Berfoto dengan Latar Belakang Gugusan Pulau Pianemo di Raja Ampat

Bila anda mencari informasi terkait Raja Ampat, maka hasil pencarian foto yang kebanyakan ditunjukkan adalah barisan pulau-pulau karst dengan lautan biru yang mengelilinya. Tahukah anda apa nama tempat tersebut? Tempat tersebut disebut Gugusan Pulau Pianemo, dan merupakan spot foto menarik sebagai landmark dari Raja Ampat. Terutama setelah presiden RI ke-7 Joko Widodo mengunjungi Raja Ampat dan berfoto dengan latar belakang indahnya Gugusan Pulau Pianemo, semakin banyak wisatawan yang menargetkan pergi ke tempat tersebut untuk mengabadikan keindahan surga kecil di timur Indonesia.

Gugusan Pulau Pianemo sendiri merupakan kawasan yang berada di Distrik Waigeo Barat, Kabupaten Raja Ampat. Untuk menuju kesini, ada sedikit usaha yang harus dilakukan oleh para wisatawan, terutama bila anda baru akan memulai perjalanan. Untuk penjelasan mudahnya, dari Bali anda dapat menempuh selama 3 kali penerbangan, yakni pertama Bali-Makassar, kemudian dari Makassar ke Sorong, lalu penerbangan terakhir Sorong ke Raja Ampat. Penerbangan yang ketiga tidak menggunakan pesawat komersil namun menggunakan penerbangan perintis.

Bagi wisatawan yang ingin menghemat biaya juga dapat mengganti penerbangan ketiga dengan menyeberang menggunakan feri yang dapat ditempuh selama 2 jam. Masing-masing dari ketiga penerbangan tersebut hanya membutuhkan waktu beberapa menit mulai dari 15 hingga 20 menit saja, namun ketersediaan pesawat untuk menuju perjalanan selanjutnya yang terkadang membuat anda harus berlama-lama menunggu kedatangan pesawat di bandara.

Berfoto dengan Latar Belakang Gugusan Pulau Pianemo di Raja Ampat

Berfoto dengan Latar Belakang Gugusan Pulau Pianemo di Raja Ampat. Photo : Instagram

Meskipun demikian, kepenatan yang anda rasakan akan lunas terbayarkan saat anda memasuki kawasan Raja Ampat. Untuk menuju kawasan gugusan pulau Pianemo, masih membutuhkan perjalanan menyeberang dengan kapal. Sebaiknya anda disarankan untuk menginap terlebih dahulu di kawasan daratan Raja Ampat, sehingga dapat menghemat tenaga saat akan melakukan perjalanan ke Pianemo. Beberapa hotel dan penginapan di kawasan Raja Ampat juga menawarkan fasilitas perjalanan untuk menuju ke Pianemo, sehingga akan memudahkan akomodasi anda.

Untuk biaya menyeberang ke kawasan gugusan Pulau Pianemo, anda perlu mengeluarkan kocek seharga Rp 300.000 hingga Rp 500.000 tergantung pada jenis kapal yang akan anda gunakan. Harga pertama adalah untuk penyewaan kapal speedboat, sedangkan harga kedua untuk penyeberangan dengan kapal besar.

Sangat direkomendasikan untuk mengunjungi Pianemo di waktu pagi hari sebelum pukul 12.00 siang. Pasalnya setelah tengah hari, suhu udara di kawasan sekitar pantai Papua akan meningkat terutama dengan teriknya matahari yang menyengat. Atas kondisi ini, anda juga sangat disarankan menggunakan tabir surya, pelindung kepala seperti topi dan kacamata hitam untuk dapat menghindari kulit yang terbakar dan tersengat. Selain itu, perjalanan untuk menuju Pianemo akan memakan waktu sekitar 2 hingga 3 jam, sehingga sebaiknya anda berangkat dari penginapan sangat pagi mulai pukul 6.00. Jangan khawatir, karena kapal-kapal penyewaan untuk menyeberang sudah tersedia bahkan sejak pukul 5.00 pagi.

Tiba di kawasan Pianemo, anda masih harus mendaki bukit untuk mendapat keindahan alam yang tidak dapat anda temukan dimanapun juga. Namun jangan khawatir karena pemerintah lokal dan pendudukan setempat sudah menyediakan anak tangga untuk memudahkan pendakian anda ke ujung bukit. Selamat menjelajahi Painemo!

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya