10 Gunung Paling Berbahaya di Dunia Untuk Didaki

Di berbagai belahan dunia, terdapat banyak sekali gunung yang tersebar yang menjadi tempat favorit bagi para pecinta adventure dan olahraga mendaki gunung. Banyak sekali pendaki yang menginginkan pengalaman yang lebih menantang dengan mendaki gunung yang belum pernah di daki sebelumnya. Namun, disini anda akan dijelaskan tentang 10 gunung paling berbahaya di dunia sehingga bisa menjadi pertimbangan sebelum anda berangkat melakukan pendakian. Memang, diantara beberapa gunung yang masih aktif seperti di Indonesia bisa di daki dan tentunya memiliki sejuta pesona. Tetapi, ada pula gunung yang berbahaya karena memiliki tekstur tanah yang tajam, berbatu dan juga bersalju.

Lalu, gunung apa sajakah yang masuk dalam kategori 10 gunung paling berbahaya di dunia? Berikut kesepuluh daftar yang perlu anda ketahui.

 

1. Gunung Fuji di Jepang

Gunung Fuji di Jepang

Gunung Fuji ini pasti sudah anda ketahui letaknya yaitu di Jepang. Gunung ini memiliki ketinggian 12,338 ft. Memang Fuji bukan termasuk dalam kategori gunung tertinggi, namun sangat mematikan. Di kaki gunung Fuji terdapat Lautan Pohon Pinus yang tidak terkena aliran lahar pada saat letusan besar pada tahun 1.707. Tempat ini dianggap keramat dan berhantu serta dihuni binatang liar.

 

2. Annapurna, Nepal Tengah

Gunung Annapurna

Gunung ini terletak di Nepal bagian tengah dengan ketinggian 26,545 ft yang masuk dalam kategori 10 gunung tertinggi di dunia bahkan 10 gunung paling berbahaya untuk didaki. Salju di gunung ini sangat rawan longsor disertai angin yang sangat ganas. Tingkat kematian pendaki di gunung ini pun tak tanggung-tanggu hingga mencapai 41 persen (53 pendaki tewas) sehingga mendapatkan urutan pertama untuk korban tewas terbanyak.

Baca Juga  Ranu Kumbolo, Danau Termahsyur di Tanah Semeru

 

3. Gunung Kangchenjunga, Perbatasan India – Nepal

Gunung Kangchenjunga, Perbatasan India – Nepal

Gunung Kangchenjunga terletak di perbatasan antara Nepal dan India yang merupakan salah satu gunung paliing mematikan dengan hawa dingin yang ekstrim dan saljunya yang sering longsor. Gunung ini memiliki ketinggian 28,169 ft dan pernah di muat dalam novel James Bond.

 

4. Gunung Everest, Perbatasan Nepal – China

Gunung Everest, Perbatasan Nepal – China

Siapa yang tidak tahu tentang gunung tertinggi di dunia ini? Jika membayangkan betapa tingginya gunung yang satu ini kita mungkin akan berfikir bahwa gunung Everest merupakan yang paling bahaya dan menelan paling banyak korban jiwa. Tapi siapa sangka gunung yang memiliki ketinggian 29,029ft atau yang tertinggi di dunia hanya memiliki tinggat kematian pendaki sebesar 9% padahal setiap tahunnya gunung ini sangat ramai di daki setiap tahunnya.

 

5. Gunung Nanga Parbat, Kashmir

Gunung Nanga Parbat, Kashmir. Photo : summitpost.org

Gunung Nanga Parbat terletak di Kashmir yang memiliki ketinggian 26,657 ft. Ini masuk dalam kategori 10 gunung paling berbahaya di dunia karena telah memakan korban sebanyak 31 orang dan akhirnya puncaknya berhasil dicapai oleh seseorang bernama Herman Buhl. Kenapa gunung ini berbahaya? Hal ini disebabkan sisi gunung yang memiliki tekstur batu dan bersalju.

 

6. Gunung Denali, Alaska

Gunung Denali, Alaska

Gunung ini terletak di Negara Bagian Alaska yang memiliki ketinggian mencapai 20,320 ft yang masih jauh lebih rendah dibandingkan dengan gunung-gunung yang di Indonesia. Namun, tekstur kombinasi antara garis lintang di gunung ini dengan ketinggiannya menyebabkan banyak pendaki yang jatuh sakit. Selain itu, gempa bumi pun sering terjadi di sana.

Baca Juga  Cara Menyiasati BAB Saat Naik Gunung

 

7. Siula Grande, Peruvian Andes

Siula Grande, Peruvian Andes. Photo : mountain-forecast.com

Gunung ini terletak di Peruvian Andes dengan ketinggiannya 20,814 ft. Pendakian secara vertikal di gunung ini pernah diabadikan dalam sebuah film. Hawa dingin dan bersalju ditambah dengan curamnya tekstur sisi gunung membuatnya sangat berbahaya untuk didaki.

 

8. Gunung Washington, New Hampshire

Gunung Washington

Gunung ini terletak di New Hampshire. Memiliki ketinggian 6,288 ft, gunung ini berbahaya sekali untuk didaki karena sering terjadi hujan es dan angin kencang serta perubahan cuaca yang bisa terjadi dengan sangat cepat. Telah terdapat kasus sebanyak 100 kematian pendaki di gunung tersebut.

 

9. K2, Perbatasan China – Pakistan

K2, Perbatasan China – Pakistan. Photo : thoughtco.com

Gunung tertinggi ke dua setelah Mount Everest ini terletak di perbatasan China dan Pakistan dengan ketinggian 28,251 ft. K2 dikenal berbahaya bagi pendaki perempuan karena kebanyakan dari mereka tewas disana. Misteri ini pun berhasil dipecahkan oleh pendaki perempuan pertama yang berhasil mencapai puncaknya yaitu EdurnePasaban pada tahun 2004.

 

10. The Matterhorn, Perbatasan Swiss – Italia

The Matterhorn, Perbatasan Swiss – Italia

Gunung yang terletak di perbatasan Italia dan Swiss ini memiliki ketinggian 14,691 ftdan sangat populer. Mengapa berbahaya? Para pendaki yang bersemangat seringkali menyebabkan tanah-tanah dan batu menjadi runtuh dan sangat berbahaya bagi pendaki yang berada di bawahnya.

Setelah melihat daftar diatas, apakah anda masih ingin bertualang ke gunung-gunung tersebut? Demikian tentang 10 gunung paling berbahaya di dunia. Semoga menjadi pelajaran dan pengetahuan untuk anda.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya