Pantai Wediombo Gunung Kidul, Kolam Renang Alami Ala Yogyakarta

Pantai Wediombo Gunung Kidul merupakan salah satu wisata pantai terbaik di Yogyakarta dengan kolam renang alami yang terdapat diantara karang-karang raksasa yang berdiri kokoh menghadang ombak ganas dari lautan lepas,

Wisata Pantai Wediombo Gunung Kidul Yogyakarta

Mendengar namanya mungkin agak sedikit aneh dan biasa saja. Namun ketika Anda berkunjung kesana, sensasi alam yang luar biasa seakan menyihir dan melupakan tentang keanehan namanya. Pantai Wediombo berasal dari 2 suku kata dalam bahasa Jawa yakni Wedi yang berarti pasir dan Ombo yang berarti luas yang jika diartikan akan bermakna pantai dengan pasir yang luas. Namun jika diartikan dari nama pantai ini bukan berarti Anda dapat bersenang-senang di pantai dengan hamparan pasir yang begitu luas seperti yang ditemukan di Pantai Balekambang Malang yang memang terkenal dengan garis pantai sepanjang hampir 2 KM dan luas yang mencapai 200 meter.

Menikmati Pantai Wediombo Gunung Kidul. Photo : bugatan.com

Wisata Pantai Wediombo di daerah Gunung Kidul Yogyakarta lebih terkenal dengan batu karang super besar yang mengapit pantai ini. Air laut yang biru sebagai pertanda bahwa tempat wisata di Yogyakarta yang satu ini masih bebas dari pencemaran lingkungan, tidak seperti yang terdapat di berbagai pantai di Indonesia yang airnya berwarna hijau akibat mulai tercemarnya kawasan tersebut.

Berbicara masalah keindahan, jangan pernah meragukan Pantai Wediombo dengan pesona kolam renang alami yang terbentuk diantara batu karang raksasa yang mengelilingi tempat ini. Genangan air laut yang terbentuk secara alami ini dikarenakan permukaan tanah yang lebih rendah dari permukaan pantai dan himpitan batu karang menyebabkan masuknya air laut kedalamnya sehingga terbentuklah kolam laut alami yang banyak dimanfaatkan pengunjung untuk berenang dengan aman tanpa takut terseret ombak ke lautan lepas yang dalam. Bagi anda yang hobi memancing, Wediombo juga merupakan salah satu spot yang sangat digemari warga Jogja karena terdapat banyak ikan berukuran besar.

Baca Juga  Rumah Kurcaci Hingga Rumah Hobbit, Semua Ada di Seribu Batu Songgo Langit

Lokasi dan Rute Menuju Pantai Wediombo Gunung Kidul

Indahnya Pantai Wediombo Gunung Kidul. Photo : brobali.com

Wediombo berlokasi di Desa Jepitu tepatnya Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul. Jika sebelumnya anda telah mengunjungi Pantai Siung maka Anda akan dengan mudah menemukan lokasi Pantai Wediombo. Anda hanya perlu kembali ke pertigaan Tepus sebelum pantai Siung lalu belok kanan hingga menemukan papan petunjuk arah menuju Wediombo. Untuk anda yang baru pertama kali ingin berkunjung ke tempat ini ada beberapa rute alternatif yang bisa Anda pilih tergantung darimana Anda bertolak, seperti:

  1. Rute dari Yogyakarta
    Dari Yogyakarta anda mengambil jalur Wonosari ke arah selatan atau mengikuti arah Pantai Baron, sekitar 9 km terdapat pertigaan di Desa Mulo ambil yang jalur kiri Jurusan Mentel karena jika anda lurus maka akan sampai ke Pantai Baron. Selanjutnya Anda akan sampai di Bintaos lalu Tepus dan selanjutnya sampai di pertigaan Pasar Jepitu. Dari pertigaan Pasar Jepitu ambil arah ke kanan kemudian lurus terus sampai ke pantai Wediombo.
  2. Rute dari Klaten
    Rute dari Klaten hampir sama dengan rute dari Jogha, Anda hanya perlu ke daerah Semanu lalu ke Giripanggung dilanjutkan ke Cuelo. Setelah sampai di pertigaan Pasar Jepitu Anda tinggal mengikuti jalur ke kanan seperti yang di jelaskan ketika Anda berangkat dari Yogyakarta.
  3. Rute dari Sukoharjo
    Untuk Anda yang berangkat dari Sukoharjo cukup mengikuti jalur ke daerah Praci lalu ke arah Kecamatan Rongkop dilanjutkan ke selatan arah Nglindur. Sebelum Pasar Ngrancah terdapat pertigaan yang tepat di tengahnya terdapat Tugu, dari sini belok kanan ke pertigaan Pasar Jepitu lalu belok kiri (Ingat! Dari arah Sukoharjo ambil jalur kiri jika sudah sampai di pertigaan Pasar Jepitu) kemudian lurus sampai pantai Wediombo.
Baca Juga  Relaksasi Diri di Kebun Buah Mangunan Yogyakarta

Setelah sampai di gerbang Wediombo perjalanan masih harus dilanjutkan dengan berjalan kaki menuruni puluhan anak tangga untuk dapat menikmati kolam renang alami berdinding karang besar di pantai ini. Bagi anda yang berkunjung ke tempat ini untuk memancing, Anda harus lebih bersabar menyusuri bibir pantai ke arah timur, turun naik di tepian karang yang licin dan terjal, dihempas ombak langsung dari laut lepas yang lumayan besar untuk bisa mendapatkan spot pemancingan terbaik di pantai istimewa milik Jogja Istimewa yang mungkin akan membutuhkan waktu sekitar satu jam bagi Anda yang baru pertama kali ingin mencoba memancing dengan style yang sedikit ekstrim di Wediombo.

Fasilitas dan Harga Tiket Masuk Kawasan Pantai Wediombo

Untuk dapat menikmati berbagai keseruan di wisata Pantai Wediombo Gunung Kidul Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp. 10.000 per orang sebagai restribusi yang nantinya akan digunakan untuk pengembangan lebih lanjut pantai ini menjadi lebih baik dan lebih nyaman untuk di kunjungi. Cukup murah bukan dibanding harga tiket masuk saat anda berlibur ke pantai di luar negeri.

Dari segi fasilitas jangan ragu walaupun lokasinya yang terbilang cukup terpencil. Terdapat banyak kios yang menjajakan aneka makanan dan minuman serta kuliner khas hasil tangkapan warga sekitar yang pastinya diolah dalam kondisi yang masih segar. Selain itu, di Pantai Wediombo juga terdapat Musholla dan kamar mandi yang bersih. Untuk yang berminat menikmati sunset dan menghabiskan malam di pantai ini, telah disediakan tenda yang bisa digunakan untuk bermalam di sekitar pantai atau perumahan nelayan.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya