Panduan Lengkap Wisata Labuan Bajo Flores NTT

Labuan Bajo atau pelabuhan yang terletak di ujung barat pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Pelabuhan ini merupakan gerbang utama yang biasa digunakan pengunjung untuk memasuki wilayah pulau Flores. Labuan cantik yang diberi nama Bajo tersebut menawarkan pemandangan yang memukau saat matahari terbenam, apalagi saat munculnya siluet pulau-pulau kecil di sekitar pelabuhan yang menciptakan keindahan yang menakjubkan. Tempat ini juga merupakan pintu masuk utama ketika Anda ingin mengunjungi Taman Nasional Komodo atau sering dikenal dengan TNK.

Apa yang Anda Temukan Saat Melakukan Perjalanan Wisata ke Labuan Bajo?

Banyaknya wisatawan yang berkunjung tiap tahunnya, membuat labuan terus bersolek. Hal ini dibuktikan dengan banyak berdirinya hotel berbintang, restoran, kafe dan fasilitas lainnya. Banyak agen perjalanan yang akan Anda temui menawarkan berbagai paket wisata yang dapat memuaskan dahaga akan keindahan yang ada di Labuan Bajo. Untuk mengunjungi Taman Nasional Komodo, Anda bisa menyewa operator kapal selam, live Board, perahu motor atau agen perjalanan. Bagi Anda yang ingin mengunjungi daerah pedalaman pulau Flores, Anda dapat menyewa mobil dari agen-agen yang ada di labuan. Jika Anda seorang pendaki, jangan lewatkan pendakian ke gunung Maumere dan gunung Kelimutu.

Indahnya pulau padar. Photo : Jakartapost

Di sekitaran Labuan Bajo terdapat pulau-pulau kosong yang tak berpenghuni. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di pelabuhan ini, di antaranya berenang, snorkeling, menyelam dan juga berjemur. Jika Anda ingin berjemur atau sekedar menikmati sensasi sinar matahari yang menghangatkan tubuh, pulau Bidadari adalah tempat yang sangat pas. Apabila hanya ingin sekedar bermain pasir atau mengeksplorasi batuan karang yang indah, Anda bisa mengunjungi pulau Serayu. Selain itu, terdapat pulau Kukusan dan pulau Kanawa bagi Anda yang hobi berenang, menyelam dan snorkeling.

Penginapan dan Hotel di Labuan Bajo Flores

Pemandangan pulau kelor. Photo : Komodotour.co.id

Selain itu, umumnya hotel yang ada di Labuan Bajo sekaligus menyediakan fasilitas restoran. Banyak macam kuliner yang ditawarkan, mulai dari makanan khas asli pulau Flores, masakan nusantara, hingga mancanegara tersedia. Menu utama yang paling dicari adalah ikan asam manis yang biasanya berbahan dasar ikan kerapu maupun ikan tuna. Harga hotel yang ada di sini bervariasi, ada yang mahal, ada juga yang murah. Untuk hotel berbintang biasanya memiliki fasilitas beragam seperti restoran, toko peralatan menyelam, kolam renang, bar/kafe, dan juga fasilitas internet gratis.

Setidaknya ada 10 penginapan dan hotel di Labuan Bajo hasil rangkuman admin Duniabackpacker.net diatara lain:

  1. The Jayakarta Suites Komodo Flores
  2. Seraya Hotel and Resort
  3. Sylvia Hotel & Resort Komodo
  4. Puri Sari Beach Hotel
  5. Laprima Hotel Flores
  6. Angel Island Resort
  7. Bintang Flores Hotel
  8. Plataran Komodo Beach Resort
  9. Komodo Lodge
  10. Green Hill Boutique Hotel

Perlu diketahui bahwa hotel-hotel di Labuan Bajo sangat bervariasi mulai dari sekelas penginapan hingga hotel berbintang dengan akomodasi standard tempat wisata seperti Bali dan Lombok yang akan menjamin kenyamanan dan keamanan anda.

Pusat Oleh-oleh Khas Labuan Bajo

Bagi Anda pencinta shooping tidak perlu khawatir, banyak toko – toko suvenir dan oleh-oleh khas Labuan Bajo yang berjejer di sepanjang labuan, terutama di Jalan Yos Sudarso. Di jalan tersebut, Anda bisa menemukan kain tradisional baik itu kain ikat maupun kain songket. Patung komodo yang terbuat dari kayu juga bisa Anda temukan di sini. Banyak juga yang menjual berbagai aksesori yang terbuat dari mutiara, seperti kalung, gelang, dan juga aksesori lainnya. Umumnya mutiara yang digunakan adalah mutiara yang gagal, sehingga harganya lebih murah. Jika Anda ingin mendapatkan mutiara yang asli, Anda bisa membelinya langsung di tempat pembudidayaan mutiara. Dengan membeli di tempat pembudidayaan tersebut Anda tidak usah khawatir lagi dengan keasliaannya.

Transportasi dan Cara Menuju ke Labuan Bajo

Bagi Anda yang ingin mengunjungi Labuan Bajo, Anda bisa menggunakan jalur udara dan jalur laut. Trans Nusa yang bekerja sama dengan Aviastar, memiliki dua jadwal penerbangan dari Denpasar ke Labuan Bajo setiap harinya dengan lama perjalanan sekitar empat jam. Maskapai Batavia juga memiliki penerbangan dengan rute yang sama dengan hanya satu kali penerbangan dari Denpasar – Labuan Bajo pada pukul 09.00, dan rute sebaliknya pada pukul 10.45. Anda juga bisa memilih rute perjalanan menuju Kupang kemudian menggunakan kendaraan darat menuju labuan.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya