Menyelam dan Bersantai di Pulau Samalona, Makassar

Bila mendengar kata Kota Makassar apa yang terbenak pertama kali dalam fikiran anda? Kebanyakan orang akan menyebut Pantai Losari atau Trans Studio Makassar. Tahukah anda selain dua tempat tenar tersebut, Makassar memiliki keindahan alam bawah laut luar biasa, yang bahkan sudah terkenal di kalangan wisatawan mancanegara. Letak Pulau Samalona sendiri berada di sebelah barat laut dari Pantai Losari. Pulau ini tergolong kecil karena hanya memiliki luas kurang lebih 2,5 hektare saja. Dahulu, pulau ini lebih luas sekitar 6,7 hektare. Namun seiring dengan terjadinya pemanasan global yang menyebabkan peningkatan air kapasitas air laut, pulau ini semakin tenggelam. Bahkan beberapa peneliti memprediksi bahwa pulau ini akan tenggelam seutuhnya oleh air laut pada tahun 2025 mendatang.

Sebelum hal tersebut terjadi, sempatkan diri anda untuk mengunjungi surge kecil di barat laut Pantai Losari ini. Faktanya, Pulau Samalona ini dimiliki oleh beberapa orang (total 7 orang) yang merupakan penduduk sekitar Makassar. Saat anda memasuki kawasan pantai, anda dapat melihat tertera tulisan nama-nama pemilik pulau ini. Meski luas pulau ini tergolong kecil, namun ada beberapa keluarga yang tinggal di pulau Samalona.

Pulau Samalona yang Indah

Untuk menuju Pulau Samalona, anda perlu menyeberang dari Pantai Losari dengan menyewa kapal menuju Pulau ini. Harga penyewaan kapal kurang lebih Rp500.000 untuk pulang dan pergi. Harga tersebut dapat anda bagi bersama rombongan yang lain. Jadi semakin banyak orang yang ingin menaiki kapal, tentu akan semakin murah harga untuk menyeberang ke Pulau Samalona. Namun dalam sekali perjalanan, penumpang hanya akan dibatasi maksimal hingga 10 penumpang saja.

Setibanya di pantai, anda dapat menitipkan barang bawaan anda pada penduduk setempat yang menyediakan tempat penitipan barang, kemudian berganti pakaian dengan baju renang untuk berenang di tepian pantai. Kegiatan utama di pulau ini adalah menyelam atau diving. Anda dapat menyewa peralatan diving sebesar Rp40.000 saja di tepian pantai, dan anda dapat sepuasnya menikmati alam bawah laut Samalona.

Baca Juga  Menikmati Keindahan Pulau Lae-Lae Makassar

Pemandangan terumbu karang yang beragam dan cantik, serta beragam jenis ikan-ikan berwarna-warni yang menjadi tujuan utama para pengunjung yang diving di perairan ini. Arus air laut yang lumayan tenang juga sangat aman bagi para pemula yang baru pertama kali menyelam. Anda juga dapat meminta bantuan kepada penduduk setempat untuk memandu penyelaman anda. Menyelam di Samalona akan membawa anda ke pengalaman yang tak pernah terlupakan dalam hidup.

Puas menjelajah alam bawah laut Samalona, saatnya anda membersihkan diri. Anda dapat menumpang mandi di rumah-rumah penduduk setempat dengan membayar Rp10.000 saja. Beberapa rumah penduduk tersebut juga menyediakan kedai makanan dan minuman sehingga anda dapat memuaskan rasa lapar setelah lelah berolahraga air. Selanjutnya, anda dapat kembali ke kawasan Pantai Losari dengan kembali menaiki kapal yang sudah disewa sebelumnya.

Kegiatan di Pulau Samalona tersebut akan dapat menghilangkan rasa penat selama berada di kota. Nikmati waktu dengan bersantai sejenak, dan nikmati sejuknya udara di sekitar pantai.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya