Awas! Brown Canyon Semarang Bukan Tempat Untuk Wisata

Brown Canyon Semarang merupakan lokasi penambangan tanah untuk pembangunan kota Semarang yang menyisakan gundukan membentuk sebuah lembah dengan view yang pas untuk hunting foto. Namun tahukan Anda bahwa tempat ini sangat berbahaya untuk dijadikan destinasi wisata?

Brown Canyon Semarang yang Berbahaya Namun Digemari

Brown Canyon Semarang merupakan salah satu destinasi yang banyak dibicarakan oleh para penggila photography khususnya yang berdomisili di Semarang dan Jawa Tengah. Tempat yang mulai ramai dibicarakan sebagai salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi di Semarang ini tak lain merupakan sebuah daerah penambangan pasir, tanah urug dan batu padas ini merupakan area yang berbahaya untuk dikunjungi apalagi untuk tujuan bersenang-senang.

Pemandangan Brown Canyon Semarang via Drone. Photo: Metrosemarang.com

Brown Canyon ini terbentuk hasil eksploitasi alam yang dilakukan setidaknya 10 tahun terakhir untuk memenuhi kebutuhan material yang akan digunakan untuk pembangunan kota. Berbeda dengan Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat yang terbentuk secara alami melalui pengikisan batuan oleh aliran air selama puluhan ribu tahun, Brown Canyon di kota Semarang justru terbentuk karena penambangan berlebihan tanpa adanya reklamasi lahan. Banyak warga percaya bahwa pengerukan gunung ini menjadi salah satu penyebab banjir di Kota Semarang terlebih karena lokasinya yang cukup tinggi dan luas area yang lumayan untuk menampung debit air saat musim penghujan tiba.

Ketika Anda berkunjung ke tempat ini bersiaplah dengan berbagai bahaya yang mungkin akan dijumpai di sana. Lahan pasir yang rapuh dapat membuat anda tergelincir kapan saja. Belum lagi debu yang tebal dapat mengganggu pernafasan. Pada saat musim penghujan tiba tempat ini menjadi sangat licin dan becek karena terdapat banyak genangan air yang tidak terserap tanah karena di daerah sekitarnya memang minim pepohonan (untuk area seluas itu) sebagai media penyerapan air hujan. Perlu diketahui juga bahwa setiap hari ada banyak truk pengankut pasir yang lalu-lalang mengangkut hasil kerukan yang juga bisa membahayakan Anda kapan saja. Dari segi pemandangan, Brown Canyon ini memang memberikan view yang cukup menarik apalagi untuk dijadikan background berfoto. Tapi apalah arti sebuah foto jika dapat membahayakan keselamatan Anda?

Lokasi dan Rute Menuju ke Brown Canyon Semarang

Tetap berhati – hati karena banyaknya mobil yang membawa material. Photo : Hallosemarang.com

Jika Anda memang berniat berkunjung ke sana (lebih disarankan untuk tidak dikunjungi), lokasi Brown Canyon ini berada di desa Rowosari Meteseh, Kecamatan Tembalang, agak jauh dari pusat kota Semarang. Adapun rute yang bisa di tempuh terbagi menjadi 3 rute yaitu:

  1. Via Tembalang (Kampus Undip Atas) turun ke Sigar Bencah, setelah melewati pom bensin ada pertigaan ambil arah ke kiri, terus sekitar 3 km, lokasinya di kiri jalan.
  2. Via Pasar Kambing, terus ke daerah Mrican, lurus ke arah Kedung Mundu – Sambiroto – belok kiri di pertigaan Intan Permai , lurus sampai di perempatan Pasar Meteseh kemudian ambil arah ke kiri.
  3. Via Rs. Fatmawati Ketileng, belok kiri ke perumahan Klipang, lurus ke arah Klipang Golf, lurus lagi (lewat 3 jembatan besi) dan belok kanan di setelah jembatan besi ke-3. Setelah itu tinggal lurus kuran lebih 2 km.

Tips Jika Berkunjung ke Lokasi Penambangan Brown Canyon

Buat Anda yang nekat mengunjungi daerah penambangan ini perhatikan beberapa tips berikut guna keselamatan Anda:

  1. Jangan berkunjung siang hari atau di waktu kerja karena selain tempat ini sangat panas di waktu siang, debu, dan keluar masuknya kendaran pengangkut pasir dapat membahayakan Anda.
  2. Jika Anda ke lokasi ini pada musim kemarau hati-hati karena pasir akan membuat Anda mudah terpeleset. Sama halnya ketika musim hujan, tempat ini akan becek dan beberapa bagian akan tergenang dan berlumpur juga menyebabkan mudah terpeleset (jadi serba salah kan).
  3. Karena akses ke lokasi penambangan ini lumayan sulit serta bergelombang untuk dilalui kendaraan roda 4 (kecuali truk yang memang dirancang untuk medan berat) maka disarankan untuk menggunakan sepeda motor yang lebih fleksibel.
  4. Jika Anda memang butuh liburan ada sangat banyak obyek wisata di Semarang yang bisa Anda datangi seperti Lawang Sewu atau Kota Tua yang bisa memberi kesenangan tersendiri dan tentunya aman untuk dikunjungi ketimbang Brown Canyon yang berbahaya ini.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya