Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Hasil Foto yang Baik

KemajuanĀ  zaman sangat pesat diikuti oleh teknologi yang semakin canggih. Dalam hal ini dunia fotografi juga mengalami kemajuan dengan adanya berbagai macam hasil foto yang bisa didapatkan dengan banyak sekali teknik memotret.

Saat ini banyak sekali orang yang mulai tertarik dengan dunia fotografi, entah hanya sebagai penikmat hasil foto, menjadi objek foto, atau bahkan menjadi orang yang menciptakan karya terbaik dari hasil foto yang didapatkannya. Cara untuk mendapatkan foto sangat banyak dan bisa dilakukan dengan berbagai cara, misalnya mengambil foto menggunakan kamera yang ada pada ponsel.

Semakin berkembangnya teknologi pada ponsel, para produsen ponsel menciptakan dan menyematkan berbagai macam fitur canggih pada kamera ponsel yang ditawarkannya. Namun meskipun begitu, pecinta fotografi tetap menggunakan kamera DSLR untuk menghasilkan foto yang diinginkan. Kamera DSLR dianggap memiliki berbagai macam fungsi yang dibutuhkan saat mengambil gambar.

DSLR atau Digital Seingle Lens Reflek merupakan kamera yang memanfaatkan cermin untuk membuat cahaya mengarah dari lensa ke viewfinder dan viewfinder sendiri adalah lubang kecil yang terletak di bagian belakang atas kamera untuk melihat objek foto yang akan diambil. Dalam kamera DSLR banyak sekali bagian dan tombol yang melengkapi untuk mendapatkan hasil foto terbaik. Selain itu, pengaturan yang terdapat pada kamera DSLR juga tak sedikit.

Untuk yang baru menyukai dunia fotografi tentu akan sedikit bingung ketika mengenali kamera DSLR untuk pertama kalinya. Namun tidak perlu untuk menguasai semuanya dalam sekali waktu dan yang terpenting adalah dapat mengetahui beberapa fungsi dasar dari bagian dan tombol yang ada pada kamera DSLR. Cara menggunakan kamera DSLR dengan teknik yang baik dan benar akan didapatkan secara perlahan seiring berjalannya waktu.

Baca Juga  Cocokkan Tempat Wisata Sesuai Kepribadian Kamu Agar Liburan Tidak Membosankan

 

Cara Menggunakan Kamera DSLR untuk Hasil Foto yang Baik

– Membiasakan diri menggunakan viewfinder

Viewfinder merupakan celah kaca kecil yang berada di atas bagian belakang kamera dan berfungsi untuk melihat objek. Biasakan untuk mengambil foto menggunakan viewfinder dan tidak selalu menggunakan LCD agar mata bisa terbiasa dan dapat menguasai objek yang akan dibidik. Inilah cara menggunakan kamera DSLR yang paling mendasar.

– Menggunakan menu auto mode

Menggunakan auto mode sangat berguna untuk pemula karena menggunakan auto mode akan membuat kamera DSLR secara otomatis menyesuaikan pengaturan lensa pada objek yang akan dibidik.

– Gunakan tombol shutter dalam 2 langkah

Dianjurkan untuk pemula menekan tombol shutter dua kali. Yang pertama adalah untuk mengambil fokus pada objek dengan cara menekan setengah tombol shutter dan tunggu hingga lensa menangkap titik fokus. Setelah itu tekan penuh tombol shutter untuk menangkap gambar.

– Mengaplikasikan mode fotografi dengan tepat

Jika sudah menguasai tentang cara menggunakan kamera DSLR dengan benar, maka mengambil foto dengan kamera ponsel akan memberikan hasil yang sangat bagus pula.

– Menggunakan komposisi foto dengan teknik rules of third

Rules of third merupakan prinsip komposisi yang paling populer dalam dunia fotografi dan sangat penting untuk bisa memahami prinsip memotret ini. Untuk mendapatkan hasil foto terbaik, pengaturan komposisi foto yang paling mendasar dan terpenting adalah rule of thirds atau aturan sepertiga. Aturan sepertiga adalah menyelaraskan objek foto agar di dalam frame terfokus pada titik-titik tertentu. Foto yang akan dihasilkan dari aturan sepertiga ini akan membuat hasil foto menjadi terlihat proporsional dan enak dilihat.

Itulah sedikit ulasan tentang cara menggunakan kamera DSLR untuk hasil foto yang baik. Selamat mencoba.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya