6 Kuliner Khas Sumedang Enak Yang Paling Direkomendasikan

Kuliner khas Sumedang ini memang memiliki cita rasa yang sudah tak diragukan lagi. Ada banyak sekali pilihan alternatif menu makanan yang nantinya bisa dicoba saat berkunjung ke kota Sumedang. Buat Anda yang sudah pernah ke Sumedang, pastinya akan sangat familiar sekali dengan beberapa nama makanan di bawah ini, sementara itu buat Anda yang masih belum pernah ke Sumedang, tak ada salahnya apabila Anda menyempatkan mencicipi semua jenis makanan kuliner khas dari daerah ini. Kira – kira apa saja kuliner enak asli Sumedang yang harus Anda coba? Di bawah ini adalah beberapa makanan enak kawasan ini yang paling kami rekomendasikan untuk Anda, salah satunya adalah tahu sumedang yang sangat khas dan populer.

6 Kuliner Khas Sumedang Enak Yang Paling Direkomendasikan

 

Ubi Cilembu Sumedang

kuliner khas sumedang

Ubi Cilembu Sumedang. Photo : beritaplatmerah.com

Ubi cilembu di Sumedang ini pastinya berbeda dengan ubi yang ada pada umumnya, sebab ubi cilembu mirip dengan ubi madu. Ubi cilembu adalah makanan khas Sumedang yang asalnya dari kecamatan Pamulihan, Tanjungsari. Ubi cilembu ini memiliki satu keunikan yakni berupa hasil getah yang meleleh dan memiliki rasa manis juga lengket seperti madu pada saat dipanggang dalam oven. Ketika digigit pun rasa manisnya sangat lezat di lidah dan teksturnya pun pulen serta lembut, sehingga cocok banget untuk Anda nikmati bersama keluarga tercinta.

Soto Bongko Sumedang

Soto Bongko Sumedang. Photo : Iki.co.id

Soto bongko ini memiliki arti sebagai bungkusan besar. Soto bongko tersebut disajikan bersama lontong yang diletakkan di dalam bungkusan besar. Selain itu, soto bongko juga disajikan bersama potongan tahu kuning dan tauge, serta siraman kuah kari santan yang lezat, bahkan ditambahkan juga dengan taburan bawang goreng, sehingga menjadikan soto bongko ini memiliki rasa yang sempurna.

Baca Juga  Tempat Nongkrong Paling Populer di Kalangan Mojank Bandung

Tahu Khas Sumedang

Tahu Khas Sumedang. Photo : foody.id

Ini juga jadi kuliner khas Sumedang yang paling populer dan paling direkomendasikan. Tahu sumedang di kota Sumedang tersebut terbuat dari bahan dasar kacang kedelai yang diberikan bumbu lalu alami proses pengolahan sedemikian rupa, sehingga hasilkan sajian kuliner berupa camilan yang rasanya sangat khas. Tekstur dari tahu satu ini adalah lembut di bagian dalamnya dan terasa sangat gurih, apalagi jika dinikmati pada saat masih panas.

Oncom Khas Sumedang

Oncom Khas Sumedang. Photo : –

Kuliner khas Sumedang yang selanjutnya ini asalnya dari desa Pasireungrit, Paseh. Oncom sebagai salah satu makanan paling populer di Jawa Barat, bahkan juga sudah go international. Apabila oncom biasanya dibuat dari ampas tahu, lain halnya dengan oncom di Sumedang ini yang dibuat dengan ampas ketela yang dicampurkan dengan olahan kacang tanah. Semakin banyaknya kacang tanah yang dicampurkan ke dalam oncon, maka rasanya pun akan jadi semakin lezat.

Tape Singkong

Tape Singkong Sumedang. Photo

Singkong yang menjadi bahan dasar pembuatan tape singkong Sumedang tersebut adalah jenis singkong mangu atau pun singkong mentega, sehingga cita rasanya jadi khas dan tak tertandingi lagi. Cara pembuatannya pun cukup mudah, dan salah satu hal yang paling menariknya lagi adalah tape singkong saat ini sudah diinovasikan jadi berbagai varian rasa serta dikemas dalam kemasan yang lebih menarik lagi, dan pastinya sangat layak untuk dijadikan sebagai oleh – oleh khas Sumedang.

Opak Ketan Sumedang

Opak Ketan Sumedang. Photo : opakketanbakar.blogspot.com

Opak ketan sendiri juga jadi kuliner khas Sumedang yang tak boleh dilewatkan begitu saja. Berbagai olahan opak tersaji di seantero Sumedang, tetapi yang paling populer adalah opak ketan Sumedang. Jenis opak ketan yang paling banyak diburu masyarakat lokal atau pun wisatawan adalah opak cimanggung dan opak conggeang.

Baca Juga  Rekomendasi Hotel Terbaik dan Termurah di Bandung

Nah, itulah beberapa kuliner asli Sumedang paling direkomendasikan. Dengan melihat beberapa makanan kuliner khas Sumedang tersebut pastinya akan memberi pemahaman kepada kita semua bahwasannya setiap daerah di Indonesia mempunyai makanan khas yang berbeda – beda. Dan ini adalah suatu bukti bahwa Indonesia kaya akan sajian kulinernya yang menggugah selera.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya