Bishop Rock, Pulau Terkecil di Dunia versi Guinness World Records

Sahabat Dunia Backpacker, apakah Anda percaya di dunia ini ada pulau yang ukurannya hanya beberapa meter saja? Ternyata ada, sebuah pulau yang hanya berukuran 46 meter x 16 meter. Pulau terkecil di dunia tersebut bernama Bishop Rock. Bentuknya memang lebih terlihat seperti batu yang mengapung di tengah laut ketimbang pulau. Lokasi Bishop Rock ini terletak sekitar 48 km dari negara Inggris, tepatnya di Kepulauan Scilly. Dan jika melihat dari ukurannya, tentu saja pulau ini tidak bisa ditinggali oleh manusia apalagi untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Gambaran mengenai pulau di lepas pantai yang memiliki pasir putih dan pemandangan yang indah tidak akan bisa Anda temukan saat melihat Bishop Rock. Pulau ini hanya berupa batu karang saja.

Sebuah Mercusuar Berdiri di Pulau Terkecil di Dunia Bishop Rock

Kedalaman batu karang Bishop Rock ini mencapai 45 meter. Namun ternyata meskipun hanya berukuran 46 meter x 16 meter, pulau terkecil di dunia ini sudah sangat populer karena berbagai keunikannya. Memangnya hal unik apa yang bisa ditemukan pada sebuah pulau yang berukuran sangat kecil itu? Anda tidak akan menyangka kalau ternyata di Bishop Rock terdapat sebuah mercusuar yang tingginya 10 lantai. Mercusuar tersebut berdiri kokoh di atas sebuah batu karang yang selalu dihempas ombak samudra. Namun ternyata ada alasan mengapa mercusuar tersebut dibangun di atas Bishop Rock. Dahulu kabarnya Bishop Rock sering menjadi penyebab kecelakaan kapal yang melewati area tersebut.

Sebuah Mercusuar yang tinggi di Bishop Rock. Photo : IG @_thisisryan

Pulau karang tersebut sering tertabrak oleh kapal-kapal yang lewat, terutama di malam hari. Ukurannya yang kecil membuat para awak kapal lalai dan tidak bisa menghindar. Apalagi ombak dan arus laut di sekitar pulau terkecil di dunia itu sangat deras. Hal itu menyebabkan berbagai macam kapal yang lewat rentan mengalami kecelakaan menabrak pulau karang tersebut. Bahkan sebelum didirikannya mercusuar di atas Bishop Rock, dahulu pernah terjadi kecelakaan kapal yang membuat kapal tersebut sampai tenggelam. Saat itu kapal sedang mengangkut sekitar 2.000 kapal Armada Inggris. Pada akhirnya ribuan orang itu ikut tenggelam.

Dan karena tidak ingin ada lagi peristiwa mengerikan yang disebabkan oleh Bishop Rock, pemerintah Inggris bertindak cepat. Akhirnya berdirilah mercusuar setinggi 10 lantai di atas pulau terkecil di dunia tersebut. Menurut sejarah, proses pembangunan mercusuar tersebut bukanlah hal yang mudah bagi para pekerjanya. Pasalnya tantangan yang harus dihadapi adalah ombak yang sangat ganas di tengah samudra, dan angin yang pastinya berhembus sangat kencang. Kondisi alam yang kurang bersahabat sempat membuat tahapan pertama pembangunan mercusuar di Bishop Rock gagal. Mercusuar yang dibuat dari bahan besi runtuh sebelum proses pembangunan selesai.

Namun akhirnya pembangunan selesai pada tahun 1858. Sejak saat itu kejadian kecelakaan kapal tidak lagi terjadi, karena cahaya mercusuar itu mampu menyorot hingga jarak 45 km dari mercusuar. Di sana juga beberapa orang penjaga yang bertugas. Bishop Rock ini akhirnya resmi ditetapkan sebagai pulau terkecil di dunia menurut Guiness World Records. Berminat untuk mengunjungi Bishop Rock? Tenang saja, ongkos untuk berkeliling dan melihat-lihat pulau karang tersebut hanya 16 pundsterling atau sekitar Rp 252.000. Nantinya Anda akan menaiki kapal dan menyaksikan eksotisme Bishop Rock dari jarak dekat. Dijamin Anda tidak akan menyesal setelah mengikuti tour backpacker eropa mengelilingi Kepulauan Scilly. Jadi tidak ada salahnya jika suatu saat nanti Anda menyempatkan diri untuk berlibur ke Bishop Rock.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya