Manfaat Traveling Bagi Kesehatan Tubuh dan Pikiran

Saat tenggelam dalam rutinitas sehari-harinya yang padat dan tak kenal waktu, tentu kesehatan bisa saja terganggu karena kelelahan dan kurang istirahat. Tidak hanya itu, besarnya tekanan dalam rutinitas yang dilakukan setiap harinya bisa mempengaruhi pikiran dan jiwa, akibatnya anda jadi mudah stres, emosi, galau, bosan, dan sebagainya. Jika terus dibiarkan tentu akan mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari. Traveling bisa menjadi alternatif utama untuk menanggulanginya. Salah satu manfaat traveling adalah menjaga kebugaran tubuh, karena umumnya traveling dilakukan di berbagai lokasi wisata yang jauh dan kadang terpencil. Jadi, seorang traveler akan jauh lebih aktif dengan trekking, naik turun gunung, renang, dan lain-lain, sehingga secara tidak langsung, traveling juga termasuk kegiatan olahraga. Beberapa ahli juga menyatakan manfaat lain dari kegiatan jalan-jalan bagi kesehatan.

1. Pengganti Waktu Tidur Yang Kurang

Pengganti Waktu Tidur Yang Kurang

Manfaat traveling bagi tubuh adalah pengganti waktu tidur yang kurang setiap harinya. Padatnya rutinitas yang dikerjakan sehari-hari kadang membuat seseorang harus mengorbankan waktu istirahatnya setiap malam dengan begadang mengerjakan tugas kantor atau sekolah. Padahal, waktu tidur yang berkualitas setiap malamnya adalah selama 7 jam per hari. Waktu tidur yang kurang dari 7 jam bisa meningkatkan stres dan mempengaruhi kemampuan kognitif serta efisiensi anda. Tetapi menurut Max Hirshkowitz selaku Ketua National Sleep Foundation (NSF), melakukan aktivitas traveling bisa mengganti waktu tidur yang kurang tersebut. Sebaiknya anda menyediakan waktu sehari atau lebih dalam 2 minggu untuk traveling ke tempat-tempat baru yang dekat dengan tempat tinggal anda.

2. Penghilang Stress Akibat Rutinitas Yang Tinggi

Penghilang Stress Akibat Rutinitas Yang Tinggi

Manfaat traveling lainnya adalah menghilangkan stres akibat padatnya rutinitas setiap hari. Menurut Dr Margaret J King selaku direktur Center for Cultural Studies & Analysis, saat seseorang melakukan kegiatan traveling, dia menjadi lebih rileks karena terbebas dari berbagai pikiran yang berhubungan dengan pekerjaan. Selai itu, saat traveling akan lebih merasakan suka cita sehingga semua beban pikiran akan hilang begitu saja. Hilangnya beban pikiran yang menghimpit akan membuat pikiran seperti di-reset ulang dan menjadi lebih segar. Margaret juga menambahkan bahwa traveling menjawab kebutuhan manusia akan hal-hal baru. Saat melakukan traveling, anda tentu akan melihat pemandangan, tempat dan orang-orang baru.

3. Peningkat Mood dan Kebahagiaan

Peningkat Mood dan Kebahagiaan

Ada saat dimana anda akan merasakan jenuh dan badmood akibat tuntutan pekerjaan atau sekolah yang tidak ada habisnya. Saat hal itu terjadi, tentu kegiatan yang sedang anda kerjakan tidak bisa maksimal. Anda ingin menemukan kebahagiaan untuk meningkatkan atau mengembalikan mood? Hal ini menjadi manfaat traveling yang selanjutnya. Survei yang dilakukan pada tahun 2014 menunjukkan bahwa tiga perempat responden mengatakan bahwa mereka merasa lebih bahagia saat merencanakan kegiatan traveling. Dr Leigh Vinocur mendukung hasil survey ini. Dia menyatakan bahwa memang traveling yang dilakukan bersama keluarga atau teman mampu melepaskan hormon stres yang buruk bagi kesehatan sehingga tingkat stres juga ikut turun.

4. Peningkat Rasa Empati Dalam Diri

Peningkat Rasa Empati Dalam Diri

Manfaat traveling bagi kesehatan yang terakhir adalah meningkatkan rasa empati yang ada di dalam diri. Wallace J Nichols menyebutkan bahwa traveling ke tempat yang dekat dengan air seperti pantai, danau atau sungai mampu meningkatkan rasa empati dalam memperbaiki hubungan dengan orang lain dan diri sendiri. Saat melihat pemandangan yang indah dengan elemen air, anda tentu akan merasakan takjub dan segar sehingga gairah dan empati menjadi lebih tinggi. Bahkan, beberapa musisi bisa mendapatkan sumber inspirasi karyanya setelah traveling ke objek wisata air karena air ternyata juga bisa menjadi sumber kreativitas.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya