Ajaib! Sungai Hinatuan Filipina, Tanpa Hulu dan Berair Biru

DuniaBackpacker.net – Sekitar 30 menit dari kota Hinatuan, di Barangay Cambatong, terdapat Sungai Hinatuan yang telah menjadi obyek wisata paling popular di Filipina. Sungai ini dikenal sebagai “Enchanted River” yang telah menjadi bagian dari keajaiban Sungai Hinatuan, Filipina. Ini merupakan sungai alami terjernih dan sekaligus terdalam di Filipina. Penampakan sungai ini sangat cantik dengan kilauan kristal air berwarna biru. Sumber air pada sungai ini berasal dari mata air bawah tanah dengan pola pasang surut baik mengalir menuju Laut Filipina atau masuk ke bagian dalam sungai. Kandungan garam yang tinggi pada sungai ini memperjelas penampakan warna, kedalaman, dan ikan yang ada di dalamnya sehingga sungai ini sangat cocok dinobatkan sebagai “Enchanted River”.

Rute Untuk Berkunjung ke Sungai Hinatuan Filipina

“Enchanted River” terletak pada sisi timur Mindanao yang menghadap ke arah Laut Filipina dan Samudra Pasifik. Sumber mata air dari sungai ini secara alami berupa mata air bawah tanah. Mata air tersebut bertemu dengan arus air laut yang berasal dari Laut Filipina selama terjadinya gelombang pasang yang tinggi. Hal ini mengakibatkan arus air bergerak ke bagian dalam mata air. Sebagai hasilnya, sungai ini mengandung kadar garam yang tinggi sehingga membuatnya memiliki kondisi yang sangat sesuai untuk aktivitas renang dengan ditemani oleh ikan-ikan di sekitar sungai. Gelombang pasang yang mengarah ke mata air juga mengakibatkan perubahan warna yang bisa terjadi pada sungai ini. Inilah keajaiban Sungai Hinatuan, Filipina yang sering disebut oleh banyak orang.

Hinatuan Enchanted River. Photo : popsugar.com

Warna yang kebiruan pada sungai ini disebabkan oleh kedalaman yang memungkinkan molekul air untuk menyerap sebagian panjang gelombang merah dan kuning dari spektrum matahari sehingga meninggalkan biru sebagai warna dominan. Warna kebiruan ini akan tampak sangat jelas selama terdapat gelombang pasang tinggi ketika air mengalir dari Laut Filipina menuju sumber mata air bawah tanah. Saat air surut, sumber mata air bawah tanah akan mendorong terciptanya aliran air mengarah ke Laut Filipina. Keadaan ini biasanya dimanfaatkan oleh perenang. Hal lain yang merupakan keajaiban Sungai Hinatuan, Filipina adalah warna kehijauan yang timbul dan ini disebabkan oleh ganggang hijau yang tumbuh subur di area sekitar sungai.

Salah satu hal menarik dari keajaiban Sungai Hinatuan, Filipina adalah kedalaman yang tak terduga dan menjadikannya penuh misteri. Inilah sebabnya mengapa banyak wisatawan berenang di bagian dangkal wilayah sungai ini yang didominasi warna biru muda. Warna biru tua menandakan air sungai yang dalam. Hal yang paling ajaib adalah tepat pada pukul 12 siang, penjaga akan membunyikan bel dan meminta semua orang untuk keluar dari air. Kemudian diperdengarkan “nyanyian Hinatuan” dan secara tiba-tiba ikan-ikan muncul keluar entah dari mana. Ikan tersebut berkumpul dekat muara sungai dan penjaga memberikan mereka makan. Penjaga juga melarang pengunjung berenang di kala malam hari terkait dengan mitos yang dipercaya.

Secara fisik, sungai ini memiliki panjang sekitar 648 meter yang diukur dari sumber mata air bawah tanah sampai ke Laut Filipina. Gua sebagai pintu masuk sumber mata air bawah tanah terletak 35 meter di bawah permukaan. Lebih dalam dari 35 meter tersebut merupakan lorong sempit menuju mulut gua mata air bawah tanah. Dari lorong sempit tersebut, terdapat ruang gua besar yang berada pada kedalaman 52 meter di bawah permukaan. Ruang yang disebut Kamar Utama tersebut memiliki ukuran sekitar 37 m x 31 m dan tinggi sekitar 8 m. Sumber mata air ini disebut sebagai keajaiban Sunga Hinatuan, Filipina yang sama dengan fenomena geyser. Hanya saja, tidak diketahui kenapa air yang dimuntahkan mata air tersebut sangat jernih seperti sudah tersaring sebelumnya.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya