Fakta Unik Yunani, Baca Dulu Sebelum Melancong

Yunani adalah salah satu negara anggota Uni Eropa yang akhir-akhir ini sedang dirundung masalah ekonomi. Ini tidak mempengaruhi daya tarik para turis untuk mengunjunginya di waktu liburan. Dalam ulasan kali ini, ada beberapa fakta unik Yunani yang mungkin bisa menambah wawasan anda. Beberapa fakta memang tidak begitu menarik dan penting untuk diketahui, tetapi setidaknya akan menambah pengetahuan mengenai salah satu negara tertua di dunia ini.

Berikut 6 Fakta Negara Yunani yang Penting Untuk Diketahui Sebelum Berwisata ke Sana

 

1. Kota Tertua dan Terpopuler

Rhodes, salah satu kota tertua terpopuler di Yunani. Photo : Pixabay

Fakta ini tentu sudah tidak asing lagi mengingat peradaban tua di dunia juga berasal dari jazirah Yunani. Kota yang sudah pernah diduduki lebih dari 7000 tahun yang terkenal adalah Kota Athena. Di kota ini juga lahir pemikiran hebat yang kita kenal hingga saat ini termasuk sastra, ilmu matematika, politik serta ilmu filosofi. Tokoh-tokoh hebat yang lahir di kota ini antara lain Socrates, Plato dan Aristoteles. Mereka semua adalah ilmuwan hebat dari kota tertua di Eropa ini. Sedangkan untuk kota terpopuler dipegang oleh kota bernama Rhodes. Kota ini populer berkat tujuan wisata yang menarik seperti Colossul de Rhodes. Hal menarik lainnya yang ada di kota ini adalah adanya patung dewa Helios yang tingginya lebih dari 300m.

 

2. Keju Tertua

Salah satu keju tertua di Yunani. Photo : Pixabay

Fakta unik Yunani berikutnya adalah selain menjadi kota tertua, ternyata ada sesuatu yang juga masuk dalam kategori tertua lainnya yaitu keju. Ya, keju tertua di dunia yang pernah diproduksi berasal dari Yunani. Keju yang dibuat bukanlah berasal dari susu sapi, melainkan susu kambing yang dikenal dengan nama Feta.

 

3. Tempat Teromantis dan Terindah

Tempat Teromantis dan Terindah di Yunani salah satunya Santorini. Photo : Pixabay

Hampir menyerupai Italia, Yunani ternyata menyimpan keindahan alam yang tak kalah memukau. Beberapa tempat disebut sebagai kota paling romantis mengalahkan kota Roma bahkan Paris. Salah satu kota di Yunani yang disebut-sebut sebagai kota romantis adalah Santorini. Bagi traveller atau backpacker, fakta unik Yunani yang satu ini tentu sudah tidak asing lagi di telinga. Santorini akan mempersembahkan kombinasi yang pas antara keindahan laut, warna-warni bangunan dan keindahan langitnya.

Untuk alternatif tempat terindah di Yunani lainnya, kota bernama Mykonos menjadi pilihan favorit para wisatawan. Kota ini sebenarnya tidak jauh beda dengan Santorini, hanya saja di sini pemandangan alamnya lebih indah serta arsitektur bangunan yang mendominasinya berbeda.

 

4. Theater Tertua

Theater Tertua di Yunani. Deplhi

Masih ada satu lagi yang masuk dalam kategori tertua setelah kota dan keju, yaitu theater. Theater di Yunani yang paling kuno bernama Delphi, dibangun di atas bukit sehingga menawarkan pemandangan kota dari atas ketinggian yang sangat memukau.

 

5. Penuh dengan Tempat Suci

Gunung Athos merupakan gunung suci di Yunani. Photo : Pixabay

Hampir sama dengan negara-negara di dunia pada umumnya, Yunani juga mempunyai tempat suci. Jika pada umumnya tempat suci berupa bangunan, maka di Yunani ada yang berbeda. Di sini justru berupa gunung yang menjadi tempat suci. Gunung ini dikenal dengan sebutan Gunung Suci dan terletak di sebelah utara Yunani.

 

6. Jumlah Pengunjung Lebih Banyak Daripada Penduduk Asli

Jumlah Pengunjung Lebih Banyak Daripada Penduduk Asli. Photo : Pixabay

Fakta unik Yunani lainnya adalah Yunani ternyata berupa negara yang memiliki sungai yang tak bisa dilalui. Selain itu, negara ini juga memiliki jumlah pengunjung atau wisatawan yang lebih banyak daripada jumlah penduduk aslinya. Bisa dibayangkan bagaimana serunya!

Setelah menyimak sedikit banyak fakta unik mengenai Yunani, maka tidak ada salahnya untuk menjadikan Yunani sebagai destinasi liburan selanjutnya atau minimal memasukkan Yunani dalam daftar negara yang akan Anda kunjungi. Ini sangat masuk akal karena di sana masih banyak tempat-tempat kuno bersejarah yang tentunya akan memuaskan rasa ingin tahu anda mengenai peradaban dunia.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya