Jangan Lupa Tips-Tips Ini Ketika Akan Backpacker Ke Jepang

Pernah punya keinginan backpacker ke Jepang ngga ?. Negara Jepang merupakan tempat destinasi wisata yang terbilang cukup populer setiap tahunnya. Selain karena budaya dan adatnya yang menarik, Jepang juga memiliki 4 musim, juga tata letak kota yang sangat indah, destinasi wisata yang sangat menarik, dan masih banyak lainnya.  Sayangnya, untuk berlibur ke negeri Sakura ini, harus mengoceh kantong yang tidak sedikit.  Namun, kamu tak perlu kuatir, karena disini akan dibahas mengenai tips-tips jika kamu ingin mencoba menjelajah ke negara ini.

Tips-Tips Ini Ketika Akan Backpacker Ke Jepang

 

Bikin Paspor dan Visa

Persiapkan Paspor

Hal wajib sebelum kamu akan melakukan backpacker ke Jepang ataupun ke luar negeri adalah harus mempunyai Paspor dan Visa.  Nah, untuk mengurusnya, kamu harus membuat paspor terlebih dahulu yang bisa kamu urus di kantor imigrasi.  Akan lebih baik jika kamu membuat e-paspor atau jika kalian sudah punya paspor biasa, silahkan bisa mengupgradenya.  Setelah itu, kamu harus membuat Visa sebagai syarat travelling ke Jepang di website kedutaan Jepang.  Proses pembuatannya cukup mudah dan simpel kok, asalkan syarat-syaratnya terpenuhi.

Buat Itinerary Liburan ke Jepang

backpacker ke jepang

Jangan lupa untuk membuat Itinerary

Sebelum kamu melakukan backpacker ke Jepang, sebaiknya kamu membuat itinerary perjalanan kamu.  Jangan lupa juga untuk membuat itinerary persiapan, sehingga jika ada kondisi yang tidak memungkinkan, kamu masih punya planning kedua agar tidak overbudget.  Ini merupakan hal yang sangat vital ya, jadi buatlah sedetail mungkin.  Apa saja isi itinerary ? isinya mencakup semua destinasi tempat wisata yang akan dituju, transportasi, biaya masuk, sistem pembayaran, tempat menginap dan juga aktivitasmu.  Misalnya kamu ingin berlibur ke kota Tokyo selama 4 hari dan dilanjutkan ke kota Nikko selama 2 hari, kamu sudah mencantumkan biaya pengeluaranmu selama disana seperti apa.

Baca Juga  Catat! Rekomendasi 10 Tempat Wisata di Jepang Untuk Para Backpacker

Cek Harga Tiket Pesawat Jauh Hari Sebelum Kamu Berangkat

Cari harga promo

Tentunya kamu harus sering mengecek jadwal penerbangan maskapai tujuan Jepang jauh-jauh hari untuk mendapatkan harga tiket murah.  Untuk maskapai penerbangan yang recommended yaitu Air Asia.  Perlu diketahui untuk maskapai Air Asia, promo besar-besaran biasanya jatuh 1 tahun atau 1 bulan sebelum perjalanan.  Jadi, sering-sering ya mengecek jadwal penerbangan maskapai yang kamu pilih.

Cek Juga Kondisi Permusiman yang Sedang Terjadi di Jepang.

Lihat musimnya

Biasanya harga tiket promo gencar-gencarnya tiba ketika low season di Jepang, yaitu pada musim panas (Juni-Agustus) dan musim dingin (Desember-Februari), namun jangan pada saat liburan akhir tahun ya, karena dipastikan harga tiket sangat meroket.  Selain itu, dengan mengecek permusiman di Jepang, kamu juga bisa mempersiapkan pakaian yang akan kamu bawa saat backpacker ke Jepang.

Penukaran Mata Uang

Tukar mata uang

Untuk menukar mata uang, kamu harus mencari timing yang tepat sebelum menukarnya di money changer ataupun bank.  Tukarkan Rupiah ke Yen sesuaidengan itinerary yang sudah kamu buat ya, bisa juga menukar mata uang Rupiah ke Dollar untuk jaga-jaga, karena ada beberapa tempat penginapan maupun restoran yang hanya menerima Dollar saja.

Jangan Lupa Membeli Japan Rail Pass.

Salah satu hal wajib lainnya yang harus dimiliki ketika kamu backpacker ke Jepang adalah membeli Japan rail pass.  Karena transportasi di Jepang terbilang mahal, kamu hanya memerlukan kartu sakti ini untuk dapat bepergian ke kota sesuai dengan tujuan kamu dan juga tentunya menikmati kereta lokal, ekspress sampai Shinkansen dengan mode hemat.

Itulah beberapa tips yang kamu harus persiapkan sebelum backpacker ke Jepang ya.  Jangan lupa juga untuk menikmati Onogiri asli dari Jepang dan wisata-wisata indah lainnya disana. Lebih fleksibel kalau kamu memilih untuk backpacker, daripada memilih travel perjalanan, asalkan bisa mengatur akomodasi sesuai dengan itinerary yang sudah kamu buat.

Baca Juga  5 Tips Liburan ke Jepang Untuk Pertama Kali

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya