Catat ! Ini Daftar 13 Makanan Khas Bengkulu Favorit

Provinsi Bengkulu merupakan sebuah provinsi yang ada di pulau Sumatra. Selain memiliki beragam destinasi wisata alam yang mempesona, Bengkulu tentunya juga memiliki macam macam makanan khas Bengkulu yang unik dan lezat. Anda penasaran apa saja makanan khas Bengkulu dan penjelasannya ? simak ulasan berikut ini:

  1. Bagar Hiu

13 Makanan Khas BengkuluBagar Hiu merupakan salah satu makanan khas dari Bengkulu yang menggunakan daging ikan hiu sebagai bahan dasarnya. Bagar hiu ini konon katanya merupakan hidangan favorit presiden Sukarno pada saat beliau mengalami masa pengasingan di Bengkulu. Hiu yang biasanya dipakai untuk memproduksi Bagar ini merupakan Hiu Jenis Punai, yang menurut informasi yang beredar hiu jenis punai ini daging ikan nya tak terlalu amis oleh karena itu sangat cocok jika diolah dengan kuah santan yang mana masak kuah santan ini merupakan salah satu ciri khas yang melekat pada makanan khas Bengkulu.

  1. Pendap

13 Makanan Khas BengkuluPendap makanan khas cukup populer di kalangan penduduk Bengkulu dan para wisatawan. Proses pembuatan pendap cukup sederhana. Makanan khas Bengkulu pendap dibuat dari bahan baku utama ikan yang diracik dengan bumbu antara lain kencur, bawang putih, cabai giling, juga kelapa muda. Setelah itu dimasak dengan dibungkus daun talas. Aroma khas dari daun talas inilah yang menghasilkan aroma khas yang menggugah selera.

  1. Gulai Kemba’ang

13 Makanan Khas BengkuluGulai Kemba’ang adalah santapan khas Bengkulu yang biasa dinikmati saat sedang buka puasa. Makanan khas dari muko-muko ini sepintas seperti tengkleng makanan khas Solo. Hidangan ini dibuat dari bahan bakuiga sapi yang diolah dengan racikan bumbu yang khas dengan cita rasa gurih. Jika anda ingin mencicipi makanan khas Bengkulu Utara ini anda bisa berkunjung ke kawasan Medan Jaya Ipuh di Kabupaten Muko-Muko.

Baca Juga  6 Kuliner Khas Sumedang Enak Yang Paling Direkomendasikan

  1. Lema

Makanan khas Bengkulu lema ini dibuat dengan proses fermentasi. Sehingga jangan heran bila anda akan mencium aroma menyengat ketika menyantap hidangan ini. Hidangan ini dibuat dari adonan rebung yang dicampurkan dengan ikan air tawar. Lalu adonan tersebut dikemas dengan daun pisang lalu dibiarkan hingga beberapa hari. Untuk mencicipinya anda dapat berkunjung ke Kabupaten Renjang.

  1. Tempoyak Ikan Patin

Makanan khas Bengkulu tempoyak memang sering kita temukan di Pulau Sumatra. Namun di Bengkulu ini tempoyak dijadikan sebagai campuran untuk memasak ikan patin. Bagi anda yang tidak tahu, tempoyak ini adalah fermentasi dari durian. Meskipun baunya menyengat rasanya begitu nikmat. Hidangan ini juga merupakan salah satu hidangan favorit warga Bengkulu, karena memang umumnya orang Minang sangat menggemari tempoyak.

  1. Gulai teghung

Makanan khas Bengkulu Selatan ini adalah gulai yang terdiri dari beragam bahan seperti unji,  terong, tighau atau jamur, gerigit, dan ikan salai atau ikan panggang. Jika tak ada kedua ikan itu, dapat juga menggunakan ikan segar yang digoreng terlebih dulu lalu dimasukkan ke dalam gulai. Terongatau teghung yang dipakai dalam sajian ini biasanya adalah terong bulat. Bagi penggemar petai, sedap juga hidangan ini ditambah petai.

  1. Gulai lepang

Hidangan yang satu ini juga merupakan makanan khas Bengkulu selatan. Gulai lepang atau timun merupakan gulai yang dibuat dengan bahan utama lepang atau mentimun yang telah dimasak. Timun yang digunakan ini bukan timun yang biasa untuk lalapan melainkan timun besar yang telah matang atau penduduk sekitar menyebutnya lepang dusun. Biasanya makanan khas Bengkulu ini juga ditambahkan dengan ikan salai atau ikan panggang atau bisa juga dicampur sarden.

Baca Juga  Menikmati Pisang Epe di Pantai Losari Makassar

 

  1. Kue Tat

Kue Tat ini merupakan makanan ringan khas Bengkulu yang menarik dan unik. Pada dasarnya kue ini sama seperti kue bolu. Kue ini akan sering anda temukan pada saat idul fitri karena mayoritas masyarakat akan membuat kue ini. Resep makanan khas Bengkulu yang ini cukup sederhana namun  untuk membuatnya membutuhkan keahlian. Biasanya kue ini diberi tambahan, kelapa parut, nanas atau gula merah untuk menambah cita rasanya.

  1. Rebung Asam Undak Liling

Makanan khas provinsi Bengkulu ini menggunakan rebung atau batang bumbu muda sebagai bahan dasarnya. Proses pengolahan hidangan ini dapat dibilang  memakan waktu cukup lama, karena batang rebung harus direndam sampai berhari hari terlebih dahulu. Setelah itu rebung dimasak gulai kemudian dicampurkan dengan liling yaitu siput sawah berwarna hitam.

  1. Lepek Binti

Jika di bandung ada makanan khas Bandung bandros yang cukup populer, di Bengkulu disaingi oleh lepek binti. Lepek binti adalah salah satu makanan khas kota Bengkulu. Lepek binti cukup digemari masyarakat kota Bengkulu sebagai menu berbuka puasa. Dalam pembuatannya Lepek binti dihangatkan terlebih dahulu di dalam bungkusan daun pisang. Bahan yang digunakan untuk membuat lepek binti antara lain adalah garam, tepung ketan, dan santan yang diisi gilingan daging sapi dicampur racikan bumbu di dalamnya. Bumbu tersebut biasanya terdiri dari lengkuas dan daun salam.

  1. Kue Perut Punai

Punai sebenarnya merupakan nama salah satu jenis burung di Bengkulu. Namun jangan anda sangka bahwa kue ini menggunakan burung punai sebagai bahan utamanya. Kue perut punai merupakan kue yang dibuat dengan bahan seperti kue pada umumnya saja. Diberi nama demikian karena memang bentuk makanan khas daerah Bengkulu yang satu ini menyerupai perut burung punai.

Baca Juga  Berswafoto Hingga Wisata Kuliner di Sudirman Street Bandung

  1. Gulai Bungo Sesilo

Gulai bunga pepaya  atau bungo sesilo sangat digemari masyarakat yang menyukai makanan pahit. Bunga pepaya ini dapat anda temukan dijual di pasar. Rasanya pahitnya dihilangkan dengan direbus bersama daun jambu klutuk/ jambu biji atau bisa juga daun jambu monyet. Dapat juga dicampurkan daun pakis/ paku untuk mengurangi rasa pahit bunga papaya tersebut. Makanan khas Bengkulu ini akan terasa sangat lezat jika ditambahkan ikan teri Palembang dan dinikmati bersama ikan goreng dan sambal terasi.

  1. Manisan Terong

Nama makanan khas Bengkulu yang satu ini pasti terdengar tak lazim di telinga anda. Bila terong umumnya dimasak dengan disayur atau digoreng. Warga Bengkulu menjadikan terong sebagai manisan. Terong ungu dicampur dengan gula pasir lalu didiamkan beberapa waktu. Rasa yang kenyal dan manis membuat sebagian orang mengatakan rasanya mirip dengan buah kurma. Kemiripan dengan kurma inilah yang membuat makanan khas Bengkulu dan resep nya yang satu ini sangat diminati masyarakat. Karena manisan terong ini cukup bertahan lama, maka kudapan ini sangat cocok untuk anda jadikan oleh oleh bagi Keluarga di Rumah.

Nah itu tadi ulasan mengenai makanan khas Bengkulu beserta gambar nya yang dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin berwisata kuliner di daerah ini.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya