7 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Harus Kamu Kunjungi

Keindahan Banyuwangi, sebuah wilayah di ujung timur pulau Jawa disebut-sebut tak kalah eloknya dari Bali. Banyak destinasi dan tempat wisata di Banyuwangi yang layak Anda kunjungi. Jangan kaget jika Anda akan terpukau dengan keindahan luar biasa yang disuguhkan alam di bumi Banyuwangi. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata di Banyuwangi yang memiliki keindahan alam yang memukau, dan bahkan mampu mengalahkan pesona Pulau Dewata yang sudah lebih dulu tersohor.

 

1. Wisata Pantai Banyuwangi dengan pasir putih yang indah dan ombak yang luar biasa

Pantai Plengkung. Photo : Instagram @ayodolan

Di Banyuwangi, Anda akan menjumpai pantai indah dengan pasir putih dan ombak yang cukup tenang, tak kalah dengan Bali, seperti di Pulau Merah. Nikmati sepoinya angin laut dengan bersantai di hamparan pasir putih yang bersih yang pasti akan membuat Anda enggan untuk beranjak dari tempat ini.

Jika anda pecinta olahraga air khususnya selancar, Banyuwangi adalah pilihan spot terbaik dalam negeri. Kamu bisa menemukan ombak setinggi 6 meter yang membentuk tujuh gulungan ombak di pantai Plengkung yang sangat ideal untuk menguji kemampuanmu menunggangi papan selancar. Karena keganasan spot ini sehingga mendapat julukan The Seven Giant Waves Wonder oleh para peselancar internasional.

 

2. Berendam di pemandian air panas

mandi di Taman Suruh. Photo : @kho_muhammad

Jika Anda bosan dengan pantai, tak ada salahnya mengunjungi obyek wisata satu ini. Pemandian air panas Taman Suruh Banyuwangi yang terletak di Desa Taman Suruh yang akan menyegarkan tubuh Anda dengan hangatnya air panas pegunungan yang selain akan membuat tubuh Anda lebih rileks dan segar juga pemandangan cantik disekelilingnya akan membuat hati dan pikiran lebih tenang. pemandian ini sangat ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. Pastikan anda membawa body lotion saat mengunjungi pemandian air panas Taman Suruh agar kulit anda tidak kering seusai berendam seharian.

 

3. Kawasan Agro Wisata Kalibendo

Kawasan Agro Wisata Kalibendo. Photo : Instagram @vickyanzhar

Selain pemandian air panas, tempat sejuk lainnya yang patut Anda kunjungi adalah Agro wisata Kalibendo. Disini Anda akan dimanjakan oleh hijaunya hamparan perkebunan karet, kopi dan juga teh. Udara yang sejuk dan pemandangan hijau yang segar tentu akan membuat Anda merasa lebih rileks dan nyaman. Kawasan Agro wisata Kalibendo merupakan tempat yang pas bagi anda penikmat kopi. Coba saja bayangkan menikmati kopi hangat sambil disuguhkan pemandangan air terjun di depan mata. Tertarik?

 

4. Mengunjungi flora dan fauna yang langka di Cagar Alam Baluran

Mengunjungi flora dan fauna yang langka di Cagar Alam Baluran. Photo : Instagram @tatyanarenatta

Jangan salah, di Banyuwangi pun Anda bisa juga menjumpai satwa dan tanaman yang tergolong langka. Kunjungilah kawasan Cagar Alam Baluran dan akan Anda jumpai flora dan fauna langka seperti ajag, wallet ekor jarum dan juga banteng. Anda tak perlu jauh-jauh ke Afrika untuk sekedar menikmati sabana atau taman rumput yang luas, di Baluran sudah tersedia. Jika beruntung, kamu dapat menikmati keindahan sunrise yang menerpa rerumputan dan pepohonan di Cagar Alam Baluran ini.

 

5. Bertemu penyu di Pantai Sukamade

Melepas penyu di pantai Sukamade. Photo : bromoeastjava.com

Destinasi wisata Banyuwangi lainnya yang menarik adalah Pantai Sukamade yang merupakan salah satu dari 3 destinasi wisata utama di Banyuwangi. Pantai ini merupakan bagian dari Taman Nasional Meru Betiri yang fokus pada upaya pelestarian penyu yang saat ini makin terancam punah akibat ulah manusia. Disini, kita bisa melihat secara langsung kehidupan penyu serta melihat dengan jelas anak-anak penyu (tukik) yang berlarian di pasir putih pada saat dilepaskan kelaut sesaat setelah menetas.

 

6. Wisata api abadi Kawah Ijen

Kawah Ijen, Banyuwangi

Api abadi di Kawah Ijen, merupakan tempat tujuan wisata yang tak dimiliki oleh Bali. Disini, anda akan terpukau dengan keindahan api yang tak pernah padam dan terus menyala. Pemandangan cantik akan terlihat kala malam tiba. Api ini akan terlihat berwarna biru (Blue Fire). Fenomena luar biasa ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para turis mancanegara. Kawah Ijen juga sudah menjadi destinasi wisata alam Indonesia yang sangat bersahabat bagi para pengunjung, baik itu pengunjung lokal maupun asing, karena anda akan mendapatkan tour guide yang akan memandu anda untuk mengenali suasana api biru tersebut. Karena begitu terkenalnya keindahan dari fenomena api biru bluefire , hal ini bahkan telah sanggup mengalahkan popularitas matahari nomor satu yang pertama terbit di Jawa.

 

7. Wisata batu raksasa

Pantai Watu Dodol. Photo : Indonesia-tourism.com

Selain pantai pasir putihnya yang memukau, destinasi wisata Banyuwangi juga menyuguhkan pemandangan pantai yang berbeda dan unik. Keunikan ini dapat Anda jumpai ketika berkunjung ke Pantai Watu Dodol dengan batu raksasa yang menjadi ciri khasnya yang banyak ditemukan di pesisir pantai Pantai Watu Dodol.

Bagaimana, cantik dan menarik untuk dikunjungi bukan? Bahkan, ada beberapa destinasi wisata Banyuwangi yang pasti tak dimiliki oleh Bali, seperti Kawah Ijen dengan api abadinya. Maka dari itu pastikan bahwa Banyuwangi menjadi tujuan berlibur Anda selanjutnya, karena ternyata banyak tempat wisata yang cantik dan tak kalah memukaunya dari Bali. Sungguh suatu anugerah terindah bagi kita, bisa mengunjungi tempat yang memukau itu tanpa harus bersusah payah ke luar negeri. Pantasnya kita bersyukur dianugrahi keindahan yang luar biasa ini.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya