3 Spot Favorit untuk Diving di Raja Ampat

Sebagai salah satu tempat wisata di kawasan timur Indonesia, Raja Ampat memiliki banyak pesona sehingga menarik minat para wisatawan, baik dalam negeri hingga luar negeri untuk berkunjung. Daya tarik Raja Ampat tak lain tak bukan adalah banyaknya pantai dan kepulauan yang masih asri dan alami karena tidak jarang terjamah manusia. Diving dan snorkeling juga menjadi aktivitas favorit, bahkan Raja Ampat dinobatkan sebagai salah satu spot diving menawan di dunia.

Ada banyak pilihan untuk menyelam di Raja Ampat dan masing-masing memiliki daya tarik berbeda. Namun beberapa di antara spot diving tersebut memiliki beberapa kesamaan hayati karena lokasi yang berdekatan. Untuk memudahkan para pecinta olahraga air memilih spot diving dan snorkeling terbaik, berikut beberapa remomendari lokasi diving di Raja Ampat.

Mios Kun

Indahnya Mioskun. Photo : instagram/soulscubadivers

Salah satu tempat menyelam di Raja Ampat yang menjadi favorit para pengunjung adalah Mios Kun, yang terletak di Selat Dampier, di pintu masuk selatan menuju Teluk Kabui. Kedalaman laut disini hingga mencapai 25 meter, dan pengunjung akan menemukan hamparan karang disana. Bagi para pemula dianjurkan untuk bersama pemandu karena arus laut yang lumayan kuat dan kadang tidak menentu di daerah ini. Pesona yang dapat anda saksikan di tempat ini antara lain anda dapat melihat banyak snappers kuning di terumbu karang dan, jika anda menyelam sedikit lebih jauh, anda bisa menemukan hiu Wobbegong. Ada juga kuda laut, penyerang, trevallies, kerapu, kerang raksasa, moray dan banyak lagi kehidupan laut lainnya.

Blue Magic

Indahnya Blue Magic. Photo : dive-damai.com

Satu kilometer sebelah selatan Mios Kun adalah Blue Magic yang juga tempat menyelam favorit pengunjung. Berbeda dari Mios Kun, kedalaman air di Blue Magic haya 10 meter. Di Blue Magic arusnya kuat, sehingga membutuhkan tingkat diving yang lumayan handal. Sepanjang kedalaman 30 meter, anda bisa melihat kawanan ikan besar seperti barracudas, snappers merah, surgeonfish, tuna dan mackerel. Tempat ini juga dijadikan sebagai pemandian pari Manta, sehingga anda dapat melihat proses memandikan spesies ini oleh para petugas.

Baca Juga  Berfoto dengan Latar Belakang Gugusan Pulau Pianemo di Raja Ampat

Manta Sandy

Manta Sandy. Photo : instagram/bvpmcwilliams

Masih ada tempat paling utama untuk melihat pari manta, yaitu di Manta Sandy yang berlokasi di sebelah barat laut Pulau Arborek. Tempat ini sangat sesuai untuk semua orang, karena hanya sedalam 18 meter, membuatnya ideal untuk pemula. Arus airnya pun lumayan tenang dan tidak terlalu besar. Di daerah ini ada konsentrasi besar plankton yang, bersamaan dengan arus, menarik pari manta. Anda akan melihat yang khas, tapi juga beberapa mantas hitam yang kurang umum. Agar tidak mengganggu habitatnya, ingatlah bahwa, selama menyelam, kita tetap berada di balik bebatuan, menyaksikan binatang-binatang berenang di sekitar.

Itulah beberapa spot rekomendasi diving di Raja Ampat. Pastikan saat diving disana, anda selalu menjaga kealamian yang masih utuh dan tidak merusak atau mengambil bebatuan karang dari dasar laut. Selalu jaga kawasan perairan Indonesia supaya Indonesia terus berpotensi meningkatkan sector pariwisata terutama di kalangan wisatawan mancanegara.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya