Pantai Balekambang Malang, Tanah Lot di Jawa Timur

Pantai Balekambang Malang Jawa Timur adalah salah satu tujuan wisata menarik yang terletak di desa Srigoco Kecamatan daerah sekitar 60 km ke selatan Kota Malang. Pantai ini sangat populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Pada akhir pekan atau musim liburan, akan sangat banyak pelancong baik dari dalam dan luar negeri yang berlibur menikmati ombak di pantai eksotis ini. Pantai Balekambang memiliki pantai luas dengan tiga pulau kecil di dekatnya. Salah satu pulau yang paling terkenal adalah Pulau Ismoyo yang menjadi pesona utama pantai karena terdapat sebuah pura bernama Amerta Jati yang dihubungkan oleh jembatan sepanjang 100 meter dari bibir pantai sehingga tempat ini sering dijuluki Tanah Lot-nya Jawa Timur.

Pantai Balekambang Malang. Photo : Malangcity.com

Pura Amerta Jati atau Pura Ismoyo dibangun pada tahun 1985 atas perintah Bupati Malang pada masa itu tak lain adalah Edi Slamet. Dengan desain yang mirip Tanah Lot di Bali, pura ini juga berfungsi sama yaitu sebagai tempat umat Hindu beribadah jadi wajar jika pada hari-hari besar umat Hindu Pantai Balekambang di Malang ini sangat ramai dikunjungi. Di kota Malang memang masih banyak terdapat pura dan candi sisa reruntuhan kerajaan Majapahit yang hingga kini masih di rawat dengan baik oleh masyarakat setempat karena dipercaya dapat membawa berkah tersendiri.

Selain Pura Amerta Jati, dengan wisata pantai yang sangat bersih sepanjang kurang lebih 2 kilometer dan lebar sekitar 200 meter. Anda dapat melihat aneka karang serta berbagai biota laut saat pantai ini sedang surut. Pasir putih dikombinasikan dengan ombak yang lembut merupakan jaminan setiap orang akan merasa betah berlama-lama untuk menikmati salah satu pantai terbaik di kota Malang ini.

Baca Juga  7 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Harus Kamu Kunjungi

Bagaimana Menuju Pantai Balekambang Malang Jawa Timur

Jika Anda ingin berwisata ke Pantai Balekambang, Anda dapat memilih jalur udara melalui penerbangan ke Bandara Abdul Rachman Shaleh Malang dan melanjutkan perjalanan dengan mobil sampai ke lokasi pantai. Pastikan mobil adalah berada pada yang prima karena jalan ke tempat wisata di Malang ini cukup bergelombang. Dibutuhkan sekitar 2 jam dari bandara untuk tiba di gerbang Pantai Balekambang. Harga tiket masuk ke pantai Balekambang Malang sebesar Rp 15.000 per orang dan Rp 2.000 untuk kendaraan.

Fasilitas Yang Terdapat di Pantai Balekambang

Pantai Balekambang Malang. Photo : rozaqmoer.blogspot.co.id

Pantai Balekambang memiliki fasilitas cukup lengkap, Anda dapat menemukan banyak restoran kecil, toilet dan kamar mandi yang bersih, persewaan tikar untuk digunakan di pantai, penginapan sederhana dan toko-toko suvenir yang banyak tersebar di dekat pantai, terdapat pusat informasi dan dekat dengan kantor polisi. Tak hanya itu, pihak pengelola juga mulai menyiapkan berbagai wahana seru seperti flying fox yang buka setiap Sabtu dan Minggu, pusat berbain anak yang terdapat ayunan, patung hewan, dll. Bahkan kabarnya dalam waktu dekat pengelola juga akan menyiapkan ATV yang bisa di sewa untuk berkeliling pantai.

Hotel dan Penginapan Dekat Pantai Balekambang

Bagi Anda yang berniat untuk bermalam, di sekitar pantai ini tersedia berbagai hotel dan penginapan yang dapat dimanfaatkan oleh para pengunjung. Berikut ini beberapa penginapan di sekitar Balekambang yang bisa menjadi pilihan anda menghabiskan malam di Tanah Lot Jawa Timur ini:

  1. Penginapan Bamboo dengan tarif Rp 150.000 per malam, tersedia 8 kamar.
  2. Hotel Wibisana dengan tarif Rp 250.000 per malam, tersedia 10 kamar.
    Nb: Di Hotel Wibisana tersedia kamar berukuran besar yang mampu menampung hingga 6 orang, sangat cocok untuk dijadikan tempat menginap keluarga.
Baca Juga  4 Spot Snorkeling Terindah di Kota Banyuwangi

Harus Anda ketahui bahwa semua penginapan di Pantai Balekambang view-nya mengarah ke laut, jadi jangan takut Anda tidak mendapatkan hotel dengan view terbaik di tempat wisata yang satu ini.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya