Meteora, Biara Di Langit Yunani yang Begitu Menakjubkan

Biara di Langit Yunani merupakan salah satu objek wisata yang menakjubkan di Yunani. Memang, sejak dulu Yunani terkenal dengan kuil-kuilnya dan legenda-legenda yang mendunia. Dengan kata lain, kota-kota di Yunani memiliki sejarah yang sangat dalam dan penting di dunia. Meteora adalah salah satu dari objek wisata yang ada di Yunani. Tempat ini disebut sebagai Meteora karena kata ini berasal dari kata Yunani yaitu ‘meteoros’ yang berarti tengah langit dan dikenal sebagai Biara melayang di udara. Kuil ini terletak sangat tinggi dan jauh dari permukaan laut. Ketika kita berada di atasnya, kita akan dapat melihat pemandangan seluruh kota yang dengan jelas.

Meteora di langit Yunani. Photo : Pixabay

Tempat ini juga dikenal sebagai Biara di Langit Yunani karena letaknya yang menggantung di atas tebing-tebing curam di kawasan Thessaly. Pilar-pilar batu yang berada di bawah kuil ini, tepat yang menopang berdirinya kuil ini nampak seperti kuil dengan motif bebatuan dan jari-jari. Para wisatawan pun banyak yang berminat mengunjungi situs ini. Apalagi UNESCO telah menobatkan tempat ini menjadi salah satu situs warisan dunia sejak 1998. Ini dikarenakan keberadaan kuil yang berada di atas awan sangat jarang ditemukan di dunia. Atau mungkin, selama ini hanya kita temui dalam film Avatar: The Legend of Aang sebagai markas negara angin.

Para wisatawan yang ingin berkunjung kesana sangatlah banyak, sehingga mereka harus mengantri dalam menaiki tangga menuju puncak kuil ataupun menggunakan kereta derek dalam usaha mendaki tebing di bawah kuil tersebut. Namun, para wisatawan tidak perlu khawatir karena ada 6 macam kuil Meteora yang sekarang masih aktif, antara lain: Biara Meteoron Agung, Biara Agios, Biara Varlaam Stefanos, Biara Roussanou dan Biara Agia Triada. Kesemua biara ini masih aktif dan masih nomal. Dahulu kala, biara di Langit Yunani ini diyakini saat pertama kali dibangun memiliki 24 kuil, namun sisa dari kuil-kuil tersebut musnah ditelan waktu dan tidak terawat.

Baca Juga  Kota Romantis di Dunia yang Akan Membuat Liburan Bulan Madu Tak Terlupakan

Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung Ke Kuil Meteora

Jika anda ingin berkunjung kesini, maka waktu terbaik yang bisa diluangkan adalah pertengahan Maret-Juni, kemudian Agustus sampai November. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari padatnya pengunjung yang ada pada bulan Juli sampai Oktober. Sedangkan Desember sampai Maret akan menjadi bulan-bulan yang diselimuti salju sehingga kurang aman bagi para wisatawan. Satu hal lagi yang perlu diingat saat berkunjung ke biara di Langit Yunani ini adalah anda tidak boleh memakai pakaian tanpa lengan. Pengunjung juga tidak diperbolehkan memakai celana pendek. Ketika berkunjung anda juga disarankan untuk membawa sedikit makanan ringan saja. Hal ini dikarenakan adanya tempat pembelian makanan yang telah tersedia di Biara-biara tersebut. Jadi tidak perlu takut kehabisan bahan makanan walaupun berada di puncak biara.

Pemandangan indah ada Meteora. Photo : Pixabay

Agar anda nyaman dalam berkunjung, sebaiknya anda memperhatikan jam buka tiap biara. Beberapa biara di Langit Yunani ini memiliki jam buka yang berbeda-beda sebab tempat tersebut masih aktif dijadikan tempat peribadatan umat Kristen Protestan di area sekitarnya. Oleh sebab itu, memperhatikan jadwal kunjungan akan membuat anda lebih dihormati karena menghargai budaya setempat. Jika anda merencanakan kunjungan ke lebih dari 1 biara, maka juga disarankan untuk memakai alas kaki yang nyaman dan tidak licin untuk menghindari terpelesetnya kaki anda saat mendaki puluhan anak tangga yang ada. Dan yang terakhir, pastikan tubuh anda prima karena tidak mudah untuk mencapai lokasi wisata yang satu ini.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya