Kira-kira Seperti Ini Jika Taman Berubah Menjadi Danau

Grüner See adalah sebuah danau di Styria, Austria tepatnya di sebuah desa bernama Tragöß. Tempat ini dimanfaatkan sebagai danau sekaligus taman cantik sesuai dengan periode waktunya. Grüner See dikelilingi oleh pegunungan Hochschwab dan hutan. Dalam bahasa Jerman, Grüner See berarti danau hijau (Green Lake). Hal ini disebabkan oleh warna dari danau tersebut yang berwarna hijau seperti zamrud. Air danau ini terlihat sangat jernih di mana sumber air berasal dari salju pegunungan Karst yang mencair. Oleh karena itu, suhu air di danau ini mencapai 6-7°C. Dengan kondisi air yang jernih, ikan dan hewan lainnya dapat dengan mudah terlihat dari tepi danau.

Grüner See atau Green Lake Akan Berubah Menjadi Taman yang Indah Pada Musim Tertentu

Selama musim dingin, kedalaman tempat ini hanya 1-2 meter dan air pada danau akan membeku. Pada saat itu, danau ini dimanfaatkan sebagai taman yang cantik untuk menikmati pemandangan alam. Di sisi lain, saat suhu naik dan salju mencair di musim panas, cekungan tanah dari danau terisi dengan air. Danau mencapai kedalaman maksimum sekitar 12 m dari pertengahan Mei hingga Juni. Beberapa situs mengatakan bahwa periode waktu ini merupakan waktu yang tepat untuk menikmati keindahan alam di sana. Pada bulan Juli, air mulai surut dan akhirnya membeku pada akhir tahun. Inilah alasan mengapa danau sekaligus taman cantik ini sangat diminati para pecinta lingkungan.

Hal paling menarik dari tempat yang dimanfaatkan di danau yang sekaligus taman cantik ini adalah ketika Anda berenang atau menyelam di dalamnya, Anda akan menemukan kursi, jembatan dan jalan yang mengelilingi tempat-tempat berkumpul. Hal tersebut menjadikan danau ini disebut sebagai “Taman Atlantis”. Air danau yang berwarna jernih menjadikan cahaya matahari dapat masuk sampai ke dasar danau sehingga tidak ada kesan gelap dan menyeramkan di dasar danau. Anda pun bisa memanfaatkan taman untuk duduk-duduk sejenak, dengan tetap menggunakan pakaian selam lengkap. Warna air yang dominan hijau seperti zamrud akan memberikan kesan alami saat Anda menyelam. Sungguh kegiatan yang sangat menarik untuk dilakukan.

Menikmati indahnya Grüner See. Photo : steiermark.com

Sambil duduk santai di taman dasar danau, Anda akan disuguhkan dengan pemandangan yang sangat menarik. Kondisi danau tersebut mendukung berbagai hewan air untuk tetap hidup, seperti siput, kepiting kecil dan berbagai jenis ikan. Anda dapat memegang hewan air yang sedang berenang tersebut secara langsung. Meskipun begitu, tidak perlu takut dengan kawanan ikan yang bergerombol datang dan mengganggu. Kondisi dasar danau yang berbatu membuat populasi hewan air di danau sekaligus taman cantik ini tidak melimpah. Beberapa pohon juga tertanam di dasar danau. Ini sudah pasti menjadi momen yang sangat unik dan langka jika Anda bisa mengabadikan peristiwa menyelam di sebelah pohon bersama ikan-ikan.

Danau ini cukup populer di kalangan penyelam profesional. Biasanya, beberapa kumpulan penyelam akan menikmati padang rumput hijau di tepi danau, terutama pada bulan Juni ketika air berada pada titik tertinggi. Pada musim dingin, beberapa orang datang ke sini dengan membawa peralatan hiking dan ski untuk menikmati salju yang menutupi daerah pegunungan. Mereka juga bisa duduk di sekitar danau sekaligus taman cantik ini untuk sekedar beristirahat. Sedangkan ketika salju sudah mulai meleleh, pakaian para pelancong akan berubah menjadi pakaian selam dan pakaian renang guna menikmati pemandangan dan suasana taman bawah danau. Jadi, jangan sampai salah waktu untuk mengunjungi tempat ini agar Anda bisa menikmatinya.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya