10 Puncak Gunung Tertinggi di Indonesia Untuk Para Pendaki

Indonesia merupakan Negara yang terdiri dari kepulauan dan memiliki keanekaragaman alam yang sangat mempesona. Lembah, bukit, sungai, pantai, laut, gunung dan persawahan yang indah bisa anda temukan di Indonesia. Disini akan dijelaskan tentang 10 gunung tertinggi di Indonesia yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia memang memiliki banyak sekali gunung yang tersebar mulai dari Pulau Jawa, Sumatra, Kalimantan, Sulawesi, sampai dengan Papua yang memiliki puncak tertinggi terbanyak. Diantara banyaknya gunung di Indonesia, terdapat gunung yang masih aktif. Lalu, mana sajakah yang masuk dalam kategori gunung tertinggi di Indonesia? Berikut daftarnya…

10 Gunung Tertinggi di Indonesia

 

1. Puncak Trikora

Puncak Trikora

Trikora merupakan puncak dari salah satu 10 gunung tertinggi di Indonesia. Puncak ini terletak di Papua yang masuk dalam barisan Sudirman dan terkenal dengan sebutan puncak Wilhelmina pada masa penjajahan Belanda. Gunung ini memiliki ketinggian 4.751 meter dan masih tertutup salju. Namun karena pemanasan global, salju di puncak ini terancam mencair.

 

2. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani

Beranjak dari Tanah Papua, terdapat gunung Rinjani yang terletak di Kepulauan Nusa Tenggara Barat. Gunung ini menjadi salah satu tujuan pendakian yang cukup populer. Dengan ketinggian 3.762 mdpl, anda bisa menikmati keindahan alamnya yang mempesona. Yang paling menarik adalah kawah Segara Anak yang bisa ditemukan di gunung tersebut.

 

3. Gunung Slamet

Gunung Slamet. Photo : klikkabar.com

Ini merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa yang letaknya mencakup 5 kabupaten yaitu Pemalang, Purbalingga, Tegal, Banyumas dan Brebes. Gunung dengan ketinggian 3.428 mdpl ini memiliki pemandangan yang indah, terutama di kaki gunung Slamet yaitu objek wisata Baturraden.

 

4. Puncak Jaya

Jayawijaya Papua. Photo : tidbitsfromtheenglishlab.wordpress.com

Kembali ke Papua, terdapat puncak jaya atau Jayawijaya yang termasuk dalam kategori 10 gunung tertinggi di Indonesia. Dengan ketinggian 5.030 meter, puncaknya masih tertutup dengan salju. Puncak ini bahkan masuk dalam kategori 10 gunung tertinggi di dunia.

 

5. Gunung Semeru

Gunung Semeru

Semeru merupakan gunung tertinggi yang berada di Pulau Jawa yang terkenal dengan puncaknya, Mahameru. Dengan ketinggian 3.676 mdpl ini, gunung Semeru bisa memakan pendakian selama kurang lebih 4 hari. Di tengah pendakian, anda akan menemukan danau yang mempesonadan sangat mahsyuryaitu RanuKumbolo.

 

6. Gunung Kerinci

Atap Sumatera, Gunung Kerinci. Photo : Explorekerinci.com

Gunung ini terletak di Bukit Barisan, Sumatra Barat, provinsi Jambi. Puncaknya bernama Puncak Indrapura yang dilindungi karena merupakan habitat satwa langka Badak dan Harimau Sumatra.

 

7. Puncak Mandala

Puncak Mandala Perbatasan Papua

Puncak ini masuk dalam kategori 10 puncak gunung tertinggi di Indonesia yang berada dalam barisan Jayawijaya, Papua, berbatasan dengan Papua Nugini. Dengan ketinggian 4.760 m, gunung ini tertutup salju namun karena pemanasan global, kini saljunya telah lenyap.

 

8. Gunung Sanggar

Gunung Sanggar. Photo Jadiberita.com

Gunung ini terletak di dekat Gunung Rinjani dengan ketinggian 3.492 mdpl. Meskipun demikian, nama gunung ini kurang familiar karena pendaki lebih tertarik untuk mendaki Gunung Rinjani.

 

9. Gunung Ngga Pilimsit

Jalur pendakian gunung Ngga Pilimsit. Photo : triptrus.com

Kembali lagi ke Papua yang merupakan letak dari gunung NggaPilimsit dengan ketinggian 4.717 m. Puncak pertamanya dicapai oleh Philip Temple pada tahun 1.962.

 

10. Gunung Rantemario

Gunung Latimojong Rantemario. Photo : SurbaktiNeva.com

Gunung ini terletak di Sulawesi Selatan dan merupakan gunung tertinggi di Pulau Sulawesi. Penduduk setempat menyebut gunung ini dengan sebutan Bulu Rantemario dengan ketinggian 3.478 mdpl.

Itulah daftar 10 gunung tertinggi di Indonesia dan semoga memberikan pengetahuan tambahan untuk anda yang memang menyukai tantangan dan pendakian gunung.

Yuk tinggalkan jejakmu dan komentar ya