saat ini sudah dikelola dengan baik dan direnovasi sedemikian rupa sehingga menambah daya tarik pengunjung.

 

  1. WISATA KOPENG

Objek wisata Magelang Kopeng kaya akan wisata alamnya. Di tempat ini anda bisa merasakan outbound di Kopeng Treetop ataupun menikmati kesejukan alam Kopeng di kawasan wisata Kopeng. Selain itu, jangan lupa cicipi sate dan tongseng kelinci saat berada di Kopeng ini.

 

  1. KOMPLEKS MAKAM GUNUNG PRING

Selain wisata Kopeng Magelang, Magelang juga mempunyai wisata religi berupa kompleks Makam Gunung Pring. Kompleks ini merupakan tempat peristirahatan terakhir tokoh tokoh Islam yang pernah ada di Gunungpring yang tidak pernah sepi pengunjung baik di hari libur ataupun di hari biasa.

 

  1. MASJID AGUNG MAGELANG

Tempat wisata di Magelang ini wajib anda kunjungi begitu waktu solat tiba. Letaknya berada sangat dekat dengan Alun Alun Kota Magelang dan sudah ada sejak jaman dahulu kala.

 

  1. PUNCAK SUROLOYO

Mirip dengan tempat wisata di Magelang Ketep Pass, tempat ini menyuguhkan spot untuk melihat sunrise di pagi hari. Selain terdapat gardu pandang yang terbuat dari bambu di atas pohon, tempat ini juga semakin indah dengan hadirnya taman bunga berwarna orange yang instagramable.

 

  1. DESA WISATA GRENDEN

Tempat wisata di Magelang yang wajib dikunjungi ini lokasinya cukup dekat dengan obyek wisata Ketep Pass dan Top Selfie Pinusan Kragilan. Di tempat ini anda bisa berfoto di beberapa spot yang telah dipersiapkan oleh pihak pengelola dengan latar belakang alam Magelang yang masih asri. Akses menuju ke Desa Wisata Grenden ini cukup mudah namun butuh skill mengemudi yang baik karena jalannya sangat menanjak sejak masuk gerbang sampai ke tempat parkir kendaraan.

 

  1. MUSEUM OHD MAGELANG

Museum OHD merupakan tempat wisata di Magelang Kota yang harus anda datangi. Museum ini menyajikan karya seni beberapa seniman yang unik dan membuat otak anda memainkan imajinasi. Beberapa sudut di museum ini juga cukup instragramable. Meskipun tiket masuknya sedikit mahal, namun karya yang disuguhkan sebanding dengan harga tiketnya.

 

  1. BUKIT BUJU KALIANGKRIK

Tempat wisata terbaru di Magelang ini nampaknya mirip dengan wisata punthuk di Borobudur. Seperti namanya, Bukit Buju berada di Kaliangkrik yang terletak di dataran tinggi. Bisa anda bayangkan kan kira kira wisata seperti apa yang disajikan oleh Bukit Buju ini?

 

  1. JURANG JERO SRUMBUNG

Obyek wisata Magelang dan sekitarnya berikutnya berlokasi di Kecamatan Srumbung. Dulunya, tempat ini hanya sebuah hutan pinus yang letaknya sangat dekat dengan Gunung Merapi dan jalur pertambangan pasir. Namun sekarang sudah dikelola dengan baik dan sering dijadikan lokasi untuk penyelenggaraan event event yang berkaitan dengan lingkungan.

 

  1. BUKIT BAREDE BOROBUDUR

Wisata Magelang top selfie selain Kragilan adalah Bukit Barede Borobudur  yang berlokasi di Dusun Sendaren, Karangrejo, Borobudur. Wisata ini menyuguhkan panorama alam sekitar Borobudur yang dapat anda lihat dari gardu pandang bambu yang ada di atas pohon. Selain itu, terdapat kebun bunga berwarna orange yang instagramable.

 

  1. JALAN TEMBUS PAKIS-MAGELANG

Wisata Pakis Magelang ini menawarkan pesona alam sekitar wilayah Pakis Magelang yang epic. Meskipun lokasinya benar benar berada di pinggir jalan, namun jika anda mempunyai skill fotografi yang mumpuni, anda bisa menghasilkan foto yang indah di tempat sesederhana jalan tembus Pakis-Magelang ini.

 

  1. PEMANDIAN MUDAL DI MAGELANG

Magelang memang surganya mudal atau kolam untuk berenang yang airnya bersumber dari mata air segar. Ada beberapa mudal yang terkenal di Magelang seperti Mudal yang ada di Kecamatan Sawangan dan Mudal yang ada di Dusun Ngrajek, Kecamatan Mungkid. Kesemuanya menawarkan sebuah kolam untuk berenang dengan air yang sangat jernih dan segar.

 

  1. PUNCAK GUNUNG GIYANTI WINDUSARI

Wisata Magelang Windusari yang satu ini merupakan sebuah spot untuk menikmati panorama wilayah Kecamatan Windusari dari ketinggian. Meskipun tidak terlalu tinggi, namun keindahan alamnya mampu menyihir para wisatawan sehingga betah berlama lama berada di Puncak Gunung Giyanti ini.

 

  1. ARMADA TOWN SQUARE

Sebelum berkunjung ke wisata Ketep Magelang, anda bisa mampir dulu untuk makan siang atau berbelanja di satu satunya mall yang ada di Magelang. Pusat perbelanjaan milik Armada Group ini lokasinya sangat strategis sehingga dekat dijangkau dari seluruh penjuru Kota dan Kabupaten Magelang serta wilayah Kabupaten di sekitarnya.

 

  1. PUNTHUK MANGIR GUNUNG PAYUNG TEMPURAN

Di obyek wisata ini anda juga dapat menemukan tempat wisata di Magelang hutan pinus yang cukup menarik. Layaknya punthuk yang ada di Borobudur, tempat ini juga menyajikan panorama keindahan alam Tempuran yang masih natural.

Baca Juga  Aneka Destinasi dan Tempat Wisata di Semarang Untuk Liburan Kamu

 

  1. CURUG GLEYOR WINDUSARI

Wisata alam Magelang berikutnya terletak di Kecamatan Windusari. Curug Gleyor berair jernih dan segar dan menjadi spot favorit para pecinta fotografi untuk berburu foto. Anda bisa membawa laybag yang bisa mengapung di air dan digunakan untuk bersantai di sekitaran Curug Gleyor ini sembari diabadikan dalam sebuah foto.

 

  1. EKS BAKORWIL

Obyek wisata Magelang Jawa Tengah yang satu ini merupakan tempat bersejarah yang saat ini banyak dimanfaatkan menjadi lokasi untuk menyelenggarakan event seperti pernikahan dan juga event festival. Dulunya tempat ini merupakan gedung perkantoran, namun sekarang sudah tidak lagi. Di dalam kompleks Eks Bakorwil ini juga terdapat monumen Gadjah Mada Cabang Magelang yang dulu dijadikan Kampus Universitas Gadjah Mada Cabang Magelang yang telah meluluskan ratusan mahasiswa di masanya.

 

  1. ELO PROGO ART HOUSE

Elo Progo Art House mungkin menjadi lokasi wisata Magelang terdekat dari Candi Borobudur. Letaknya berada di Desa Wanurejo, tempat ini merupakan sebuah penginapan yang tidak terpakai namun penuh dengan spot spot menarik yang instagramable. Terkadang, tempat ini juga disewa untuk mengadakan acara gathering yang dilakukan oleh kampus atau kantor kantor di Magelang dan sekitarnya.

 

  1. PENDAKIAN GUNUNG MERBABU

Wisata Magelang terdekat dari Ketep Pass ini merupakan obyek wisata favorit para pendaki. Katanya, puncak Gunung Merbabu masuk dalam daftar puncak gunung dengan view paling indah di Indonesia. Tidak heran banyak mahasiswa dan warga masyarakat pecinta alam yang sering naik turun Gunung Merbabu ini dari berbagai jalur yang tersedia untuk sekedar menikmati keindahan alam dari puncaknya.

 

  1. PENDAKIAN GUNUNG MERAPI

Nah kalau tempat wisata di Magelang dan sekitarnya yang satu ini pasti sudah sangat terkenal. Apalagi mendakinya adalah Gunung Merapi yang menjadi salah satu gunung paling aktif di Indonesia. Keindahan panorama alam dari puncak Merapi memang tidak diragukan lagi meskipun untuk mencapai puncak harus trackking di jalur berpasir yang butuh tenaga ekstra.

 

  1. GUNUNG TELOMOYO GRABAG

Tempat wisata Magelang dan sekitarnya berikut ini bisa anda daki tanpa harus berjalan kaki susah payah karena akses sampai ke puncak bisa dicapai menggunakan kendaraan. Disarankan ke Gunung Telomoyo naik motor dengan kondisi mesin yang baik agar kuat di tanjakan. Di puncak Gunung Telomoyo terdapat spot selfie yang sangat unik yang bisa anda coba.

 

  1. HUTAN PINUS MANGLI GRABAG

Wisata Magelang pohon pinus selanjutnya berada di Kecamatan Grabag. Kawasan ini sudah dikelola dengan baik oleh masyarakat sekitar dibantu dengan dinas terkait sehingga terlihat lebih terawat dan menarik minat pengunjung. Akses menuju ke obyek wisata ini juga cukup mudah.

 

  1. SENDANG MAREN SAWANGAN

Setelah mengunjungi wisata Grabag Magelang, ada baiknya anda mampir ke Sendang Maren Sawangan yang merupakan salah satu mudal terbaik di Magelang. Anda bisa berenang di kolam berair jernih dan segar di tempat ini. jangan lupa ajak teman anda beramai ramai agar suasana keakraban lebih terasa.

 

  1. KOLAM RENANG DI HOTEL YANG ADA DI MAGELANG

Tarif hotel wisata Magelang terbaru bisa dengan mudah anda temukan melalui mesin pencarian google.com. nah, di Magelang sendiri terdapat banyak sekali hotel yang menyediakan kolam renang terbuka untuk umum. Beberapa di antaranya adalah kolam renang di Hotel Puri Asri, Hotel Sriti, dan juga Hotel Grand Artos Aero Wisata, serta Hotel Trio. Setiap hotel mempunyai ciri khasnya masing masing dan tentunya fasilitas yang berbeda beda antara satu dengan yang lainnya.

 

  1. JEMBATAN PROGO BANDONGAN

Tempat wisata di daerah Magelang ini menjadi lokasi wisata yang instragramble. Meskipun hanya sebuah jembatan yang menghubungkan Kecamatan Bandongan dengan Kecamatan lain di Magelang, namun dengan skill fotografi yang mumpuni tentu akan menghasilkan sebuah foto yang epic dan bisa anda pamerkan di sosial media.

 

  1. WISATA KULINER MAKANAN KHAS MAGELANG

Berkunjung ke Magelang menjadi kurang lengkap jika anda tidak berburu wisata kuliner Magelang. Beberapa kuliner khas Magelang yang harus anda coba diantaranya adalah Sop Senerek, Kupat Tahu, dan juga Wedang Kacang. Selain itu, ada gethuk trio dan wajik week yang bisa anda jadikan oleh oleh wisata kuliner di Magelang bagi saudara maupun teman teman dekat anda.

 

  1. KEBUN BIBIT KOTA MAGELANG

Tempat wisata di Kota Magelang yang satu ini terbilang masih baru karena baru diresmikan sekitar 1 tahun lalu. Di tempat ini anda bisa menemukan berbagai macam bibit bunga dan tanaman yang dikembangkan langsung oleh ahlinya dibawah naungan dinas terkait. Bibit di Kebun Bibit Kota Magelang ini juga dijual dengan harga yang bersaing.

 

  1. PANCA ARGA
  2. MUSEUM DIPONEGORO
  3. PESONA CEMPURUNG SOWANAN NGABLAK
  4. MAKAM KYAI CHUDLORI TEGALREJO
  5. MAKAM KYAI SIROT PAYAMAN
  6. MAKAM BUKIT TIDAR
  7. MAKAM SUNAN GESENG GRABAG
  8. MAKAM KYAI MAKSUM TEMPURAN
  9. GOR SAMAPTA
  10. CURUG GRENJENGAN GIRIWARNO KALIANGKRIK
  11. CURUG WATU PLOSO BOROBUDUR
  12. AIR TERJUN SUMURAN SELOPROJO
  13. PUNCAK SEKUTO, KEMUTUK, TEMPURAN
  14. GARDU PANDANG CILANCUR KALIANGKRIK
  15. KALI SEMAWANG, WINDUSARI
  16. KOLAM RENANG MENDUT SAWITAN

Masih banyak tempat wisata di Magelang yang belum masuk ke dalam list artikel ini. Tentunya anda bisa menambahkan wisata Magelang mana saja yang belum cukup populer di kolom komentar. Bagi anda yang ingin mengetahui informasi wisata Indonesia (homepage), silahkan kunjungi website tempatwisataindonesia.id berikut. Disitu anda juga bisa menemukan beberapa tempat wisata Jogja yang bisa anda kunjungi sepulang dari Magelang.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya