Aneka Destinasi dan Tempat Wisata di Semarang Untuk Liburan Kamu

Percampuran budaya yang kental membuat Semarang dikenal sebagai kota yang menyuguhkan banyak keindahan di dalam kota ke-5 terbesar di Indonesia ini. Banyak tempat wisata di Semarang dan sekitarnya yang sangat wajib untuk dikunjungi para wisatawan yang gemar berwisata di tempat-tempat bersejarah yang kaya akan sisi budaya, religius dan juga estetikanya.

 

Berikut ini adalah beberapa tempat wisata yang wajib dikunjungi saat berlibur di Semarang.

1. Vihara Buddhagaya Watugong

Vihara Buddhagaya Watugong. Photo : tourismcentraljava.blogspot.co.id

Tempat wisata di Semarang yang pertama Vihara Buddhagaya Watugong yang lokasinya berdekatan dengan daerah Ungaran yang terkenal dengan kuliner tahu bakso nya. Siapa yang tak kenal tempat ini? Bagi para wisatawan, mengunjungi tempat ini merupakan keharusan bagi mereka yang ingin melihat bangunan dengan arsitektur indah khas agama Budha. Ya, memang tempat ini biasanya menjadi salah satu destinasi wisata religi untuk mereka yang beragama Budha. Namun, untuk Anda yang beragama lain tidak perlu khawatir untuk datang kesini, karena tempat ini dibuka untuk umum.

2. Kota Lama atau Kota Tua Semarang

Kota Tua Semarang. Photo : beritasatu.com

Bukan hanya ada di Jakarta, Semarang juga memiliki tempat wisata berupa kota tua atau yang akrab disapa kota lama bagi penduduk asli Semarang. Di tempat wisata ini, Anda akan diberi pemandangan bangunan tua yang mengandung banyak nilai historis warisan era kolonialisme dan penjajahan Jepang. Tempat wisata di Semarang ini disebut dengan kota lama karena nuansanya yang memperlihatkan bangunan-bangunan masa lampau dengan arsitektur bergaya Eropa.

3. Lawang Sewu

Lawang Sewu. Photo : dagelan.co

Tempat Wisata selanjutnya adalah Lawang Sewu. Tempat ini berada di Tugu Muda. Lawang sewu disebut-sebut sebagai tempat wisata yang mistis karena adanya penjara bawah tanah yang terkenal di jaman masa penjajahan dulu. Tempat ini bahkan beberapa kali menjadi sorotan media karena aura mistisnya. Maka tak heran jika di Lawang Sewu pengelolanya melarang keras segala aktifitas yang berbau mistis guna menjaga kenyamanan setia pengunjung yang mendatangi bersejarah ini.

Baca Juga  Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Bukti Kehadiran Laksamana Cheng Ho

4. Klenteng Sam Poo Kong

Klenteng Sam Poo Kong Semarang. Photo : swa.co.id

Tempat wisata di Semarang yang wajib dikunjungi selanjutnya adalah kelenteng Sam Poo Kong. Saat Anda datang ke tempat ini, histori terkait legenda Laksamana Cheng Ho akan sangat terasa. Apalagi dengan adanya patung sang laksamana yang merupakan patung paling tinggi se-Asia Tenggara yaitu mencapai 10 meter. Akses ke kelenteng agung Sam Po Kong pun terbilang sangat mudah. Jika Anda bertolak dari bandara cukup dengan menempuh perjalanan kurang dari 30 menit dengan mengikuti jalur ke arah Rs. Kariadi Semarang.

5. Hutan Wisata Tinjomoyo

Hutan wisata Tinjomoyo. Photo : semarangplus.com

Untuk Anda yang gemar berwisata di tempat-tempat dengan nuansa alam tidak perlu khawatir karena Semarang juga mampu memberikan hal tersebut dan tentunya tidak kalah dengan tempat lain. Anda hanya perlu datang ke Hutan Tinjomoyo, dimana tempat ini ialah sebuah areal hutan yang memberikan pemandangan yang sejuk dan asri dengan adanya ratusan jenis pohon yang terpelihara dengan baik oleh pihak pengelolanya.

6. Taman rekreasi Wonderia

Taman rekreasi Wonderia. Photo : hipwee

Jika Anda berpikir bahwa di Semarang tidak ada tempat wisata rekreasi seperti yang ada di kota-kota besar lainnya, maka Anda salah. Sebab, di Semarang juga ada Taman Rekreasi Wonderia yang menyuguhkan banyak pilihan permainan yang sangat menyenangkan dan wajib untuk dikunjungi. Selain banyak permainan menarik, di hari libur akan ada pertunjukan musik yang dihadiri oleh artis-artis ibu kota, sehingga sangat sayang untuk dilewatkan. Tiket masuk Taman rekreasi Wonderia pun terbilang murah meriah yaitu Rp 9.000 untuk hari kerja dan Rp 10.000 untuk akhir pekan. Tempat ini juga sangat cocok untuk wisata malam di semarang karena pada akhir pekan buka hingga pukul 23.00 waktu setempat.

Baca Juga  Klenteng Sam Poo Kong Semarang, Bukti Kehadiran Laksamana Cheng Ho

7. Pantai Marina

Pantai Marina Semarang. Photo : balitravelingstory.files.wordpress.com

Sebelumnya telah disebutkan beberapa tempat wisata yang kental akan nilai religius ataupun budayanya. Namun, ternyata di Semarang juga ada pantai indah yang sangat wajib untuk Anda nikmati. Di pantai ini, Anda akan diberikan pemandangan pantai yang tenang didukung dengan semilir angin serta deburan ombak yang sangat menenangkan. Jika bertandang ke Semarang dan melewatkan tempat wisata pantai yang satu ini, tentu Anda akan menyesal nantinya.

Berbagai tempat wisata menarik dapat Anda temui di Kota penuh cerita Semarang ini. Sekian ulasan terkait tempat wisata di Semarang wajib untuk dikunjungi semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang merencanakan perjalanan liburan di dalam negeri yang murah dan berkesan.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya