Mengunjungi Michoacan, Surga Kupu-kupu di Meksiko

Migrasi kupu-kupu Monarch tahunan adalah salah satu peristiwa alam yang menjadi daya tarik utama bagi pengunjung Michoacan, surga kupu-kupu di Meksiko. Setiap tahun, sebanyak 60 juta dari satu miliar kupu-kupu Monarch melakukan perjalanan dari Kanada timur ke hutan konservasi di Meksiko barat. Perjalanan ini berjarak lebih dari 2.500 mil. Kupu-kupu Monarch menghabiskan hibernasi musim dingin mereka dengan berkerumun di area kecil Reserva de la Biosfera Mariposa Monarca (Perlindungan Biosfer Kupu-kupu Monarch), kawasan perlindungan nasional dan cagar alam yang sangat luas. Kupu-kupu Monarch tiba di Michoacan setiap akhir Oktober dan membangun sarang musim dingin di puncak pohon-pohon tinggi di pegunungan.

Kedatangan mereka pada surga kupu-kupu di Meksiko bertepatan dengan perayaan Dia de los Muertos (Hari Kematian). Dia de los Muertos merupakan salah satu pesta perayaan tradisional Meksiko yang diadakan untuk menghormati kembalinya arwah kerabat dekat ke rumah. Legenda Meksiko percaya bahwa setiap arwah yang telah mati akan kembali ke rumah sebagai tanda kembali ke bumi. Menurut legenda tersebut, ketibaan kupu-kupu Monarch di Meksiko dianggap sebagai simbol kembalinya jiwa arwah kerabat yang sudah mati untuk kembali pada saat ini tahun diyakini jiwa almarhum kembali ke bumi. Perayaan ini biasanya juga diperingati denga pesta rakyat yang tidak kalah menarik untuk disaksikan.

Mengunjungi Michoacan, Surga Kupu-kupu di Meksiko. Photo : pulsodf.com.mx

Hal yang menjadi pemandangan yang sangat menarik dari surga kupu-kupu di Meksiko adalah kupu-kupu Monarch akan berkelompok bersama dan menutupi batang dan cabang pohon. Gerombolan kupu-kupu tersebut akan tampak seperti selimut berwarna oranye-hitam yang menutupi batang dan cabang pohon di area sekitar Reserva de la Biosfera Mariposa Monarca . Anda dapat menyaksikan peristiwa alam ini dalam waktu yang lama karena kupu-kupu Monarch akan bertahan melakukan hal tersebut selama lima bulan. Bentuk selimut ini menyerupai sarang lebah yang bengkak. Anda juga dapat menemukan beberapa cabang pohon menekuk karena tidak kuat menopang bobot kupu-kupu tersebut. Kelompok yang dibentuk dapat menolong kupu-kupu Monarch untuk menjaga panas tubuh dan dan bertahan pada malam hari yang dingin karena Michoacan terletak di daerah dataran tinggi.

Pada bulan Februari dan Maret. kupu-kupu akan memulai masa reproduksi, tepat sebelum mereka bermigrasi kembali ke utara. Pada bulan tersebut, suhu malam hari akan lebih dingin tetapi suhu siang hari akan lebih panas. Kondisi ini menyebabkan kupu-kupu Monarch memisahkan diri dari kumpulan dan memulai ritual kawin mereka. Kupu-kupu Monarch sangat aktif berterbangan selama musim kawin. Pada saat itulah, banyak wisatawan yang mengunjungi surga kupu-kupu di Meksiko ini. Untuk mencapai daerah tersebut, Anda harus mendaki tebing dan lereng bukit yang curam. Salah satu area di Michoacan yang paling terkenal adalah El Rosario. Tempat ini terletak pada ketinggian 10.000 kaki di atas permukaan laut.

Para wisatawan yang tidak mampu untuk menaklukan tantangan lereng perbukitan yang curam dapat menyewa jasa pemandu tambahan berupa kuda untuk naik ke titik pengamatan dan kembali lagi ke daerah datar. Pada beberapa area, hanya tersedia satu jalan untuk menuju titik pengamatan. Tidak tersedia tanda khusus sebagai identitas titik pengamatan. Meskipun demikian, Anda akan sadar bahwa anda sudah berada di surga kupu-kupu di Meksiko setelah Anda melihat bahwa kupu-kupu mulai muncul beterbangan di sekitar kepala Anda dan berkerumun di cabang pohon. Angin kencang yang berhembus menyebabkan kupu-kupu terbang bagaikan sebuah kawanan atau gerombolan yang meledak dengan indah.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya