Tips Memilih Sepatu Gunung Yang Benar

Sensasi menantang gunung-gunung tinggi di Indonesia menjadi suatu hal yang sangat memacu andrenalin. Keindahan alam yang ditawarkan di atas gunung membuat banyak orang yang melihatnya tidak pernah bosan sehingga mereka akan selalu datang lagi dan lagi. Namun, untuk dapat merasakan sensasi tersebut, para pendaki haruslah pintar memilih sepatu gunung selain mempersiapkan fisik dan mental yang kuat. Ya, perlengkapan mendaki gunung menjadi salah satu hal penting mengingat apa yang dihadapi dalam pendakian adalah alam yang liar.

Salah satu perlengkapan mendaki yang penting adalah sepatu gunung. Medannya yang berat dan penuh rintangan menuntut pendaki harus memiliki sepatu yang kuat di tengah-tengah medan yang sulit diperkirakan. Beberapa hal penting yang memang harus diperhatikan dalam memilih sepatu gunung untuk mendaki ini yakni sol sepatu, jenis sepatu dan lain sebagainya. Sepatu gunung yang memiliki kualitas terbaik akan melindungi kaki agar tidak terjadi cidera yang parah ketika melakukan pendakian. Maka dari itu, kali ini akan dibahas terkait hal-hal apa yang harus diperhatikan sebelum membeli sepatu gunung.

 

1. Sesuaikan Jenis Sepatu Gunung Dengan Kebutuhan dan Medan pendakian

Sepatu Gunung

Ketika memilih sepatu untuk mendaki, hal yang pertama harus dipertimbangkan adalah untuk apa sepatu tersebut akan digunakan. Sebab ada beberapa jenis sepatu gunung yang banyak beredar, yakni sepatu dengan leher panjang, leher sedang dan leher pendek. Dan semua jenis sepatu tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Untuk Anda yang ingin mendaki gunung dengan medan yang tidak terlalu berat atau mungkin hanya untuk sekedar aktivitas outdoor, maka sepatu gunung dengan leher pendek merupakan pilihan yang tepat. Namun, untuk medan yang berat sangat tidak dianjurkan untuk memakai sepatu gunung ini. Sebab, lehernya yang pendek membuatnya tidak bisa melindungi mata kaki Anda dengan baik sehingga menyebabkan lecet dan cidera.

Baca Juga  Cara Menyiasati BAB Saat Naik Gunung

 

2. Perhatikan Dengan Baik Bahan Sepatu

Hindari sepatu berbahan kanvas

Dalam memilih sepatu gunung, hal selanjutnyayang harus diperhatikan adalah bahan. Bahan yang digunakan haruslah nyaman untuk perjalanan jauh dengan medan yang terjal. Perlu diketahui bahwa bahan sepatu yang paling baik untuk mendaki berasal dari kulit sintesis. Hal ini dikarenakan bahan tersebut memberikan sirkulasi udara yang baik untuk kaki. Kemudian, hindari sepatu gunung yang menggunakan bahan karet ataupun kanvas karena sifatnya yang mudah robek. Sepatu gunung yang baik juga harus memiliki sifat anti air atau waterproof sehingga meskipun medan dalam keadaan tidak baik, sepatu dapat terus nyaman untuk digunakan.

 

3. Perhitungkan Kekuatan Sol Sepatu

Perhitungkan Kekuatan Sol Sepatu

Sol sepatu menjadi pertimbangan yang penting dalam memilih sepatu gunung mengingat medan pendakian tidak memungkinkan untuk ditempuh dengan sol sepatu biasa. Sebaiknya saat memilih sepatu gunung, pilihlah sol yang memiliki punggung tinggi. Sol yang sedemikian akan membuatnya mudah menancap pada permukaan tanah sehingga akan lebih memudahkan proses pendakian. Kemudian, memilih jahitan yang kuat serta bentuk yang mengikuti kaki dapat memberikan rasa yang nyaman saat perjalanan. Hal ini sangat penting karena banyak kecelakaan terjadi diatas gunung salah satu penyebabnya ialah kurang diperhatikannya sol sepatu. Jika anda memakai sepatu lama yang solnya sudah agak aus atau terdapat banyak patahan, lebih baik untuk segera menggantinya dengan yang baru.

 

4. Ukuran Sepatu Gunung Jangan Terlalu Pas di Kaki

Ukuran Sepatu Gunung Jangan Terlalu Pas di Kaki

Ketika memilih sepatu terbaik, alangkah baiknya jika menggunakan ukuran yang lebih longgar daripada biasanya. Hal ini sangat dianjurkan agar pendaki tidak merasa sakit atau lecet saat memakainya. Selain ukuran yang lebih longgar, penggunaan kaos kaki juga akan membuat kaki menjadi lebih nyaman dan tidak mudah lecet. Terkadang jika anda mendaki gunung yang cukup dingin dibutuhkan 2 kaos kaki untuk menjaga kaki agar tetap hangat.

Baca Juga  10 Gunung Paling Berbahaya di Dunia Untuk Didaki

Demikian ulasan terkait hal-hal yang harus diperhatikan dalam memilih sepatu gunung yang baik dan benar. Semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang berencana melakukan pendakian. Jangan lupa untuk menyesuaikan jenis dan merk sepatu dengan dana yang sudah anda siapkan.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya