Rekomendasi Tempat – tempat Wisata di Lombok

Berlokasi dekat dengan Pulau Dewata Bali memiliki keuntungan sendiri bagi Pulau Lombok. Akses yang mudah di jangkau serta informasi yang semakin lengkap menjadikan tempat wisata di Lombok menjadi semakin populer. Tidak heran jika setiap tahunnya wisatawan yang melancong ke destinasi yang sedang naik daun ini terus bertambah. Hal ini didukung oleh akomodasi yang ditawarkan di Lombok tidak kalah “wah” nya dengan bali sehingga menjadikan turis baik domestik maupun mancanegara terus saja kembali ke tempat ini 2-3x karena Faktor X wisatanya.

Inilah 10 Tempat Wisata di Lombok Yang Paling Populer

Lombok seakan tidak kehabisan obyek wisata yang dapat membuat kamu ingin kembali lagi kesana. Pulau dengan pendapatan terbesar dari sektor wisata ini siap menyajikan Gunung Rinjani yang tersohor itu, wisata pantai yang bersih dengan pasir putih dan air laut yang sebening kristal. Tak hanya itu, tersedia pula berbagai kuliner khas Pulau Lombok yang siap memanjakan lidah bagi kamu yang doyan makan. Apa saja yang bisa kamu temukan di tempat ini? Yuk kita ulas bareng-bareng 🙂

 

1. Pantai Kuta di Lombok Selatan

Pantai Kuta di Lombok Selatan. Photo : andrejandkarenbrummer.com

Mungkin kamu berfikir ini Pantai di Bali, namun kali ini anda salah. Pantai yang indah ini berada di Lombok tepatnya 56KM jarak tempuh dari kota Mataram yang membutuhkan waktu perjalanan sekitar 90 menit. Pantai yang unik yang oleh warga sekitar dijuluki si pantai merica karena memang pasir putihnya yang sehalus merica. Jika anda berkunjung ke salah satu pantai terindah di Lombok ini, jangan heran jika anda hanya melihat sedikit pengunjung karena memang obyek wisata ini belum banyak dikenal oleh masyarakat luas. Jadi jika anda ingin berlibur ke pantai yang memberikan suasana yang intim, jadikan tempat luar biasa ini sebagai alternatif pertama.

Baca Juga  Rekomendasi 10 Tempat Wisata Terindah di Indonesia

 

2. Pantai Senggigi di Lombok Barat

Pantai Senggigi di Lombok Barat

Yang satu ini mungkin sudah familiar karena merupakan tempat wisata di Pulau Lombok yang paling terkenal untuk kategori laut. Pantai Senggigi terletak di pesisir barat Pulau Lombok yang bagi kebanyakan orang yang sudah berkunjung kesana mengatakan bahwa pantai ini merupakan Pantai Kuta Bali versi kecil.

Banyak aktifitas yang bisa kamu lakukan di Pantai Senggigi seperti snorkeling, bermain bersama ombak yang tidak begitu besar, menikmati mandi matahari dan masih banyak lagi. Bagi anda yang ingin merasakan menginap di pantai ini, jangan ragu karena banyak hotel yang menawarkan akomodasi terbaik yang ada di Pulau Lombok dan pastinya harganya pun cukup terjangkau.

 

3. Gugusan Gili Lombok (Gili Meno, Gili Air, dan Gili Trawangan)

sdalah satu gili di Lombok. Gili Trawangan. Photo : pearloftrawangan.com

Gugusan 3 Gili Lombok yang sudah mendunia. Tersusun dari 3 pulau eksotis yang menjadi tujuan banyak turis asing yang berkunjung ke Pulau Lombok. Butuh suasana tenang dan sunyi? Gili Meno solusinya! Pantai yang cocok bagi anda yang membutuhkan ketenangan sambil menikmati suara ombak. Sementara buat kamu yang ingin liburan keluarga, Gili Air adalah pilihan terbaik karena merupakan Gili yang paling dekat dengan Lombok sehingga keramahan penduduk lokal masih sangat terasa. Dan untuk yang ingin liburan All-Out datanglah ke Gili Trawangan, Gili yang memiliki pengunjung paling padat karena menyajikan semua yang kamu butuhkan jika berbicara pantai dan laut. Di Gili Trawangan kamu akan menemukan pantai yang bersih berhias pasir putih yang bersih pula serta air laut sebening kaca. Tak cukup sampat disitu saja, bagi yang hobby snorkeling ataupun diving, Gili Trawangan hadir dengan kehidupan bawah laut yang khas.

Baca Juga  10 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia Untuk Para Pendaki

 

4. Surfing di Lombok Desert Point

Lombok Desert Point

Mau tes skill surfing mu? Walaupun belum se-ekstrim pantai Plengkung di Banyuwangi, Lombok Desert Point merupakan spot khusus di Pulau Lombok yang telah diakui dunia sebagai salah satu pantai dengan ombak terganas di Indonesia. Untuk mencapai tempat wisata di Lombok yang satu ini kamu bisa mengambil rute perjalanan menaiki Ferry dari Bali ke pelabuhan Lembar. Dari pelabuhan Lembar perjalanan dilanjutkan menggunakan mobil dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam.

 

5. Pantai Selong Belanak di Kabupaten Lombok Tengah

Pantai Selong Belanak. Photo : sunshineseeker.com

Setelah dari selatan dan barat, kita sedikit mengarah ke tengah menuju ke pantai Selong Belanak. Seperti wisata pantai Lombok pada umumnya, di pantai ini anda juga akan disuguhkan pasir putih yang bersih khas pulau ini. Hal yang sedikit membedakan adalah ketika pasir di pantai ini terkena air laut maka seketika itu juga pasir akan mengeras. Jadi jangan heran jika anda berkunjung ke pantai ini dan melihat kendaraan lalu lalang tanpa dosa di bibir pantai.

 

6. Pantai Sire di Lombok Utara

Pantai Sire di Lombok Utara. Photo : tuguhotels.com

Sire merupakan pantai yang terbilang istimewa di Lombok. Banyak hal yang bisa kamu lakukan di garis pantai yang panjangnya hampir mencapai 4KM ini seperti snorkeling, bermain kano, berenang hingga memancing. Yang membuat pantai ini menjadi sangat istimewa adalah kamu dapat menikmati keindahan Gunung Rinjani ketika cuaca sedang cerah. Jika kamu berkunjung kesini dan lupa atau bahkan tidak membawa alat tempur untuk berlibur ke pantai kamu bisa menyewanya di persewaan yang banyak ditemukan di sepanjang jalan di sekitar pantai ini.

 

7. Taman Narmada

Taman Narmada Lombok. Photo : Kompas

Taman yang tepatnya berada di Desa Lembuak, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat atau sekitar 10KM dari Kota Mataram yang memiliki luas kurang lebih 2 hektar. Taman ini dibangun oleh Raja Mataram sekitar tahun 1727 yang diperuntukkan sebagai tempat upacara Pakelem dan sebagai tempat peristirahatan keluarga raja saat musim kemarau.

Baca Juga  10 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia Untuk Para Pendaki

 

8. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak.

Ketika mendengan kalimat Danau Segara Anak kamu mungkin berpikir bahwa kita berada di pulau Sempu Malang, tapi maaf kamu salah lagi. Danau yang menjadi tempat wisata di Lombok yang wajib di kunjungi ini berada di kawah gunung Rinjani. Air nya yang berwarna biru persis dengan warna air laut menjadikan sebagian percaya bahwa danau ini masih bagian dari laut. Jika anda kebetulan mendaki gunung Rinjani, sempatkanlah 1 malam untuk menginap di tepi danau ini.

 

9. Air Terjun Sendang Gile di Lombok Tengah

Air Terjun Sendang Gile

Jika kamu suka ngopi, tidak ada salahnya berkunjung ke air terjun Sendang Gile. Menikmati kopi dengan sejuknya alam sambil melihat air terjung yang mebgalir dari ketinggian 45 meter. Dalam perjananan mencapai Sendang Gile anda akan berhadapat dengan hutan yang cukup lebat yang masih bagian dari Taman Nasional Gunung Rinjani. Karena letaknya cukup dekat dengan pintu wisata Lombok yaitu kira0kira 15 menit berjalan kaki, air terjun Sendang Gile ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Terlebih lagi medannya terbilang tidak cukup berat sehingga cocok untuk dijadikan pilihan liburan bersama keluarga.

 

10. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Gunung berapi tertinggi kedua di Indonesia dengan ketinggian 3.726 meter diatas permukaan laut yang menjadi ikon kota Lombok. Gunung yang banyak di buru oleh para pendaki dari seluruh nusantara bahkan pendaki dari luar negeri berbondong-bondong datang untuk mendaki gunung ini. Di atas Gunung Rinjani kamu akan disambut oleh sejuknya dana Segara Anak. Untuk mencapai puncak Rinjani, ada 3 jalur pendakian yang bisa kamu pilih yaitu jalur Senaru, jalur Sembalun, dan jalur Torean yang ketiganya memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Sangat disarankan menginap setidaknya 1 malam untuk menikmati sunrise di puncak gunung Rinjani.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya