Rekomendasi 10 Tempat Wisata Terindah di Indonesia

Rekomendasi 10 Tempat Wisata Terindah di Indonesia – Dengan 18.330 pulau dengan 6.000 pulau yang berpenghuni, Indonesia adalah negara kepulauan terbesar di dunia. Indonesia adalah rumah bagi 167 gunung berapi aktif, jauh lebih banyak daripada negara lain. Tidak mengherankan jika di negara kepulauan terbesar di dunia ini, pantai juga menjadi daya tarik utamanya. Selain yang paling ramai dikunjungi seperti Bali dan Lombok, ada banyak pantai indah lainnya di Negara maritim ini. Negara kepulauan ini memiliki beberapa hutan hujan tropis yang masih tersisa, dan merupakan rumah bagi pecinta scuba diving dan snorkeling dengan spotnya yang tak dijumpai ditempat lain di dunia.

Berikut Ini 10 tempat wisata terindah di Indonesia yang harus kamu kunjungi minimal sekali seumur hidupmu:

 

1. Raja Ampat Papua Barat

Indahnya Raja Ampat Papua. Photo : Vebma.com

Terletak di bagian ujung paling barat laut Papua, Raja Ampat adalah kepulauan yang terdiri lebih dari 1.500 pulau-pulau kecil yang menyerupai gundukan. Survei kelautan menunjukkan bahwa keragaman kehidupan laut di sekitar pulau-pulau Raja Ampat adalah yang tertinggi di dunia menjadikannya salah satu tujuan menyelam yang begitu tersohor. Keanekaragam yang tetap terjaga ini disebabkan kurangnya populasi manusia sehingga tidak mengganggu ekosistem disana.

2. Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting

Taman Nasional Tanjung Puting terletak di pulau Kalimantan tepatnya di Provinsi Kalimantan Tengah. Taman nasional Indonesia ini merupakan salah satu tujuan ekowisata populer, dengan banyak perusahaan wisata lokal yang menawarkan perahu wisata untuk melihat satwa liar dan mengunjungi pusat-pusat penelitian. Satwa liar termasuk kera, macan tutul, beruang madu, ular, buaya dan yang paling terkenal adalah orangutan yang kini terancam punah. Penebangan hutan dan pembukaan lahan ilegal untuk keperluan pertanian adalah ancaman terbesar bagi kelangsungan hidup satwa di Taman Nasional Tanjung Puting.

3. Kepulauan Flores

Gunung Kalimutu di Kepulauan Flores

Berbaring di sebelah timur Sumbawa dan tepatnya di Nusa Tenggara Barat, pulau Flores menawarkan berbagai pemandangan alam dan budaya. Atraksi yang paling terkenal di Flores adalah Gunung Kelimutu dengan kaldera hasil letusannya yang memiliki tiga danau vulkanik yang berubah warna sesuai dengan jumlah oksidasi di dalam air. Flores juga memiliki industri ekowisata yang cukup berkembang, di mana wisatawan dapat mengunjungi desa tradisional, tinggal dengan keluarga lokal dan bergabung dalam kegiatan seperti trekking bersama warga lokal. Panduan lengkap wisata ke Kepulauan Flores dapat dibaca disini.

4. Tana Toraja Sulawesi Selatan

Tana Toraja Sulawesi Selatan

Tana Toraja merupakan wilayah dataran tinggi Sulawesi Selatan, rumah dari orang Suku Toraja. Toraja terkenal untuk rumah dengan atap yang menyerupai perahu yang dikenal sebagai tongkonan dan upacara pemakaman yang spektakuler sekaligus mengerikan yang menjadikannya salah satu dari 10 tempat wisata terindah di Indonesia pada kategori kebudayaan. Setelah kematian seseorang, tubuh disimpan di Tongkonan selama beberapa tahun sampai upacara pemakaman yang sebenarnya yang dapat berlangsung selama beberapa hari. Almarhum kemudian akhirnya dimakamkan di sebuah gua kecil atau di pohon berlubang. Pemakaman terbesar biasanya diadakan di bulan musim kemarau antara Juli – Agustus, tetapi kamu dapat menemukan acara pemakaman sepanjang tahun dan melihat langsung pemotongan kerbau dengan harga milyaran rupiah per ekornya.

5. Bukit Lawang

Orang Utan di Bukit Lawang. Photo : backpackerlee.files.wordpress.com

Bukit Lawang adalah sebuah desa kecil yang terletak di sisi timur Taman Nasional Gunung Leuser sekitar 90 kilometer barat laut Medan, ibu kota Sumatera Utara. Sebuah pusat rehabilitasi orangutan didirikan di sini pada tahun 1973. Tujuan utamanya adalah untuk melestarikan jumlah penurunan populasi orangutan karena perburuan dan deforestasi hutan karena ulah tangan-tangan tidak bertanggung jawab. Dengan jalur yang indah ke jantung hutan, petualangan menyusuri hutan untuk menemukan peluang terbaik untuk melihat orangutan liar. Bukit Lawang adalah tempat wisata di Indonesia yang harus kamu kunjungi untuk mengedukasi diri akan pentingnya menjaga keseimbangan alam.

6. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terkenal karena pemandangan yang mengagumkan sepanjang mata memandang. Kawah gunung berapi kuno dan sejumlah gunung berapi indah yang terlihat saling menghimpit akan memberikan sensasi tersendiri. Di Taman nasional ini terdiri dari dua gunung utama, Gunung Semeru dan Gunung Bromo bersama Suku Tengger yang mendiami daerah tersebut. Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa serta merupakan salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia. Bromo yang berdiri di lautan pasir vulkanik, dikelilingi oleh tebing yang menjulang tinggi dari tepi kawah.

7. Pulau Lombok

Salah satu pantai di Lombok

Obyek wisata Lombok sering dibandingkan dengan tetangga terdekatnya, Bali. Pulau ini memiliki wisata jenis yang sama dengan Bali, mulai dari pantai yang indah dan pemandangan gunung berapi serta masih terjangkau dari sisi akomodasi membuatnya menjadi salah satu tempat wisata terbaik untuk di kunjungi di Indonesia. Wilayah utara pulau itu didominasi oleh gunung berapi yang sangat besar yaitu Gunung Rinjani, dan trekking setidaknya menjadi alasan banyak wisatawan mengunjungi Lombok. Tiga Gili Lombok, lepas pantai barat laut Lombok adalah tujuan wisata pantai yang paling populer.

8. Taman Nasional Komodo

Keindahan Pulau Komodo

Terdiri dari Pulau Rinca, Pulau Komodo dan sejumlah pulau kecil disekitarnya, Taman Nasional Komodo adalah habitat asli reptil terbesar warisan zaman dinosaurus yang masih bertahan hingga saat ini. Menyaksikan kadal karnivora raksasa yang bisa mencapai hingga 3 meter panjangnya adalah hal yang tidak boleh terlewatkan saat anda berkunjung ke Indonesia Timur. Reptil berkeliaran dengan bebas di gugusan pulau ini, dan pengunjung mengandalkan pemandu wisata berpengalaman untuk dapat menyaksikan dari dekat agar tetap aman dari kadal buas ini. Taman Nasional Komodo juga terkenal sebagai spot scuba diving kelas dunia.

9. Jogja Kota Istimewa

Salah satu candi di Jojga

Yogyakarta adalah kota yang ramai dengan jumlah penduduk sekitar 500.000 jiwa dan merupakan tujuan wisata paling populer di Pulau Jawa karena kedekatannya dengan Candi Borobudur dan Prambanan. Kota ini adalah pusat seni dan pendidikan, menawarkan beberapa tempat belanja terbaik dan memiliki berbagai fasilitas wisata. Yogyakarta terletak di salah satu wilayah yang paling seismik di Pulau Jawa sehingga seringkali dilanda gempa bumi dan letusan gunung berapi. Pada tahun 2006 gempa bumi meratakan lebih dari 300.000 rumah sementara pada tahun 2010 Gunung Merapi yang sangat dekat dari kota Jogja meletus memuntahkan lava ke beberapa desa sekitarnya.

10. Pulau Dewata Bali

Menikmati sunset di Pantai Jimbaran Bali

Bali adalah salah satu tujuan paling populer di dunia dan salah satu pulau yang secara konsisten memenangkan penghargaan dunia kategori travel and destination. Lanskap bervariasi, garis pantai yang berbatu, pantai tropis, sawah yang subur di lereng bukit vulkanik dengan latar belakang budaya Hindu yang berwarna-warni, sangat spiritual dan unik. Kombinasi keramahan warga lokalnya, berpadu dengan budaya yang begitu spiritual dan pantai spektakuler untuk berselancar dan menyelam telah membuat Bali menjadi tempat wisata paling populer di Indonesia.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya